5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025

Bayern Munich jadi salah satu favorit juara!

Bundesliga Jerman menjadi salah satu liga yang mengirimkan wakil terbanyak di Liga Champions Eropa 2024/2025. Sebanyak lima klub akan berpartipasi di kompetisi ini. Namun, sejatinya Bundesliga hanya mempunyai empat slot untuk mentas di Liga Champions musim ini.

Tambahan satu jatah tersebut tidak terlepas dari keberhasilan Borussia Dortmund ke final Liga Champions 2023/2024 lalu. Hal tersebut menambah nilai koefisien liga sehingga bisa mengirimkan lima wakil. Lalu, siapa saja lima klub yang bakal mewakili Bundesliga di Liga Champions musim 2024/2025? Simak melalui ulasan di bawah ini!

1. Bayern Munich menjadi salah satu unggulan juara Liga Champions

5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025Bayern Munich (x.com/FCBayern)

Bayern Munich bakal mentas di Liga Champions 2024/2025 di bawah asuhan pelatih anyar, Vincent Kompany. Juru taktik asal Belgia itu ditunjuk untuk menggantikan Thomas Tuchel pada musim panas 2024 lalu. Setelah musim lalu nihil trofi, kini Bayern Munich siap bersaing lagi. 

Dengan koleksi enam trofi Si Kuping Besar, Bayern Munich menjadi salah satu unggulan di Liga Champions musim ini. Laga pembuka Bayern Munich diawali dengan melawan Dinamo Zagreb. Setelah itu, Bayern Munich akan bertandang ke markas Aston Villa dan Barcelona.

Bayern Munich lalu menjalani dua laga kandang melawan Benfica dan Paris Saint-Germain. Tiga laga terakhir, lawan Bayern Munich cukup mudah dan diprediksi menang meyaknkan. Lawan-lawan tersebut adalah Shakhtar Donetsk, Feyenoord Rotterdam, dan Slovan Bratislava.

2. Bayer Leverkusen mentas di Liga Champions dengan status kampiun Bundesliga 2023/2024

5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025Bayer Leverkusen (x.com/bayer04fussball)

Berstatus sebagai juara Bundesliga 2023/2024, Bayer Leverkusen menyambut Liga Champions 2024/2025 dengan optimistis. Terlebih lagi, skuad asuhan Xabi Alonso punya modal apik pada musim sebelumnya. Mereka hanya kalah sekali di sepanjang musim. 

Tentunya, hal tersebut bisa menjadi patokan penampilan pada musim ini. Liga Champions akan menjadi tantangan bagi sang kampiun Bundesliga. Pada dua laga awal, Bayer Leverkusen menghadapi lawan cukup sulit, yakni Feyenoord dan AC Milan. 

Setelah itu, Bayer Leverkusen melawat ke markas Stade Brestois 29. Laga-laga setelahnya bakal lebih menantang. Bayer Leverkusen bakal menghadapi Liverpool, RB Salzburg, Inter Milan, Atletico Madrid, dan Sparta Praha. Fase liga yang dijalani mereka ini bakal menjadi pembuktian.

Baca Juga: Menguji Konsistensi Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025

3. Borussia Dortmund menatap Liga Champions sebagai finalis musim 2023/2024

5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025Borussia Dortmund (x.com/BVB)

Status finalis Liga Champions 2023/2024 membuat Borussia Dortmund menyambut musim baru dengan percaya diri. Namun, kali ini klub bakal ditangani oleh pelatih baru, Nuri Sahin. Ini tentu menjadi pengalaman bagi sang juru taktik sebagai sosok muda. 

Jika menilik jadwal, Borussia Dortmund mempunyai kans untuk bisa melewati fase liga dan melaju ke fase gugur. Pada dua laga awal, lawan yang dihadapi adalah Club Brugge dan Celtic. Setelah itu, laga ulangan final musim lalu akan menjadi suguhan di markas Real Madrid.

Borussia Dortmund kemudian akan melawan SK Sturm Graz dan Dinamo Zagreb. Laga berat lain yang akan dihadapi adalah ketika menjamu Barcelona. Pada dua laga sisa, Borussia Dortmund berpotensi memenanginya sebab akan bertemu Bologna dan Shakhtar Donetsk.

4. VfB Stuttgart kembali mentas di Liga Champions setelah absen 14 tahun

5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025VfB Stuttgart (instagram.com/vfb)

Kejutan yang ditunjukkan VfB Stuttgart di Bundesliga 2023/2024 lalu menjadi sorotan. Di luar dugaan, tim besutan Sebastian Hoeness finis sebagai runner up. Padahal, pada musim-musim sebelumnya, mereka selalu berkutat di papan bawah. Ini tentu menjadi kejutan tersendiri.

Keberhasilan finis kedua di Bundesliga tersebut membawa Stuttgart mentas lagi di Liga Champions. Setelah 14 tahun absen, mereka bakal merasakan lagi bermain di kompetisi teratas antarklub Eropa ini. Namun, langkah mereka tidak akan mudah. Pada laga perdana, Stuttgart langsung melawan rajanya Liga Champions, yakni Real Madrid. 

Stuttgart kemudian menjamu Sparta Praha dan bertandang ke markas Juventus setelahnya. Lawan-lawan di laga selanjutnya terbilang seimbang. Stuttgart bakal bertemu Atalanta, Red Star Belgrade, Young Boys, dan Slovan Bratislawa. Baru pada laga terakhir, Stuttgart bakal menjalani duel sulit sebab bersua tim raksasa asal Prancis, Paris Saint-Germain.

5. RB Leipzig bakal menghadapi lawan-lawan sulit di Liga Champions

5 Wakil Jerman yang Berkompetisi di Liga Champions 2024/2025RB Leipzig (x.com/RBLeipzig)

Bisa dibilang, RB Leipzig menjadi wakil Bundesliga yang mempunyai jadwal tersulit di Liga Champions 2024/2025. Pada tiga laga awal, mereka harus menghadapi Atletico Madrid, Juventus, dan Liverpool. Ini tentu akan menjadi laga sulit bagi tim besutan Marco Rose. 

Setelah itu, lawan-lawan sulit lain juga harus dihadapi. RB Leipzig akan bertandang ke Celtic lalu menerima kunjungan dari Inter Milan. Aston Villa dan Sporting CP juga siap menyulitkan. Potensi menang meyakinkan hanya terjadi pada laga terakhir melawan SK Sturm Graz.

Bundesliga menjadi salah satu liga yang mengirimkan wakil paling banyak di Liga Champions 2024/2025. Dengan sistem format baru yang dijalani, potensi untuk bisa melaju ke fase gugur bakal lebih besar. Namun, lawan-lawan yang dihadapi juga tidak akan mudah. Menarik menantikan kiprah para wakil Jerman tersebut pada musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut RB Leipzig pada Musim Panas 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya