5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal Euro

Pernah juara pada 1988! #EURO2024

Intinya Sih...

  • Belanda kalah di semifinal Euro 1976 dari Cekoslovakia, tapi menang di perebutan tempat ketiga melawan Yugoslavia
  • Belanda menjadi juara Euro 1988 setelah mengalahkan Jerman Barat dan Uni Soviet
  • Pada Euro 1992, Belanda kalah dari Denmark di semifinal setelah bermain imbang 2-2 dan kalah lewat adu penalti

Belanda bakal ditantang Inggris di semifinal Euro 2024. Keduanya bentrok di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) pukul 02:00 WIB. Bagi Belanda, pertandingan semifinal ini merupakan penampilan keenam mereka sepanjang Euro. 

Sebagai salah satu kekuatan sepak bola Eropa, Belanda merupakan negara yang kerap tampil apik di Euro. Faktor bertaburnya pemain bintang membuat mereka kompetitif di turnamen tertinggi antarnegara Eropa ini. Kiprah mereka banyak dinantikan ketika Euro.

Berikut lima penampilan semifinal terakhir yang pernah dilakoni Belanda di Euro.

1. Belanda meraih peringkat ketiga pada debutnya di Euro 1976

5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal EuroBelanda mampu meraih peringkat ketiga di Euro 1976. (uefa.com)

Belanda melakoni partisipasi pertamanya di Euro pada 1976. Edisi ini diikuti empat tim yang bermain pada putaran final setelah melakoni babak kualifikasi. Selain Belanda, negara peserta lainnya adalah Cekoslovakia, Jerman Barat, dan Yugoslavia.

Pada semifinal, Belanda menderita kekalahan dari Cekoslovakia dengan skor 1-3. Faktor pengalaman menjadi kegagalan tersebut. Namun, pada perebutan tempat ketiga, Belanda berhasil mengalahkan Yugoslavia. Kemenangan 3-2 berhasil diraih dengan susah payah lewat pertandingan yang berlangsung selama 120 menit. 

2. Belanda sukses merengkuh trofi Euro pertama pada edisi 1988

5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal EuroBelanda menjuarai Euro 1988. (x.com/EURO2024)

Pada era 1970-an hingga 1990-an, Belanda berkembang menjadi salah satu kekuatan sepak bola Eropa. Salah satu buktinya adalah penampilan mereka di Euro 1988. De Oranje sukses membuktikan diri sebagai juara dengan meraih trofi pertama. 

Dalam perjalanannya, Belanda tergabung di Grup 1 bersama Inggris, Republik Irlandia, dan Uni Soviet. Mereka berhasil keluar sebagai runner-up setelah memperoleh 6 poin hasil dari 2 kemenangan. Pada semifinal, Marco van Basten cs. berhasil menang 2-1 atas Jerman Barat. 

Pada partai final, Belanda kembali menghadapi Uni Soviet. Sebelumnya, Belanda menderita kekalahan 0-1 saat bertemu pada fase grup. Tim yang saat itu dilatih Rinus Michels berhasil membalas kekalahan tersebut. Belanda menang 2-0 berkat gol Ruud Gullit dan Van Basten.

Baca Juga: 4 Pemain Belanda dan Inggris yang Bersaing di Papan Top Skor Euro 2024

3. Belanda kembali menembus semifinal di Euro 1992

5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal EuroBelanda mampu menembus semifinal Euro 1992. (uefa.com)

Berstatus sebagai juara bertahan, Belanda menjadi unggulan di Euro 1992. De Oranje tak terkalahkan dan lolos sebagai juara grup. Mereka mengumpulkan 7 poin hasil dari 2 kemenangan dan 1 imbang untuk mentas di semifinal.

Sayangnya, Belanda gagal menang dan harus mengakui keunggulan Denmark. Bermain imbang 2-2 pada waktu normal, De Oranje kalah dengan skor 4-5 via adu penalti dari Tim Dinamit. Kekalahan ini membuat mereka gagal mempertahankan trofi Euro. 

4. Status tuan rumah hanya mampu membuat Belanda sampai semifinal di Euro 2000

5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal EuroBelanda mampu menembus semifinal Euro 2000. (uefa.com)

Belanda kembali menembus semifinal setelah pada Euro 1996 hanya sampai perempat final. Pada Euro 2000, mereka bertindak sebagai tuan rumah. Berstatus unggulan, De Oranje tanpa hambatan dengan menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan.

Pada perempat final, Belanda menghajar Yugoslavia dengan skor 6-1. Perjalanan mereka di Euro 2000 harus terhenti usai kalah dari Italia pada semifinal. Bermain tanpa gol pada waktu normal, Belanda kalah 1-3 dari Italia dalam adu penalti.

5. Belanda juga gagal melaju ke final usai takluk dari Portugal pada semifinal Euro 2004

5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal EuroBelanda mampu menembus semifinal Euro 2004. (uefa.com)

Pada Euro 2004, Belanda tampil kurang gereget jika dibandingkan edisi sebelumnya. Sebab, mereka melaju ke fase gugur sebagai runner-up grup dengan hanya memperoleh 4 poin. De Oranje mencatatkan 1 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kekalahan. 

Pada perempat final, Belanda susah payah mengalahkan Swedia. Bermain imbang tanpa gol pada waktu normal, mereka lolos ke semifinal dengan kemenangan 5-4 via adu penalti. Tuan rumah Portugal menjadi mimpi buruk Belanda. De Oranje tersingkri usai kalah dengan skor 1-2.

Sejauh ini, penampilan Belanda di Euro 2024 terlihat menjanjikan. Meski pada awal turnamen berstatus bukan unggulan, Virgil van Dijk dkk mampu membuktikan mereka bisa melaju jauh. Kini, Inggris bakal menjadi lawan tangguh yang harus ditaklukkan untk mentas di partai final. Mampukah De Oranje mewujudkan hal tersebut?

Baca Juga: 3 Pemain Spanyol Ukir Rekor Usai Bekuk Prancis di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya