5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024

Salah satunya Stuttgart!

Intinya Sih...

  • Bologna berhasil finis di peringkat keempat Serie A Italia, mengumpulkan 68 poin dari 38 pertandingan.
  • VfB Stuttgart sukses finis di urutan kedua klasemen Bundesliga Jerman dengan 73 poin dari 34 laga.
  • Aston Villa tampil kompetitif di English Premier League, finis di peringkat keempat dengan 68 poin dan akan berlaga di Liga Champions musim depan setelah absen selama 41 tahun.

Musim 2023/2024 telah berakhir. Sejumlah tim di liga-liga top Eropa tampil mengejutkan dengan kompetitif. Beberapa di antaranya bukanlah langganan bersaing di papan atas. Namun, tim-tim ini bisa menunjukkan taji di liganya masing-masing.

Dari 5 liga top Eropa, terdapat masing-masing 1 tim yang bersaing di papan atas. Mereka berhasil memastikan diri mentas di Liga Champions Eropa 2024/2025 yang merupakan kompetisi elite. Lalu, tim mana saja yang memberi kejutan itu? Simak ulasannya berikut ini!

1. Bologna tampil menggebrak di Serie A

5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024Bologna (twitter.com/BolognaFC1909en)

Di Serie A Italia, ada Bologna yang menunjukkan penampilan mengesankan sepanjang musim 2023/2024. Klub asuhan Thiago Motta ini berhasil kompetitif dengan bersaing ketat. Hal ini cukup mengejutkan mengingat biasanya mereka hanya bisa berada di papan tengah. 

Motta sebagai pelatih muda berhasil membawa filosofi bermainnya dengan baik. Para pemain tampil konsisten sehingga membuat Bologna mengakhiri musim di peringkat keempat. Klub berjuluk I Rossoblu ini mendapatkan 68 poin dari 38 kali bertanding, Hasil tersebut diperolah dari 18 kemenangan, 14 imbang, dan 6 kekalahan. 

2. VfB Stuttgart mengakhiri musim di peringkat kedua Bundesliga

5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024Stuttgart (instagram.com/vfb)

Performa meroket juga ditunjukkan VfB Stuttgart di Bundesliga Jerman 2023/2024. Jika berkaca pada musim sebelumnya, penampilan mereka berbeda jauh. Klub berjuluk Die Schwaben ini harus melakoni laga playoff degradasi untuk bertahan. Setelah itu, mereka menunjukkan peningkatan permainan yang signifikan dengan bersaing di papan atas. 

Berkat konsistensi permainan, Stuttgart sukses finis di urutan kedua klasemen akhir Bundesliga. Mereka bahkan melewati tim-tim besar macam Bayern Munich, Borussia Dortmund, hingga RB Leipzig. Tim besutan Sebastian Hoeness mengumpulkan 73 poin dari 34 laga. Secara rinci, jumlah poin tersebut diperoleh dari 23 kemenangan, 4 imbang, dan 7 kekalahan.

Baca Juga: Thiago Motta Akan Tinggalkan Bologna pada Akhir Musim

3. Aston Villa finis empat besar di Premier League

5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024Aston Villa (premierleague.com)

Aston Villa tampil menggebrak di English Premier League 2023/2024. The Villans mampu bersaing di papan atas. Padahal, klub asal Birmingham ini biasanya hanya berkutat di papan tengah. Namun, adanya Unai Emery sebagai manajer mengubah tim menjadi kompetitif.

Konsistensi yang ditunjukkan Aston Villa berbuah finis di peringkat keempat klasemen. Dari 38 kali berlaga, perolehan 68 poin didapatkan dari 20 kemenangan, 8 imbang, dan 10 kekalahan. Mereka juga tampil produktif dengan gelontoran 76 gol. Capaian akhir tersebut juga membuat mereka mentas di Liga Champions musim depan setelah absen selama 41 tahun.

4. Girona sempat bersaing memperebutkan gelar juara LaLiga

5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024Girona (twitter.com/GironaFC)

Girona sukses menunjukkan tajinya sebagai tim kejutan di LaLiga Spanyol 2023/2024. Klub asal Catalan ini menggebrak dengan bersaing dalam perebutan gelar juara. Hal ini terbilang mengejutkan mengingat mereka baru promosi ke kasta tertinggi pada 2022 lalu. Hanya dalam waktu singkat, performa mereka menanjak dan bersaing di papan atas. 

Di bawah asuhan pelatih Michel Sanchez, Girona sempat terlibat persaingan juara pada awal musim. Namun, minimnya pengalaman skuad membuat tim kehabisan bensin. Mereka hanya mampu finis di urutan ketiga. Dari 38 kali berlaga, Girona mengumpulkan 81 poin hasil dari 25 kemenangan, 6 imbang, dan 7 kekalahan. Keberhasilan mereka pada musim tersebut membawa tim mentas di Liga Champions untuk pertama kali pada musim depan.

5. Stade Brestois tampil sensasional dengan finis di posisi ketiga Ligue 1

5 Tim Kejutan yang Bersaing di Papan Atas 5 Liga Top Eropa 2023/2024Stade Brestois 2023/2024 (twitter.com/SB29)

Beralih ke Ligue 1 Prancis, terdapat Stade Brestois 29 yang juga tak kalah moncer di musim 2023/2024. Klub berjuluk Les Pirates ini secara mengejutkan finis di peringkat ketiga klasemen. Skuad asuhan Eric Roy berhasil mengumpulkan 61 poin dari 34 kali bertanding. Mereka membuat 17 kemenangan, 10 imbang, dan 7 kekalahan. 

Jika menilik kiprah Brest beberapa musim sebelumnya, mereka langganan di papan tengah. Namun, musim ini mereka tampil konsisten sehingga bisa bersaing di papan atas. Keberhasilan mereka mengakhiri musim di urutan ketiga juga membuat pencapaian baru. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, mereka bakal mentas di Liga Champions pada musim mendatang. 

Musim 2023/2024 memang penuh kejutan, khususnya di lima liga top Eropa. Sejumlah klub mampu menggebrak dengan menunjukkan performa gemilang. Klub-klub ini bisa finis di papan atas untuk mentas di Liga Champions. Menarik menantikan kiprahnya pada musim mendatang.

Baca Juga: 6 Pemain Girona 2023/2024 yang Pernah Tampil di Liga Champions Eropa

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya