3 Rekrutan Aston Villa dari Klub Championship pada Musim Panas 2024

Ross Barkley datang dengan pengalaman

Aston Villa menjadi salah satu klub English Premier League yang aktif di bursa transfer musim panas 2024. Ada banyak pemain yang sudah didatangkan ke Villa Park. Bakal mentas di Liga Champions Eropa membuat The Villans berbenah. Kedatangan para pemain anyar ini berguna menambah kedalaman skuad yang akan menjalani jadwal padat pada 2024/2025.

Menariknya, Aston Villa tak hanya mendatangkan pemain dari klub-klub top. Manajemen juga merekrut sejumlah nama yang berasal dari klub-klub EFL Championship alias kasta kedua Liga Inggris. Hal ini cukup mengejutkan sebab kualitas kompetisi yang tentunya berbeda. Namun, para pemain yang didatangkan ini mempunyai pengalaman bermain di level atas. Ini yang membuat manajemen memutuskan untuk merekrutnya. 

Terdapat tiga pemain anyar Aston Villa yang direkrut dari klub Champioship. Siapa saja mereka?

1. Ross Barkley datang sebagai gelandang sarat pengalaman

3 Rekrutan Aston Villa dari Klub Championship pada Musim Panas 2024Ross Barkley (avfc.co.uk)

Ross Barkley didatangkan dari Luton Town seharga 5 juta pound sterling atau Rp101 miliar. Pada 2023/2024 lalu, ia merupakan andalan dengan catatan 37 laga. Ia tampil cukup produktif dengan sumbangsih 5 gol dan 6 assist. Meski tak mampu membantu Luton Town bertahan di Premier League, Aston Villa tetap merekrutnya sebab pengalaman matangnya.

Pemain berusia 30 tahun ini tidak asing dengan Aston Villa. Barkley pernah menjalani masa peminjaman di klub asal Birmingham ini pada 2020/2021 lalu. Saat itu, ia mampu diandalkan dalam 24 laga dengan kontribusi 3 gol dan 1 assist. Kini, ia siap memulai lagi petualangan bersama Aston Villa dengan kualitasnya sebagai seorang gelandang. 

Pengalamannya di kasta teratas Liga Inggris sudah dibuktikan dengan Everton dan Chelsea. Bersama dua klub tersebut, Barkley mampu menjadi pemain andalan. Khusus di Chelsea, ia berhasil membawa tim berprestasi dengan menjuarai Liga Europa, Piala FA, dan Piala Dunia Antarklub. Dengan rekam jejak tersebut, Aston Villa berharap banyak kepadanya agar mampu membantu tim kompetitif di berbagai ajang pada musim baru nanti.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Aston Villa, Teranyar Luiz dan Diaby

2. Cameron Archer direkrut untuk menambah daya gedor serangan

3 Rekrutan Aston Villa dari Klub Championship pada Musim Panas 2024Cameron Archer (instagram.com/cameronarcher9)

Aston Villa mendapatkan kembali Cameron Archer dari Sheffield United. Ada kesepakatan menarik ketika sang pemain pindah pada musim panas 2023 lalu. Jika Sheffield terdegradasi, maka Archer akan kembali ke Aston Villa pada musim panas 2024. 

Terdegradasinya Sheffield United dari Premier League membuat Cameron Archer kembali bergabung dengan Aston Villa. Kesepakatan ini terbilang menguntungkan bagi Aston Villa. Sebab, mereka tidak perlu membayar biaya transfer.

Terlepas dari hal tersebut, kedatangan Archer tentunya membantu lini serangan Aston Villa. Pemain berusia 22 tahun ini akan menambah opsi striker. Pada 2023/2024 lalu, ia menjadi andalan Sheffield dengan memainkan 32 laga. Ia mampu mencetak 4 gol dan 1 assist. Dengan usianya yang masih muda, ia mempunyai potensi yang bisa dimaksimalkan.

3. Jaden Philogene didatangkan dari Hull City

3 Rekrutan Aston Villa dari Klub Championship pada Musim Panas 2024Jaden Philogene (avfc.co.uk)

Aston Villa mendatangkan Jaden Philogene dari Hull City pada musim panas 2024. Sang pemain direkrut kembali setelah hanya setahun berada di klub Championship tersebut. Perekrutannya ini tidak terlepas dari penampilan impresifnya pada 2023/2024 lalu.

Philogene tampil tajam bersama Hull City dengan gelontoran 12 gol dan 6 assist dari 32 laga. Pemain berusia 22 tahun ini sejatinya mendapatkan tawaran dari Everton dan Ipswich Town. Namun, Aston Villa mengaktifkan klausul pembelian yang ada dalam kesepakatan transfer bersama Hull City. Ini yang membuat Aston Villa bisa mendapatkannya.

Winger asal Inggris ini merupakan jebolan akademi Aston Villa. Sebelum berpindah ke Hull City, Philogene pernah dipinjamkan ke Stoke City dan Cardiff City. Dengan kualitasnya yang meningkat, Aston Villa mendapatkan tambahan amunisi untuk lini serangan. Kehadiran sang pemain bakal sangat membantu produktivitas gol.

Tiga pemain di atas memang direkrut Aston Villa dari klub Championship. Namun, kualitas dan talenta mereka dinilai mampu membantu tim kompetitif. Kedatangan nama-nama tersebut akan berguna untuk kedalaman skuad yang mentas di banyak kompetisi pada musim baru nanti.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Amadou Onana Cocok dengan Permainan Aston Villa

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya