6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025

Joshua Zirkzee dan Riccardo Calafiori terbaru

Intinya Sih...

  • Bologna kembali ke Liga Champions setelah 60 tahun menunggu, finis di posisi lima Serie A 2023/2024.
  • Joshua Zirkzee dan Riccardo Calafiori dari Bologna pindah ke Premier League.
  • Nicolas Dominguez, Victor Kristiansen, Takehiro Tomiyasu, dan Aaron Hickey juga mantan pemain Bologna yang berpindah klub.

Bologna menciptakan sejarah. Mereka memastikan diri kembali ke Liga Champions Eropa setelah menunggu selama 60 tahun. Di bawah asuhan Thiago Motta, Bologna berhasil finis di posisi lima klasemen akhir Serie A Italia 2023/2024. Keberhasilan ini membuat sejumlah pemain Bologna menjadi incaran klub-klub top Eropa, terutama dari English Premier League.

Pada musim panas 2024, Bologna telah menjual dua pemain kuncinya, Joshua Zirkzee dan Riccardo Calafiori. Kepindahan mereka memperpanjang daftar mantan penggawa Bologna yang melanjutkan karier ke Inggris. Musim depan, setidaknya ada enam eks Bologna yang hadir di Premier League.

Penasaran siapa saja? Berikut ulasannnya.

1. Nicolas Dominguez membela Bologna selama 5 musim sebelum hijrah ke EPL

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Nicolas Dominguez (instagram.com/nicodominguezz8)

Nicolas Dominguez menghabiskan 5 musim di Bologna sebelum hijrah ke Nottingham Forest pada 2023/2024. Bersama Bologna, Dominguez tampil reguler dengan catatan 112 penampilan, 5 gol, dan 6 assist di seluruh kompetisi. Gelandang Argentina ini menampilkan performa impresif dan menjadi pilar penting di lini tengah Bologna selama berkarier di Italia.

Setibanya di Nottingham Forest, Dominguez tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi. Pada musim perdananya, dia tampil mengesankan sebagai gelandang bertahan. Kehadirannya memberikan dampak signifikan bagi lini tengah The Tricky Trees. Selain jago dalam memutus serangan lawan, Domínguez juga piawai dalam mendistribusikan bola untuk memulai serangan.

2. Victor Kristiansen pernah dipinjamkan kepada Bologna selama semusim

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Victor Kristiansen (instagram.com/victorkristiansen34)

Victor Kristiansen hanya bermain semusim di Bologna sebagai pemain pinjaman. Sebelumnya, Kristiansen kesulitan menembus skuad utama Leicester City. Demi waktu bermain iebih banyak, ia memutuskan hijrah ke Serie A pada 2023/2024. Selama masa peminjaman, Kristiansen tampil mengesankan dengan total bermain mencapai 2.312 menit bersama Bologna.

Musim depan, Kristiansen akan kembali ke Leicester City. Pengalaman selama dipinjamkan kepada Bologna diharapkan membantu meningkatkan performanya. Di Leicester City, ia akan bersaing ketat dengan James Justin, bek kiri utama musim lalu, untuk memperebutkan posisi utama musim depan. Akankah Kristiansen mampu merebut posisi utama di skuad The Foxes?

3. Takehiro Tomiyasu sering mengidap cedera saat berseragam Arsenal

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Takehiro Tomiyasu (instagram.com/tomiyasu.t)

Takehiro Tomiyasu direkrut Arsenal pada 2021/2022. Kedatangannya menjadi jawaban atas krisis bek kanan yang dialami Arsenal pada musim tersebut. Permainan impresifnya saat membela Bologna menarik minat Mikel Arteta. Meski baru bergabung, Tomiyasu menunjukkan performa apik dan secara bergantian mengisi posisi bek kanan bersama Ben White.

Namun, karier Tomiyasu di Arsenal terhambat cedera yang cukup sering ia alami. Sejak bergabung pada 2021, ia telah mengalami empat cedera serius. Pada 2023/2024 saja, Tomiyasu sudah absen selama 71 hari dan melewatkan 11 pertandingan bersama Arsenal. Musim lalu, Tomiyasu hanya mampu tampil dalam 30 pertandingan di semua ajang yang diikuti Arsenal.

Baca Juga: 6 Penyerang Belanda yang Membela Manchester United, Zirkzee Terbaru!

4. Aaron Hickey akan kembali bermain setelah terkena cedera hamstring musim lalu

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Aaron Hickey (instagram.com/aaronhickey51)

Aaron Hickey adalah pemain serbabisa yang mampu beroperasi sebagai bek kanan maupun bek kiri. Selama 2 musim membela Bologna, ia sempat kesulitan pada awal karier bersama Bologna. Namun, pemain asal Skotlandia ini berhasil bangkit dan menjadi pilar penting di lini belakang I Rossoblu.

Penampilan apiknya menarik perhatian Brentford. The Bees membelinya seharga 17 juta euro atau Rp300 miliar. Kehadiran Hickey sangat penting bagi pertahanan Brentford. Sayangnya, pada awal musim 2023/2024, ia mengalami cedera hamstring parah saat melawan West Ham United pada 4 Desember 2023. Cedera tersebut membuatnya absen hingga akhir musim.

5. Joshua Zirkzee adalah top skor Bologna pada 2023/2024

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Joshua Zirkzee (instagram.com/manchasterunited)

Manchester United sukses merekrut Joshua Zirkzee dari Bologna pada bursa transfer musim panas 2024. Kedatangan striker Belanda ini bertujuan memperkuat lini depan Setan Merah yang tumpul musim lalu. Manchester United hanya mampu mencetak 57 gol dari 38 pertandingan, angka yang kecil dibanding klub top Premier League lainnya.

Zirkzee adalah top skor Bologna musim lalu di Serie A, ia menorehkan 11 gol dalam 34 pertandingan. Zirkzee diproyeksikan sebagai tandem Rasmus Hojlund di lini serang Setan Merah. Kecepatan dan kelincahannya menjadi salah satu senjata menakutkan bagi lini pertahanan lawan. Fans Setan Merah tentu sangat menantikan penampilan Zirkzee musim depan.

6. Riccardo Calafiori menjadi rekrutan pertama Arsenal pada musim panas 2024

6 Eks Bologna yang Bermain di Premier League 2024/2025Riccardo Calafiori (instagram.com/arsenal)

Riccardo Calafiori menjadi rekrutan pertama Arsenal pada musim panas 2024. Sama seperti Zirkzee, ia adalah eks Bologna yang baru hijrah ke Premier League. Calafiori merupakan pemain muda potensial yang muncul pada musim sebelumnya. Mantan jebolan akademi AS Roma ini berhasil menampilkan performa impresif meski baru semusim berseragam Bologna.

Dilansir Fotmob, ia mencatatkan 68 persen sukses tekel, 147 kali menang duel, 50 intersep, dan 194 recoveries. Fleksibilitasnya bermain sebagai bek tengah maupun bek kanan menjadi nilai tambah untuknya. Dengan potensi yang dimilikinya, Calafiori diyakini akan menjadi pilar penting untuk pertahanan Arsenal pada masa depan.

Itulah enam mantan pemain Bologna yang akan bermain di Premier League musim ini. Dari keenam pemain di atas, perhatian tertuju kepada dua nama baru, Joshua Zirkzee dan Riccardo Calafiori. Kira-kira, siapa di antara mereka berdua yang akan tampil ciamik pada musim ini? Mari kita saksikan bersama-sama.

Baca Juga: 5 Bek Italia Pernah Bela Klub Papan Atas EPL sebelum Calafiori

Muhamad Luthfi Maruf Photo Verified Writer Muhamad Luthfi Maruf

COYG

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya