3 Pencetak Gol Terbanyak Kolombia di Copa America

Luis Diaz ikuti jejak legenda Kolombia!

Intinya Sih...

  • Kolombia finis sebagai runner-up di Copa America 2024 setelah kalah 0-1 dari Argentina.
  • Luis Diaz mencetak total enam gol sejak debut di Copa America 2019, masuk jajaran top skor Kolombia.
  • Arnoldo Iguaran dan Victor Aristizabal merupakan dua pencetak gol terbanyak Kolombia di Copa America sepanjang sejarah turnamen tersebut.

Kiprah Kolombia di Copa America 2024 harus mereka akhiri sebagai runner-up. Pada partai final, mereka kalah 0-1 dari Argentina. Performa tim berjuluk Los Cafetaros ini sejatinya meyakinkan di sepanjang turnamen. Sayangnya, ketangguhan Lionel Messi cs belum mampu mereka bendung. 

Luis Diaz merupakan salah satu pemain penting Kolombia di Copa America 2024. Ia berkontribusi dua gol untuk membantu tim menembus partai final. Tambahan dua gol tersebut membuatnya masuk jajaran pencetak gol terbanyak Kolombia di Copa America.

Total, Diaz telah mengoleksi enam gol sejak debut di Copa America 2019. Ada dua nama lain yang berada di atas winger Liverpool tersebut. Termasuk Luis Diaz, berikut tiga pencetak gol terbanyak Kolombia di Copa America.

1. Arnoldo Iguaran mencetak sepuluh gol dalam di Copa America

3 Pencetak Gol Terbanyak Kolombia di Copa AmericaArnoldo Iguaran (copaamerica.com)

Arnoldo Iguaran merupakan legenda Kolombia yang aktif bermain pada 1979–1937. Ia mencatatkan 68 caps dengan koleksi 25 gol. Sebanyak sepuluh gol di antaranya tercipta di Copa America. Ia bermain 19 laga dalam empat edisi pada 1979, 1987, 1989, dan 1991.

Performa terbaiknya terjadi di Copa America 1987. Iguaran mencetak empat gol dengan rincian hattrick sekali. Golnya ini tercipta pada laga fase grup melawan Paraguay. Striker bertinggi 179 cm ini pun meraih gelar top skor berkat jumlah gol yang diciptakannya tersebut.

Pada edisi ini juga, Iguaran turut berperan penting membantu Kolombia meraih peringkat ketiga Copa America. Argentina berhasil dikalahkan 2-1 pada laga perebuatn tempat ketiga. Meski tidak bermain pada laga tersebut, hal ini tidak menihilkan kontribusinya sepanjang turnamen.

Baca Juga: 4 Pemain Kolombia dengan Nilai Pasar Termahal di Copa America 2024

2. Víctor Aristizabal cetak delapan gol dan mampu membawa Kolombia juara Copa America 2001

3 Pencetak Gol Terbanyak Kolombia di Copa AmericaVictor Aristizabal (copaamerica.com)

Victor Aristizabal berada di urutan kedua sebagai top skor Kolombia di Copa America. Striker kelahiran Medellin, Kolombia, ini bermain di level internasional untuk Los Cafetaros medio 1993–2003. Selama 10 tahun tersebut, ia mencatatkan 68 caps dengan mengoleksi 14 gol. 

Sebanyak delapan gol dihasilkan Aristizabal dari 24 penampilannya di Copa America. Ini tercipta dalam tiga kali keikutsertaannya. Ia diandalkan Kolombia pada edisi 1993, 1997, dan 2001. Khusus pada 2001, ia tampil gemilang dengan menjadi mesin gol Los Cafetaros. 

Aristizabal menjadi sosok kunci kesuksesan Kolombia merengkuh gelar juara Copa America pertama. Ia menciptakan enam gol di sepanjang turnamen. Hanya pada partai final dirinya tak mencetak gol. Namun, hal tersebut tidak menihilkan peran pentingnya di lini serangan. Jumlah golnya tersebut juga membuatnya menyabet gelar top skor Copa America 2001.

3. Luis Diaz mampu membuat enam gol untuk Kolombia

3 Pencetak Gol Terbanyak Kolombia di Copa AmericaLuis Diaz (copaamerica.com)

Luis Diaz sudah mencetak 6 gol untuk Kolombia dari 13 laga di Copa America. Sejak debut pada 2018 lalu, ia berkembang menjadi pemain andalan Los Cafetaros. Penampilan perdananya di Copa America terjadi pada 2019. Namun, saat itu ia belum mampu menciptakan gol.

Penampilan terbaiknya terjadi saat Copa America 2021. Diaz mencetak empat gol dan meraih gelar top skor bersama Lionel Messi yang juga punya catatan gol sama. Pada edisi tersebut, ia juga membantu Kolombia meraih peringkat ketiga turnamen.

Diaz tetap menjadi tumpuan di Copa America 2024. Ia membuat dua gol dan membantu Kolombia ke final. Meski kalah dari Argentina pada partai perebutan juara, ini tetap merupakan pencapaian apik. Kolombia mampu lebih baik dari edisi sebelumnya dan mengakhiri turnamen berstatus sebagai runner up. 

Saat ini, Luis Diaz masih berusia 27 tahun. Ia tentu berpotensi untuk menambah catatan gol pada edisi Copa America mendatang. Bukan tidak mungkin, perannya nanti akhirnya mampu membawa Kolombia merengkuh gelar juara Copa America. Menarik dinantikan.

Baca Juga: 3 Negara Debutan dari CONCACAF yang Mencapai 4 Besar Copa America

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya