Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi Terakhir

Amerika Serikat tersingkir cepat dari Copa America 2024

Copa America mempunyai sistem bergilir dalam penentuan tuan rumah penyelenggara. Edisi 2024, turnamen ini digelar di Amerika Serikat. Meski bukan anggota CONMEBOL, terpilihnya Negeri Paman Sam ini bertujuan membantu kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Turnamen internasional tertua di dunia ini diikuti banyak tim yang berkualtas. Biasanya, para peserta yang berstatus tuan rumah Copa America akan diunggulkan. Pasalnya, mereka mempunyai keuntungan dukungan lebih banyak dengan bermain di negara sendiri.

Dalam lima edisi terakhir, Copa America digelar di beberapa negara. Lalu, bagaimana kiprah para negara tuan rumah di turnamen ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Chile sukses menjuarai Copa America pertama kalinya pada 2015

Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi TerakhirChile saat menjuarai Copa America 2015. (copaamerica.com)

Chile menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan Copa America 2015. Bermain di negara sendiri, tim berjuluk La Roja ini mengeluarkan kekuatan terbaiknya. Tergabung di Grup A bersama Bolivia, Ekuador, dan Meksiko, Chile mampu keluar sebagai juara grup. Mereka mengumpulkan 7 poin hasil dari 2 kemenangan dan 1 kali imbang.

Saat berlaga di perempat final, Chile mengalahkan sang juara bertahan, Uruguay, dengan skor 1-0. Di semifinal, tim yang saat itu dilatih Jorge Sampaoli menang 2-1 atas Peru. Tantangan mengadang di final dengan berjumpa Argentina. Bermain imbang tanpa gol pada waktu normal dan perpanjangan, juara ditentukan lewat adu penalti. Chile sukses juara berkat kemenangan 4-1. Ini sekaligus membawa mereka merengkuh trofi Copa America untuk pertama kalinya.

2. Amerika Serikat melaju hingga semifinal Copa America 2016

Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi TerakhirAmerika Serikat mampu melaju hingga semifinal Copa America 2016. (x.com/USMNT)

Copa America 2016 merupakan edisi perayaan 100 tahun turnamen. Untuk pertama kalinya, turnamen digelar di luar Benua Amerika Selatan. Amerika Serikat ditunjuk sebagai penyelenggara dalam turnamen dengan tajuk Copa America Centenario. 

Amerika Serikat berada di Grup A bersaing dengan Kolombia, Kosta Rika, dan Paraguay. Saat itu, tim asuhan Jürgen Klinsmann melaju ke fase gugur usai finis sebagai juara grup. Di perempat final, Amerika Serikat sukses mengalahkan Ekuador 2-1. Sayangnya, perjalanan mereka terhenti di semifinal usai dihajar Argentina empat gol tanpa balas.

Baca Juga: Daftar Duel Perempat Final Copa America 2024

3. Brasil merengkuh trofi kesembilan Copa America pada 2019

Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi TerakhirBrasil saat menjuarai Copa America 2019. (x.com/CBF_Futebol)

Brasil bertindak sebagai tuan rumah pada Copa America 2019. Status ini tak disia-siakan Tim Samba untuk meraih juara. Perjalanan mereka bersama pelatih Tite saat itu berujung dengan sukacita usai merengkuh trofi untuk yang kesembilan kalinya.

Tergabung di Grup A bersama Bolivia, Peru, dan Venezuela, Brasil tak mengalami kendala berarti. Mereka keluar sebagai juara grup dengan perolehan 7 poin hasil dari 2 kemenangan dan 1 hasil imbang. Langkah Brasil cukup sulit di perempat final dengan melewati adu penalti kontra Paraguay. Beruntung mereka melaju ke semifinal usai menang dengan skor 4-3.

Argentina menjadi lawan tangguh yang sukses dikalahkan di semifinal. Brasil menang meyakinkan dengan skor 2-0 untuk mentas di partai puncak. Kepastian juara Brasil diperoleh setelah memenangi laga final kontra Peru dengan skor 3-1.

4. Brasil kalah dari Argentina di final Copa America 2021

Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi TerakhirBrasil mampu melaju hingga final Copa America 2021. (x.com/CBF_Futebol)

Brasil kembali menyelenggarakan Copa America pada 2021. Sejatinya, Argentina dan Kolombia merupakan tuan rumah bersama. Namun, ketidaksiapan dan adanya pandemi COVID-19 membuat Brasil menggantikan kedua negara tersebut.

Edisi kali ini cukup berbeda dengan dibagi dua zona, yakni utara dan selatan dengan sepuluh peserta. Brasil berada di zona utara Ekuador, Kolombia, Peru, dan Venezuela. Tim besutan Tite melaju ke fase gugur tanpa terkalahkan dengan rincian 3 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Brasil mampu menang 1-0 atas Chile di perempat final. Skor serupa juga terjadi ketika Brasil mengalahkan Peru di semifinal. Sayangnya, mereka gagal mempertahankan gelar juara Copa America. Ini terjadi setelah Brasil menderita kekalahan 0-1 dari Argentina di partai final.

5. Amerika Serikat tersingkir dari fase grup di Copa America 2024

Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi TerakhirAmerika Serikat gagal melaju ke fase gugur Copa America 2024. (x.com/CopaAmerica)

Amerika Serikat gagal melaju jauh di Copa America 2024. Berstatus sebagai tuan rumah, nyatanya hal tersebut tak bisa membuat The Yanks berbicara banyak. Tergabung di Grup C bersama Bolivia, Panama, dan Uruguay, mereka gagal lolos ke fase gugur.

Christian Pulisic cs sejatinya memulai turnamen dengan kemenangan. Amerika Serikat mengalahkan Bolivia dua gol tanpa balas. Namun, mereka gagal menang di dua laga tersisa. Pasukan Gregg Berhalter kalah 1-2 dari Panama dan juga takluk 0-1 dari Uruguay.

Status tuan rumah memang bisa menjadi pelecut semangat untuk juara. Namun, hanya beberapa negara yang bisa memanfaatkannya. Amerika Serikat gagal mempergunakan kesempatan ini dengan baik untuk juara. Dengan tersingkirnya Amerika Serikat di Copa America 2024, siapakah yang bakal meraih trofi di akhir turnamen? Menarik dinantikan!

Baca Juga: Rute Mudah Argentina dan Jalan Terjal Brasil di Copa America 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya