5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!

Duel perebutan puncak klasemen akan tersaji akhir pekan ini

English Premier League (EPL) 2023/2024 akan kembali bergulir setelah jeda internasional November 2023 usai. Pada lanjutan pekan ke-13 ini, bakal tersaji duel perebutan puncak klasemen antara Manchester City dan Liverpool. Keduanya dijadwalkan bertemu di Etihad Stadium pada, Sabtu (25/11/2023) pukul 19.30 WIB.

Dalam beberapa musim terakhir, Manchester City dan Liverpool menyajikan persaingan dalam perebutan juara Premier League. Pertemuan keduanya selalu berjalan ketat dengan intensitas tinggi. Adu taktik antara Pep Guardiola dan Juergen Klopp selalu menjadi suguhan menarik yang ditampilkan melalui duel para pemain bintang di atas lapangan.

Jika menilik performa keduanya pada awal 2023/2024, baik Manchester City maupun Liverpool mempunyai catatan apik. Di papan klasemen, The Citizens memimpin dengan perolehan 28 poin. Mereka hanya unggul satu poin dari The Reds yang berada di peringkat kedua.

Jelang pertemuan kedua tim, mari melihat lima pertandingan terakhir antara Manchester City dan Liverpool di Premier League berikut!

1. Manchester City permalukan Liverpool di kandangnya dengan telak pada 2020/2021

5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!Manchester City melawan Liverpool di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Pada 2020/2021, Liverpool menjamu Manchester City di Anfield pada lanjutan pekan ke-23. Secara mengejutkan, The Reds takluk di kandangnya sendiri dengan memalukan. The Citizens mencukur tim tuan rumah dengan kemenangan 4-1. 

Duel kedua tim sejatinya berjalan cukup sengit. Skor 1-1 sempat menghiasi awal babak kedua antara Liverpool dan Manchester City. Namun, Ilkay Guendogan mampu mencetak brace yang dilengkapi oleh Raheem Sterling dan Phil Foden. 

Hasil laga ini membuat Manchester City mempertahankan konsistensinya hingga akhir musim. The Citizens sukses keluar sebagai juara Premier League 2020/2021. Adapun bagi Liverpool, usai kekalahan ini mereka tampil kesulitan berkat banyaknya pemain utama cedera. Namun, The Reds berhasil finis di peringkat ketiga.

Baca Juga: 8 Pemain yang Jadi Top Skor Premier League Lebih dari Sekali

2. Liverpool dan Manchester City berbagi poin pada awal 2021/2022

5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Liverpool dan Manchester City bertemu pada pekan ke-7 Premier League 2021/2022. Keduanya bertarung di Anfield dan menyuguhkan pertandingan sengit. Hasil akhir laga ini adalah seri dengan skor 2-2.

Sadio Mane membuka keunggulan untuk Liverpool pada menit ke-59. Hanya berjarak 10 menit, Manchester City membalas melalui gol Phil Foden. Aksi individu Mohamed Salah menit ke-76 sempat membawa The Reds unggul sebelum disamakan Kevin De Bruyne 5 menit setelahnya.

Hasil imbang ini membuat awal musim bagi kedua tim berjalan dengan cukup memuaskan. Bagi Liverpool, laga ini membuat mereka belum terkalahkan dan menduduki peringkat kedua. Sementara Manchester City, tim asuhan Pep Guardiola ini membuntuti di urutan ketiga.

3. Pertemuan kedua pada 2021/2022, Manchester City dan Liverpool kembali bermain imbang

5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!Manchester City melawan Liverpool di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Pertemuan Manchester City dan Liverpool kembali tersaji pada pekan ke-32 Premier League 2021/2022. Duel yang dihelat di Etihad Stadium ini memperebutkan puncak klasemen, di mana keduanya saling bersaing di jalur juara. Namun, kedua tim lagi-lagi bermain imbang 2-2.

Duel intensitas tinggi langsung tersaji sejak awal laga. Kevin De Bruyne mencetak gol cepat pada menit ke-5. Namun, Liverpool berhasil membalas lewat Mohamed Salah pada menit ke-13. Gabriel Jesus lalu membawa Manchester City menutup babak pertama berkat golnya. Semenit babak kedua berjalan, Sadio Mane mencetak gol dan skor 2-2 bertahan hingga laga selesai.

Tambahan satu poin ini tentu merugikan bagi Liverpool. Pasalnya, skuad asuhan Juergen Klopp hanya tertinggal satu angka dari Manchester City yang berada di puncak. Pada akhirnya, The Citizens sukses merengkuh titel Premier League 2021/2022 dengan perolehan 93 poin. Mereka hanya unggul satu angka dari The Reds yang mengoleksi 92 poin.

4. Liverpool menumbangkan Manchester City pada awal 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!Liverpool melawan Manchester City di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Anfield menyajikan duel ketat pada pekan ke-11 Premier League 2022/2023. Liverpool dan Manchester City bertarung dalam laga sarat gengsi. The Reds berhasil menumbangkan sang juara bertahan dengan skor tipis 1-0.

Bertindak sebagai tim tamu, Manchester City mendominasi laga. Namun, Liverpool tak tinggal diam begitu saja dengan kerap kali melancarkan serangan. Satu-satunya gol di laga ini tercipta berkat aksi Mohamed Salah pada menit ke-76. Kesalahan Joao Cancelo dalam mengantisipasi umpan Alisson Becker dari lini belakang The Reds membuat The Citizens pulang tanpa poin.

Kekalahan ini merupakan yang pertama kali untuk Manchester City di awal 2022/2023. Meski kalah, mereka tetap berada di urutan kedua klasemen saat itu. Sementara Liverpool yang mengawali musim dengan buruk akhirnya mampu memperbaiki posisi di papan klasemen dengan naik ke peringkat delapan.

5. Manchester City pesta gol saat menjamu Liverpool pada 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Manchester City dan Liverpool di EPL, Sengit!Manchester City melawan Liverpool di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Manchester City berhasil membalaskan kekalahan mereka dari Liverpool pada awal 2022/2023. Bertemu kembali pada pekan ke-29, The Citizens tanpa ampun menguliti The Reds di Etihad Stadium. Pasukan Pep Guardiola berpesta gol dengan kemenangan 4-1. 

Liverpool mencetak gol dahulu melalui Mohamed Salah pada menit ke-17. Namun, 10 menit berselang, Julian Alvarez menyamakan skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai. Selepas jeda babak, Manchester City langsung tancap gas dengan mencetak gol melalui Kevin De Bruyne. Dua gol lainnya berhasil dilengkapi oleh Jack Grealish dan Ilkay Guendogan.

Setelah laga ini, Manchester City terus mengejar Arsenal sebagai puncak klasemen dan berhasil melakukan kudeta. Pada akhirnya, The Citizens sukses menjuarai Premier League 2022/2023. Sementara bagi Liverpool, performa mereka di sepanjang musim yang inkonsisten membuat The Reds gagal menembus empat besar karena hanya finis di urutan kelima.

Jika melihat lima pertemuan terakhir, laga antara Manchester City dan Liverpool selalu berjalan ketat. The Citizens unggul dengan dua kemenangan berbanding satu milik The Reds. Kendati demikian, pertarungan keduanya selalu menghadirkan suguhan permainan yang menghibur. Siapakah yang bakal memenangi laga pada akhir pekan nanti?

Baca Juga: 7 Pemain Top Premier League Dipastikan Absen pada Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya