Raja Penalti, Akram Afif Sah Jadi Top Skor Piala Asia 2023

Akram Afif sukses cetak 8 gol sepanjang turnamen

Intinya Sih...

  • Timnas Qatar juara Piala Asia 2023 dan 2019 secara berturut-turut.
  • Akram Afif menjadi pahlawan dengan mencetak 8 gol, termasuk hattrick di partai puncak.
  • Akram Afif menjadi top scorer Piala Asia 2023, mengungguli Aymen Hussein dari Iraq yang mencetak 7 gol.

Surabaya, IDN Times - Timnas Qatar sukses back-to-back juara Piala Asia. Setelah sukses menjadi kampiun pada edisi 2019, mereka berhasil melakukannya lagi di kandang sendiri pada Piala Asia 2023. Terbaru, mereka sukses mengatasi tantangan Yordania di partai puncak, Sabtu (11/2/2024) malam WIB, dengan skor meyakinkan 3-1.

Pahlawan Qatar pada edisi kali ini adalah Akram Afif. Penyerang Al Sadd ini memborong seluruh gol The Maroons di partai puncak. Hattrick Akram Afif seluruhnya dicetak melalui titik putih.

Selain sukses mengantar Qatar juara, Akram Afif juga mengakhiri kompetisi dengan bertengger sebagai top scorer Piala Asia 2023. Punya koleksi 8 gol, ia mengungguli striker asal Iraq, Aymen Hussein, yang bertahan dengan koleksi 7 gol.

Menariknya, setengah dari catatan gol tersebut dicetak Akram Afif melalui tendangan penalti. Satu penalti Akram Afif eksekusi dengan baik pada laga semifinal kontra Iran, Rabu (7/2/2024). Tiga gol penalti lainnya ia bukukan di partai final.

Titel juara dua kali beruntun juga disempurnakan Qatar dengan berhasil mengirimkan pemainnya sebagai top scorer. Pada edisi Piala Asia 2019, striker Qatar, Almoez Ali adalah pencetak gol terbanyak dengan catatan 9 gol. Kini, giliran Akram Afif yang menyandang gelar tersebut. 

Di belakang Akram Alif, pencetak gol terbanyak Piala Asia adalah Aymen Hussein dari Iraq dengan 6 gol. Lalu, ada Ayase Ueda (Jepang) dan Yazan Al Naimat (Yordania) punya catatan 4 gol. Kemudian, dengan masing-masing jumlah 3 gol Oday Dabbagh (Palestina), Mehdi Taremi (Iran), Lee Kang In (Korea Selatan), Musa Al Taamari (Yordania), Son Heung Min (Korea Selatan), dan Hasan Al Haydos (Qatar).

Baca Juga: Daftar Juara Piala Asia Sejak 1956, Terbaru Qatar

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya