Spanyol Unggul Cepat Lawan Albania di Babak Pertama

Skuad pelapis Spanyol masih terlalu kuat

Intinya Sih...

  • Spanyol unggul cepat melalui gol Ferran Torres pada menit ke-13.
  • Luis de la Fuente merotasi skuadnya namun kemampuan posesi Spanyol tetap kuat.
  • Kombinasi gelandang pelapis Spanyol terlalu tangguh untuk Albania, membuat mereka unggul 1-0 hingga akhir babak pertama.

Surabaya - IDN Times, Spanyol menghadapi Albania di pertandingan pamungkas Grup B Euro 2024, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Berlangsung di Merkur Spiel Arena, Dusseldorf, Jerman, Spanyol langsung unggul cepat melalui gol Ferran Torres pada menit ke-13.

Sudah dipastikan lolos, Luis de la Fuente merotasi skuadnya. Nama-nama utama yang tampil di dua laga sebelumnya macam, Lamine Yamal, Pedri, Alvaro Morata, dan Nico Williams diparkir. Meski begitu, kemampuan posesi Spanyol tak menurun sama sekali.

Pada lima menit awal memang Albania berusaha segera menekan Spanyol lewat skema bola direct mereka ke daerah berbahaya Spanyol. Namun, tak butuh waktu lama bagi Spanyol untuk merebut kontrol pertandingan. 

Josule yang tampil sebagai striker menggantikan Alvaro Morata berperan cukup apik. Ia beberapa kali mampu menjadi penyambung umpan satu-dua deretan gelandang Spanyol yang diisi oleh Ferran Torres, Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, Mikel Merino, dan Martin Zubimendi. 

Tak butuh waktu lama bagi kombinasi para gelandang pelapis Spanyol yang masih terlalu tangguh untuk Albania ini untuk membuahkan hasil. Berawal dari Dani Olmo yang menerima umpan beetween the line persis di depan lini bertahan Albania, ia langsung mengirimkan umpan terobosan ke ruang kosong yang langsung disambut sepakan mendatar Ferran Torres. Meski terlebih dahulu membentur tiang gawang, bola pantulan yang terus meluncur ke gawang Albania bikin Spanyol unggul 1-0 sejak menit ke-13.

Bak kembali ke setelan pabrik, Spanyol yang sudah mencetak angka makin nyaman menguasai bola. Ini memaksa 11 pemain Albania untuk berada di kawasan pertahanan sendiri, sementara pemain-pemain Spanyol asyik memutar-mutar bola. 

Sesekali Albania memang punya momen untuk melakukan transisi menyerang. Namun, minimnya pemain di area depan bikin serangan balik Kuqezinjte tumpul. 

Di sisi lain, meski lebih banyak menguasai bola, Spanyol tak cukup melakukan tusukan ke jantung pertahanan Berat Djimsiti dan kolega. Mereka punya pendekatan bermain lebih aman untuk meminimalisir risiko tunrover

Jelang turun minum sebenarnya Albania mulai berani keluar dari sarangnya dan menekan jajaran bek Spanyol yang mencoba melakukan build up. Namun, hingga akhir babak pertama, skor 1-0 masih tetap bertahan.

Baca Juga: 5 Negara Peserta Euro 2024 dengan Usia Tim Termuda

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya