3 Tim Non-Unggulan yang Tampil Menggebrak di Fase Grup Euro 2024

Austria sukses juara grup! #EURO2024

Fase grup Euro 2024 telah merampungkan semua pertandingan. Sebanyak 16 tim sudah memastikan bakal bertarung di fase gugur. Namun, ada sejumlah tim yang mencuri perhatian selama fase grup. Mereka tampil menggebrak untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Ada tiga tim yang memberi kejutan melalui penampilannya selama fase grup. Mereka semua lolos ke babak 16 besar berkat kualitas dan daya juang yang ditunjukkan. Tim mana saja itu?

1. Austria ungguli Belanda dan Prancis untuk menduduki puncak klasemen Grup D

3 Tim Non-Unggulan yang Tampil Menggebrak di Fase Grup Euro 2024Selebrasi Austria usai lolos ke babak 16 besar Euro 2024. (x.com/EURO2024)

Austria secara mengejutkan mampu keluar sebagai juara Grup D. Sebelum turnamen bergulir, tim besutan Ralf Rangnick tidak diunggulkan untuk lolos dengan status pimpinan klasemen. Maklum saja, mereka bersaing dengan tim unggulan, yakni Belanda, Prancis, dan Polandia.

Namun, Austria bisa membuktikan kualitasnya. Mengawali turnamen dengan menghadapi Prancis, Marcel Sabitzer cs. dilanda ketidakberuntungan. Gol bunuh diri Maximilian Woeber membuat mereka takluk dengan skor 0-1. Namun, mereka bangkit di pertandingan kedua. Austria menang meyakinkan atas Polandia melalui skor 3-1. 

Pada laga penentuan, Austria menghadapi Belanda yang lebih dijagokan. Lagi-lagi, pasukan Ralf Rangnick memberi kejutan. Das Team menangkan pertarungan sengit lawan De Oranje dengan skor 3-2. Ini membuat mereka memuncaki Grup D berkat perolehan 6 poin, hasil dari 2 kemenangan dan 1 kekalahan. Pada babak 16 besar nanti, Austria akan menghadapi Turki. 

2. Rumania lolos ke babak 16 besar berstatus juara Grup E

3 Tim Non-Unggulan yang Tampil Menggebrak di Fase Grup Euro 2024Selebrasi Rumania usai lolos ke babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Rumania juga berhasil menunjukkan kualitasnya di Euro 2024. Berstatus non-unggulan, tim besutan Edward Iordanescu justru memberi kejutan. Tergabung di Grup E bersama Belgia, Ukraina, dan Slovakia, mereka sukses melaju ke babak 16 besar sebagai juara grup. 

Kejutan sudah terjadi pada laga pertama ketika melawan Ukraina. Mereka bukanlah favorit di laga tersebut. Namun, fakta membuktikan bahwa efektivitas mampu berbuah kemenangan. Rumania menghantam Ukraina dengan kemenangan telak 3-0. 

Pada laga kedua, Rumania kalah dengan skor 0-2 dari Belgia. Namun, ketatnya persaingan di grup membuat laga ketiga menjadi krusial. Menghadapi Slovakia, Rumania hanya bermain imbang 1-1. Menariknya, semua peserta di Grup E sama-sama mengumpulkan 4 poin. Namun, Rumania berhak menjadi juara grup usai unggul produktivitas gol, disusul Belgia dan Slovakia. Belanda bakal menjadi lawan tangguh yang dihadapi Rumania di babak 16 besar.

3. Georgia tampil menjanjikan sebagai debutan di Euro 2024

3 Tim Non-Unggulan yang Tampil Menggebrak di Fase Grup Euro 2024Selebrasi para pemain Georgia usai lolos ke babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Georgia datang ke Euro 2024 berstatus debutan. Ini merupakan kali pertama negara asal Eropa Timur ini mentas di Euro. Mereka berada di Grup F dengan Portugal, Republik Ceko, dan Turki. Di luar dugaan, tim berjuluk Jvarosnebi ini tampil menggebrak di bawah asuhan Willy Sagnol. 

Laga pertama antara Georgia dan Turki disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di fase grup. Kedua tim saling jual-beli serangan dan bermain terbuka. Georgia yang tidak diunggulkan mampu meladeni permainan Turki. Namun, mereka harus kalah dengan skor 1-3. 

Pada laga kedua, Georgia cukup kesulitan menghadapi agresivitas Republik Ceko. Secara permainan, Jvarosnebi terus menerus ditekan. Ini membuat mereka gagal mengembangkan permainan. Namun, mereka mampu meraih satu poin usai menahan imbang 1-1.

Kejutan terjadi ketika mereka menghadapi Portugal. Meski secara permainan dan kualitas kalah jauh, Georgia mampu membekuk Cristiano Ronaldo cs. dengan skor 2-0. Mereka lolos via jalur peringkat ketiga terbaik. Pada babak 16 besar, kemampuan mereka bakal diuji oleh Spanyol.

Tiga tim di atas menunjukkan usaha keras untuk bisa melaju ke babak 16 besar. Meski bukanlah unggulan, mereka mampu menunjukkan upaya untuk bermain baik. Akankah tim-tim di atas mampu melaju lebih jauh lagi di Euro 2024. Patut ditunggu kiprahnya!

Baca Juga: Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano Ronaldo

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya