4 Pertandingan Seru yang Bakal Tersaji di Matchday 1 Euro 2024

Spanyol versus Kroasia berpotensi sengit #EURO2024

Euro 2024 bakal berlangsung pada 15 Juni 2024. Sejumlah pertandingan menarik sudah boleh dinanti. Sebanyak 24 negara peserta yang terbagi dalam 6 grup berisikan 4 peserta siap bertanding.

Matchday pertama akan digelar mulai pada 15 Juni–19 Juni. Pada pertandingan ini, seluruh peserta grup bakal bertemu. Ada setidaknya empat pertandingan yang bisa menciptakan keseruan pembuka untuk para penikmat sepak bola. Pertandingan apa saja?

1. Jerman melawan Skotlandia menjadi pertandingan pembuka Euro 2024

4 Pertandingan Seru yang Bakal Tersaji di Matchday 1 Euro 2024Joshua Kimmich dan Thomas Mueller (twitter.com/esmullert_)

Jerman versus Skotlandia bakal menjadi pertandingan pembuka kompetisi Euro 2024. Duel sesama Grup A ini bakal berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (15/6/2024), pukul 02:00 WIB. Bentrokan ini diprediksi berlangsung sengit sebab kedua tim sama-sama punya ambisi. 

Bagi Jerman, statusnya sebagai tuan rumah tentu menguntungkan. Ini membuat mereka diunggulkan menjuarai Euro 2024. Namun, Skotlandia juga bukan lawan remeh. Selama babak kualifikasi, The Tartan Army hanya kalah 1 kali dari 8 pertandingan dan meraih 5 menang serta 2 imbang.

Jika menilik riwayat pertemuan, keduanya sudah bersua dalam 17 pertandingan. Jerman unggul dengan 8 kemenangan, sedangkan Skotlandia meraih 4 kemenangan. Sisanya, lima pertandingan berakhir imbang. Terakhir kali kedua tim bertemu terjadi pada babak kualifikasi Euro 2016. Saat itu, Jerman mampu mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-2.

2. Spanyol kontra Kroasia berpotensi menyuguhkan duel sengit

4 Pertandingan Seru yang Bakal Tersaji di Matchday 1 Euro 2024Kroasia melawan Spanyol di final UEFA Nations League 2023. (uefa.com)

Beralih ke Grup B, Spanyol bakal ditantang Kroasia di pertandingan pertama Euro 2024. Keduanya saling bentrok di Olympistadion, Sabtu (15/6/2024), pukul 23:00 WIB. Pertemuan ini berpotensi menyajikan pertarungan yang sengit sebab kualitas para pemainnya. 

Spanyol tentu diunggulkan di pertandingan ini sebab performa pada babak kualifikasi. La Roja memenangi 7 pertandingan dari 8 kali bertanding. Sementara itu, Kroasia juga bermain apik selama babak kualifikasi dengan finis di urutan kedua untuk lolos ke Euro 2024. 

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di final UEFA Nations League 2023. Saat itu, Spanyol juara usai mengalahkan Kroasia via adu penalti lewat skor 5-4. Kroasia berambisi membalas kekalahan tersebut sehingga membuat pertandingan ini berpotensi sengit.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda dengan Assist Terbanyak di Euro

3. Polandia bisa menyulitkan Belanda di pertandingan pembuka Grup D

4 Pertandingan Seru yang Bakal Tersaji di Matchday 1 Euro 2024Virgil van Dijk (x.com/LFC)

Polandia akan mengawali kiprah mereka di Euro 2024 dengan menghadapi Belanda. Pertandingan pembuka Grup D ini berlangsung di Volksparkstadion, Minggu (16/6/2024), pukul 20:00 WIB. Kemenangan bakal memudahkan langkah mereka ke fase gugur. 

Pertandingan ini bisa dibilang sebagai salah satu pertandingan yang sama kuatnya. Meski Belanda menjadi unggulan, Polandia tentu tidak akan mudah dikalahkan. Ini membuat bentrokan keduanya berpeluang berjalan sengit. 

Dari 5 pertemuan terakhir, Belanda mendominasi dengan memenangkan 4 pertandingan. Satu pertandingan sisanya berakhir sama kuat bagi kedua tim. Meski dari segi riwayat pertemuan unggul, Belanda wajib waspada jika tak ingin tumbang dari Polandia.

4. Pertandingan sengit lain di Grup D mempertemukan Austria dan Prancis

4 Pertandingan Seru yang Bakal Tersaji di Matchday 1 Euro 2024Austria melawan Prancis di UEFA Nations League 2023. (uefa.com)

Pertarungan sengit lain tersaji di Grup D dengan mempertemukan Austria dan Prancis. Keduanya bakal bentrok di Duesseldorf Arena, Selasa (18/6/2024), pukul 02:00 WIB. Hasil pertandingan ini sangat krusial mengingat grup ini juga dihuni Polandia dan Belanda. 

Prancis dijagokan untuk bisa menjuarai Euro 2024. Ini membuat mereka juga diunggulkan menang di pertandingan pembuka. Namun, Austria asuhan Ralf Rangnick tidak muda dikalahkan begitu saja. Mereka siap memberikan perlawanan demi memperebutkan tiga poin penting. 

Austria dan Prancis sudah pernah bertemu sebanyak 26 kali. Prancis menunjukkan keunggulan dengan menang sebanyak 14 kali, sedangkan Austria mencatatkan 9 kali. Sisanya, kedua tim bermain imbang tiga kali. Dengan riwayat pertemuan ini, jalannya kedua tim berpotensi ketat. 

Nah, empat pertandingan di atas merupakan pertemuan yang berpotensi menghadirkan pertarungan sengit di matchday pertama Euro 2024. Deretan pemain bintang menjadi salah satu faktor mengapa duel di atas berpeluang berjalan ketat. Namun, pertandingan-pertandingan di grup lain juga sama bakal menyajikan keseruan. Jadi, negara mana yang akan kamu dukung di Euro 2024?

Baca Juga: 8 Pemain Borussia Dortmund yang Akan Berlaga di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya