5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024

Kolombia sukses melaju ke semifinal!

Kolombia menunjukkan kedigdayaan saat berjumpa Panama pada perempat final Copa America 2024. Tim besutan Nestor Lorenzo menang 5-0 pada laga yang dihelat di University of Phoenix Stadium, Minggu (7/7/2024) pagi WIB. Gelontoran gol Kolombia dicetak oleh Jhon Cordoba, James Rodriguez, Luis Diaz, Richard Rios, dan Miguel Borja.

Kemenangan ini tak hanya membawa Kolombia ke semifinal. Menurut Opta, sejumlah rekor juga berhasil diciptakan tim berjuluk Los Cafetaros ini usai membabat Panama lima gol tanpa balas. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Kolombia cetak margin kemenangan terbesar

5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024Selebrasi Kolombia usai mencetak gol ke gawang Panama pada perempat final Copa America 2024. (copaamerica.com)

Kemenangan 5-0 atas Panama ini membuat Kolombia meraih margin kemenangan terbesar dalam sejarah mereka di Copa America. Skor tersebut melewati rekor yang sebelumnya dibuat mereka pada edisi 1979. Saat itu, Kolombia mengalahkan Venezuela dengan skor 4-0. 

Margin kemenangan lima gol tersebut juga membuat mereka menjadi negara kelima yang melakukannya pada fase gugur. Kolombia mengikuti pencapaian impresif Argentina, Brasil, Chile dan Meksiko. Ini menjadi modal berharga bagi James Rodriguez dkk. di semifinal.

2. Kolombia perpanjang rekor tak terkalahkan

5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024Timnas Kolombia (x.com/FCFSeleccionCol)

Kemenangan melawan Panama meneruskan rekor tak terkalahkan Kolombia di berbagai ajang menjadi 27 laga. Los Cafetaros belum tersentuh kekalahan sejak 2022 lalu. Mereka berhasil mencatatkan 21 kemenangan dan 6 kali hasil imbang.

Sejak dilatih Nestor Lorenzo pada 2022 lalu, perubahan nyata terlihat di Kolombia. Kemenangan melawan Panama ini juga menunjukkan konsistensi mereka. Dalam 12 laga terakhir, Kolombia mampu memetik 11 kemenangan. Ini merupakan catatan impresif bagi Los Cafetaros.

Rekor tak terkalahkan dalam 27 laga tersebut menyamai pencapaian yang sudah pernah dibuat Kolombia. Mereka pertama kali membuat rekor tersebut pada pada Juli 1992 hingga Maret 1994. Los Cafetaros mampu mencatatkan 13 kemenangan dan 14 hasil imbang.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League di Skuad Kolombia Copa America 2024

3. Kolombia digdaya lawan tim dari CONCACAF

5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024Timnas Kolombia (x.com/FCFSeleccionCol)

Kolombia meneruskan tren positif ketika berjumpa negara-negara dari CONCACAF. Kedigdayaan mereka pun berlanjut dengan membantai Panama lima gol tanpa balas. Ini membuat Kolombia tak terkalahkan dalam 12 laga melawan negara-negara tersebut. 

Total, Kolombia mampu meraup 11 kemenangan dan 1 kali hasil imbang. Jumlah ini menyamai rekor tak terkalahkan yang pernah mereka buat pada Oktober 2010 hingga Juni 2016. Catatan impresif ini menunjukkan dominasi Kolombia melawan negara dari CONCACAF. 

4. Luis Diaz produktif di Copa America

5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024Luis Diaz (copaamerica.com)

Luis Diaz membuat satu gol pada laga melawan Panama. Dengan torehan tersebut, ia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga Kolombia di Copa America. Total, pemain berusia 27 tahun ini sudah mengumpulkan 6 gol dari 3 kali keikutsertaannya. Jumlah golnya tersebut hanya kalah daru dua legenda Kolombia lainnya, yaitu Victor Aristizabal (8 gol) dan Arnoldo Iguaran (10 gol).

Partisipasi pertamanya pada 2019, Diaz kurang berkontribusi. Namun, pada 2021, ia menghasilkan empat gol. Sementara, pada 2024, ia sudah membuat dua gol dan masih berpotensi bertambah lagi sebab Kolombia melaju ke semifinal.

5. James Rodriguez samai pencapaian Lionel Messi

5 Rekor Tercipta usai Kolombia Bantai Panama di Copa America 2024James Rodriguez (instagram.com/jamezrodriguez10)

James Rodriguez menjadi bintang kemenangan Kolombia atas Panama. Sang kapten berkontribusi dengan menghasilkan 1 gol dan 2 assist. Keterlibatan gol tersebut merupakan yang kedua baginya setelah melawah Jepang di Piala Dunia 2014 lalu. Khusus torehan assist-nya tersebut, ia sudah menciptakan lima sejauh ini di Copa America 2024.

Jumlah tersebut membuatnya menyamai rekor assist terbanyak dalam satu edisi yang diciptakan Lionel Messi. Pada 2021 lalu, kapten Argentina itu menghasilkan lima assist. Potensi James memecahkan rekor ini terbuka lebar sebab masih bermain dalam dua laga lagi. 

Kemenangan meyakinkan Kolombia atas Panama menjadi modal penting. Nantinya, mereka bakal berhadapan dengan Uruguay di semifinal. Menurutmu, mampukah Kolombia melaju ke final dan menjuarai Copa America 2024?

Baca Juga: 6 Klub Eropa yang Pernah Dibela James Rodriguez, Ke Mana Selanjutnya?

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya