5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro Neto

Beberapa di antaranya jadi andalan

Intinya Sih...

  • Raheem Sterling hanya 2 tahun di Chelsea, berkontribusi 19 gol dan 12 assist.
  • N'Golo Kante mencatatkan 260 laga dengan 13 gol dan 16 assist, membantu tim meraih sejumlah gelar.
  • Ramires, Andriy Shevchenko, dan Maniche juga menggunakan nomor punggung 7 tetapi tidak konsisten.

Chelsea berhasil menggaet Pedro Neto pada musim panas 2024. Ia didatangkan dari Wolverhampton Wanderers seharga 60 juta euro atau Rp1,02 triliun. Kontrak jangka panjang berdurasi 6 tahun akan membuatnya berada di London hingga 2031 mendatang.

Neto memilih menggunakan nomor punggung 7 untuk berkarier di Stamford Bridge. Sejumlah pemain top pernah mengenakan nomor tersebut ketika berseragam Chelsea. Beberapa di antaranya menjadi andalan dan mampu menghadirkan prestasi.

Berikut lima pengguna nomor punggung 7 Chelsea sebelum Pedro Neto.

1. Raheem Sterling terpinggirkan akibat pergantian pelatih

5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro NetoRaheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Pemain terakhir Chelsea yang memakai nomor punggung 7 adalah Raheem Sterling. Ia hanya 2 tahun di Stamford Bridge. Ia merupakan rekrutan pertama Chelsea era Todd Boehly. Ia diandalkan dalam 81 laga dengan kontribusi 19 gol dan 12 assist.

Kedatangan manajer anyar, Enzo Maresca, membuat perannya terpinggirkan. Faktor tersebut yang membuatnya tidak masuk skuad. Alhasil, ia pindah ke Arsenal pada musim panas 2024. Ia berada di klub London Utara itu sebagai pemain pinjaman untuk musim 2024/2025.

2. N'Golo Kante menjadi gelandang spartan selama membela Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro NetoN'Golo Kante (chelseafc.com)

N'Golo Kante bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Ia membela klub selama 7 tahun pada 2016–2023. Pemain asal Prancis ini merupakan jenderal lapangan tengah tim berkat sosoknya yang spartan. 

Sejak kedatangannya, Kante memilih menggunakan nomor punggung 7. Meski gelandang bertahan jarang memakai nomor ini, ia memilihnya dan menjadi ikonis di Chelsea. Ia telah mencatatkan 260 laga dengan mengemas 13 gol dan 16 assist. Ia membantu tim menjuarai English Premier League, Liga Europa, Piala FA, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea dengan Nomor Punggung 19 sebelum Jadon Sancho

3. Ramires mampu diandalkan di lini tengah Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro NetoRamires (chelseafc.com)

Ramires memperkuat Chelsea selama 5,5 tahun pada 2010–2016. Selama berkarier di Stamford Bridge, ia mampu menjadi sosok gelandang yang konsisten. Ini dibuktikan dengan catatan 256 laga dan kontribusi 34 gol serta 19 assist. 

Pemain asal Brasil ini memakai nomor punggung 7 selama berkarier di London. Ramires juga mampu menghadirkan prestasi bagi Chelsea. Ia berperan penting dalam keberhasilan tim menjuarai Premier League, Liga Champions Eropa, Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

4. Andriy Shevchenko menjadi andalan lini serang Chelsea selama 2 musim

5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro NetoAndriy Shevchenko (chelseafc.com)

Andriy Shevchenko datang ke Stamford Bridge dengan bekal pengalaman matang. Namun, performanya bisa dibilang tidak begitu tajam ketika berseragam Chelsea. Selama 2 tahun membela klub pada 2006–2008, ia hanya berkontribusi 22 gol dan 12 assist dari 77 laga. 

Pemain berpaspor Ukraina ini juga sempat dipinjamkan kepada AC Milan pada 2008/2009. Ini bertujuan untuk mengembalikan performa terbaiknya. Sayangnya, tidak ada peningkatan berarti. Alhasil, ia dilepas Chelsea usai kontraknya habis pada musim panas 2009. 

5. Maniche hanya semusim memperkuat Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 7 Chelsea sebelum Pedro NetoManiche (instagram.com/maniche_official)

Maniche memperkuat Chelsea hanya semusim pada 2005/2006. Saat itu, ia dipinjam dari Dynamo Moscow. Ia menggunakan nomor punggung 7 untuk menjalani kariernya di Stamford Bridge. Kedatangannya saat itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas lini tengah. 

Sayangnya, Maniche gagal menunjukkan performa terbaiknya. Pemain asal Portugal ini hanya memainkan sebelas laga di berbagai ajang dengan sebagian besar sebagai pemain pengganti. Performanya yang kurang impresif ini membuat Chelsea tak memermanenkannya.

Dari para pemain di atas, tidak banyak yang bisa konsisten dan menjadi andalan. Kini, Pedro Neto mempunyai peluang untuk mengukir kesuksesan di Chelsea. Terlebih lagi, usianya masih 24 tahun sehingga kualitasnya bisa meningkat. Menarik menantikan kiprahnya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsenal dari Chelsea sebelum Raheem Sterling 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya