Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024

Sosok tangguh di lini pertahanan #EURO2024

Intinya Sih...

  • Robin Le Normand menjadi andalan pertahanan Spanyol di Euro 2024
  • Dia lahir di Prancis, berkarir di Real Sociedad sejak 2016 dan membawa tim meraih kesuksesan
  • Meskipun tidak memiliki darah Spanyol, Le Normand memutuskan untuk mewakili negara tersebut dan telah membuktikan kualitasnya dalam berbagai turnamen

Spanyol memastikan diri bakal mentas pada partai final Euro 2024. Salah satu sosok penting di balik keberhasilan tersebut adalah Robin Le Normand. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi tembok kokoh pertahanan La Roja.

Nama Robin Le Normand mungkin tidak terlalu akrab bagi penikmat sepak bola. Maklum saja, ia baru setahun memperkuat Spanyol di pentas internasional. Ia juga bermain untuk Real Sociedad, yang tentu kalah mentereng dari Barcelona atau Real Madrid. Namun, ia menjadi andalan pelatih Luis de la Fuente sejak debutnya pada 2023 lalu.

Lantas, siapakah sosok Robin Le Normand sehingga mampu menjadi pemain tak tergantikan di lini pertahanan Spanyol? Mari melihat profil singkat sang bek melalui ulasan berikut ini.

1. Memulai karier sepak bola di Stade Brestois 29

Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Robin Le Normand lahir pada 11 November 1996 di Pabu, Prancis. Ia mulai menimba ilmu di akademi Stade Brestois 29 pada usia 11 tahun pada 2007. Ia mulai ditempatkan di reserve team atau Brest II pada 2013 dan bertahan hingga 2016.

Bersama Brest II, Le Normand memainkan 39 pertandingan selama 3 musim tersebut. Kesempatan debutnya di tim utama terjadi pada 15 April 2016. Saat itu, ia bermain untuk Brest saat menghadapi FC Schoaux di Ligue 2 Prancis. Sayangnya, Brest kalah dengan skor 1-2.

2. Pindah ke Spanyol dan bergabung dengan akademi Real Sociedad

Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Pada musim panas 2016, Le Normand memutuskan pindah ke Spanyol usai kontraknya tak diperpanjang Brest. Ia bergabung ke Real Sociedad dengan kontrak 2 tahun. Namun, ia ditempatkan di reserve team atau Real Sociedad B yang berkompetisi di Segunda Division.

Kiprahnya di Real Sociedad B sangat menjanjikan sebagai bek tengah. Selama 2 musim, Le Normand menjadi andalan dalam 64 laga. Performa impresifnya ini berbuah kontrak baru pada 2018. Manajemen memperpanjang masa kerjanya selama 2 tahun hingga musim panas 2020.

Berkat performa itu, Le Normand berkesempatan debut dengan tim utama pada 26 November 2018. Ia tampil saat Real Sociedad menghadapi Celta Vigo di LaLiga. Ia turut membantu tim meraih kemenangan 2-1. Pada 2018/2019, ia juga tercatat memainkan empat laga bersama tim utama. Namun, ia tetap berada di Real Sociedad B dengan memainkan 18 laga.

Baca Juga: Spanyol vs Inggris, Duel Pembuktian Raja Eropa

3. Dipromosikan ke tim utama Real Sociedad dan mempersembahkan gelar juara Copa del Rey

Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Pada Februari 2019, Le Normand kembali menandatangani perpanjangan kontrak bersama Real Sociedad. Kali ini, durasi kerjanya lebih panjang hingga 2022. Ini sekaligus memperbarui statusnya yang dipromosikan ke tim utama mulai 2019/2020. 

Secara perlahan, Le Normand menunjukkan kualitasnya di lini pertahanan Real Sociedad. Diplot menggantikan Hector Moreno, ia mampu membuktikan diri. Ia menjadi andalan dalam 39 laga. Tak cuma itu, ia juga membawa La Real menjuarai Copa del Rey pada musim debutnya.

Penampilan gemilangnya itu membuat Le Normand tak tergantikan. Performanya sebagai bek tengah menjadi salah satu faktor Real Sociedad bisa kompetitif. Berkat peran tangguhnya, La Real mampu bermain di ajang Eropa. Puncaknya bisa membawa tim mentas di Liga Champions pada 2023/2024. Secara keseluruhan, ia telah memainkan 221 laga dengan 6 gol dan 5 assist.

4. Memilih membela Spanyol meski lahir di Prancis

Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Le Normand tidak mempunyai garis keturunan dari orang tua maupun nenek moyangnya dengan darah Prancis. Keputusannya untuk membela Spanyol ini murni sebab keinginannya. Ini yang membuatnya tak banyak disorot sebab diperkirakan bakal membela Prancis. 

Secara resmi, Le Normand menyandang status kewarganegaraan Spanyol pada 23 Mei 2023. Ia telah memenuhi syarat telah tinggal di Spanyol selama 7 tahun. Ini yang membuat statusnya adalah naturalisasi. Tak lama setelah itu, ia dipanggil pelatih Luis de la Fuente pada Juni 2023.

Debutnya bersama Spanyol terjadi pada 15 Juni 2023. Le Normand bermain melawan Italia pada semifinal UEFA Nations League. Ia membantu tim menang 2-1 untuk melaju ke final. Ia juga tampil pada final kontra Kroatia dan membawa tim menjuarai UEFA Nations League 2023.

5. Sosok bek tangguh Spanyol di Euro 2024

Robin Le Normand, Bek Naturalisasi Andalan Spanyol di Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Setelah membawa Spanyol menjuarai UEFA Nations League 2023, Le Normand reguler bermain sebagai bek utama. Dalam setahun terakhir, duetnya bersama Aymeric Laporte terbukti tangguh. Pembuktian ini berlanjut di turnamen mayor pertamanya, yaitu Euro 2024. 

Tidak dapat dimungkiri, Le Normand merupakan sosok krusial yang mampu membawa Spanyol melaju jauh di Euro 2024. Ia selalu bermain sejak laga fase grup hingga semifinal. Kini, tinggal satu laga pada partai final untuk membuktikan kualitasnya sebagai bek kelas dunia. 

Pada partai final, Spanyol bakal ditantang Inggris. Ini akan menjadi kesempatan baginya untuk menjaga pertahanan tim agar tak kebobolan. Sosoknya yang spartan akan sangat krusial di dalam permainan. Mampukah Le Normand membawa La Roja menjuarai Euro 2024?

Baca Juga: 4 Negara yang Sering Mencapai Final Euro, Termasuk Spanyol

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya