5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024

Salah satunya Harry Kane

Intinya Sih...

  • Harry Kane pindah ke Bayern Munich setelah 19 tahun bersama Tottenham Hotspur, mencetak 28 gol dan 8 assist dalam 27 laga.
  • Jadon Sancho dipinjamkan ke Borussia Dortmund oleh Manchester United, bermain 3 kali dengan 2 assist.
  • Eric Dier juga pindah ke Bayern Munich, berstatus pinjaman dengan performa cukup menjanjikan setelah tampil dalam tiga laga kemenangan.

Inggris dikenal luas sebagai negara tempat kelahiran sepak bola. Tak heran banyak pemain berkualitas lahir di sini. Meski mayoritas para pemain berkarier di negeri sendiri, tak sedikit juga yang menjajal tantangan dengan berkompetisi di negara lain. 

Salah satu yang menjadi tempat tujuan adalah Jerman. Bundesliga sebagai kasta teratas liga sepak bola Jerman menjadi daya tarik tersendiri. Tidak banyak pemain dari Inggris yang bekarier di sini, tetapi ada beberapa nama yang membela klub-klub pada 2023/2024.

Lalu, siapa saja dan seperti apa kiprah mereka? Berikut lima pemain asal Inggris yang berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024.

1. Harry Kane menjadi andalan lini serang Bayern Munich dengan tampil produktif

5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Harry Kane (twitter.com/FCBayern)

Harry Kane menjajal tantangan baru dengan bergabung bersama Bayern Munich pada musim panas 2023 lalu. Ia pindah dari Tottenham Hotspur yang merupakan klub yang sudah dibelanya sejak kecil. Kepindahannya ini sekaligus mengakhiri pengabdiannya selama 19 tahun. 

Tak butuh waktu lama bagi Kane untuk beradaptasi dengan sepak bola Jerman. Pemain sekaliber dirinya dengan muda langsung nyetel dan menjadi striker andalan Bayern Munich. Pada 2023/2024, ia menunjukkan kualitasnya dengan tampil produktif. Dari 27 laga yang sudah dilakoninya, ia berhasil mencetak 28 gol dan 8 assist. 

2. Jadon Sancho menemukan kembali sentuhan terbaiknya bersama Borussia Dortmund

5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Jadon Sancho (twitter.com/BVB)

Jadon Sancho akhirnya bisa kembali bermain di lapangan hijau. Setelah mengalami permasalahan internal dengan Manchester United, manajemen memutuskan untuk meminjamkannya ke Borussia Dortmund pada Januari 2024. Ia menjalani periode keduanya di Signal Iduna Park. Sebelum memperkuat The Red Devils, ia menimba ilmu di akademi dan menjadi andalan di tim utama Die Borussen pada 2017–2021.

Masa peminjamannya ini hingga akhir musim 2023/2024. Harapan Manchester United meminjamkan Sancho agar sang pemain bisa melakukan introspeksi akibat tindakan indisplinernya. Manajemen masih berharap kepadanya mengingat usianya masih 23 tahun. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 3 kali dengan catatan 2 assist untuk Borussia Dortmund.

Baca Juga: Pergerakan Pemain Inggris yang Makin Ramai di Negara Lain

3. Eric Dier bergabung dengan Bayern Munich akibat minimnya menit bermain di Tottenham Hotspur

5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Eric Dier (instagram.com/ericdier15)

Eric Dier menyusul Harry Kane ke Bayern Munich pada Januari 2024. Kepindahannya ini disebabkan minimnya menit bermain yang didapatkannya bersama Tottenham Hotspur. Ia tidak masuk skema pelatih baru The Lilywhites, Ange Postecoglou. Hengkangnya sang pemain mengakhiri masa baktinya di klub London Utara selama 9,5 tahun.

Bayern Munich sendiri mendatangkan Dier dengan status pinjaman. Pasalnya, kontrak Dier bersama Spurs akan habis pada musim panas 2024 mendatang. Kontrak tambahan akan diberikan kepada pemain 30 tahun ini jika bisa memenuhi ekspektasi dengan tampil apik di lini pertahanan yang sedang mengalami krisis pemain. Performanya sejauh ini cukup menjanjikan dengan sudah memainkan tiga laga yang semuanya berujung kemenangan 

4. Jamie Bynoe-Gittens merupakan pemain muda potensial dari Borussia Dortmund

5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Jamie Bynoe-Gittens (instagram.com/jbgittens)

Jamie Bynoe-Gittens adalah salah satu pemain muda potensial di Bundesliga. Ia merupakan produk akademi Manchester City yang berpindah ke akademi Borussia Dortmund. Ia mulai menembus tim utama pada 2022 lalu. 

Saat ini, Bynoe-Gittes masih berusia 19 tahun. Berposisi sebagai winger, kelincahannya dalam bermain di sisi sayap membuat Borussia Dortmund memberikan kepercyaan lebih kepadanya. Sejak dipromosikan, ia sudah memainkan 42 laga dengan mengemas 5 gol dan 7 assist.

5. Reece Oxford masih absen membela FC Augsburg akibat cedera yang dideritanya

5 Pesepak Bola Inggris yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Reece Oxford (instagram.com/reeceoxford)

Reece Oxford bisa disebut sebagai pemain yang paling lama berada di Bundesliga dari nama-nama sebelumnya. Ia sudah berada di Jerman sejak 2019 lalu ketika berstatus sebagai pemain pinjaman FC Augsburg. Pada musim panas tahun yang sama, ia pindah secara permanen dan meninggalkan West ham United. 

Kiprahnya bersama Augsburg terbilang konsisten dan menjadi andalan di lini pertahanan. Oxford telah memainkan 80 laga dengan koleksi 3 gol dan 2 assist. Sayangnya, penampilannya pada musim ini terhalang cedera otot yang menimpanya sejak April 2023 lalu. Ia tercatat sudah absen selama 10 bulan dan saat ini masih menjalani pemulihan. 

Kelima pemain di atas mempunyai kesempatan untuk bersinar di Bundesliga Jerman. Terlebih lagi, tidak banyak pemain Inggris yang mentas di sini. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi mereka untuk membuktikan bahwa kualitas mereka di atas rata-rata.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Dipinjam Klub Non-EPL pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya