6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024

Dani Olmo bawa Spanyol juara! #EURO2024

Intinya Sih...

  • Spanyol juara Euro 2024 dengan empat trofi, mengalahkan Jerman.
  • Dani Olmo menjadi otak kreativitas dan top skor dengan tiga gol dan dua assist.
  • Harry Kane dari Inggris mencetak tiga gol, Gakpo dari Belanda juga mencetak tiga gol.

Spanyol telah mengukuhkan diri sebagai rajanya Eropa setelah memenangkan Euro 2024. La Furia Roja menjadi negara tersukses dengan mengoleksi empat trofi juara. Mereka mengungguli Jerman yang sebelumnya sama-sama mempunyai tiga gelar juara. 

Selain gelar juara kolektif berupa juara Euro 2024, penghargaan top skor alias pencetak gol terbanyak juga menjadi rebutan. Menariknya, edisi kali ini bukan hanya satu nama yang mendapatkannya. Ada enam pemain yang terpilih setelah mempunyai jumlah gol yang sama, yakni tiga. Siapa saja mereka?

1. Dani Olmo sukses membantu Spanyol menjuarai Euro 2024

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Dani Olmo (uefa.com)

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2024 tidak terlepas dari peran Dani Olmo. Meski mulanya hanya sebagai pelapis, ia tampil gemilang ketika dipercaya turun menggantikan Pedri yang cedera. Ia mampu menjadi otak kreativitas dari permainan La Furia Roja. 

Gelontoran tiga gol yang diciptakan Olmo ini berasal dari laga yang berbeda-beda. Ia mencetak gol saat melawan Georgia, Jerman, dan Prancis. Torehan golnya itu juga dilengkapi dengan dua assist. Ini membuatnya menjadi pemain dengan keterlibatan gol terbanyak di Euro 2024.

2. Harry Kane tetap tajam meski gagal membawa Inggris juara

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Harry Kane (uefa.com)

Euro 2024 mungkin bukan performa terbaik yang ditunjukkan Harry Kane bersama Inggris. Namun, ia tetap berkontribusi terhadap keberhasilan The Three Lions melaju hingga ke final. Dalam perjalananannya, pemain Bayern Munich ini mencetak 3 gol dari 7 kali bertanding. 

Gol pertama Kane tercipta pada laga kedua fase grup saat bermain imbang 1-1 lawan Denmark. Disusul gol kemenangan saat extra time menghadapi Slovakia pada babak 16 besar. Striker 30 tahun ini kemudian mencetak gol ketiganya saat menghadapi Belanda pada semifinal.

3. Cody Gakpo menjadi pemain paling menonjol Belanda di Euro 2024

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Cody Gakpo (uefa.com)

Kiprah Belanda di Euro 2024 terhenti di semifinal usai kalah dari Inggris. Namun, salah satu pemain yang tampil apik di sepanjang turnamen adalah Cody Gakpo. Winger Liverpool ini merupakan tumpuan lini serangan De Oranje dengan gelontoran tiga gol. 

Gakpo mencetak gol pembuka Belanda saat melawan Polandia pada laga perdana fase grup. Ia kemudian menciptakan gol lagi ketika menghadapi Austria pada laga ketiga. Satu gol lain dibuat saat bertemu Rumania pada babak 16 besar. Ia juga menghasilkan satu assist pada laga ini.

Baca Juga: 4 Pemain Real Sociedad yang Bermain di Final Euro 2024

4. Jamal Musiala tampil apik sebagai pemain muda bersama Jerman

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Jamal Musiala (uefa.com)

Jamal Musiala menjadi sorotan kala Euro 2024 baru bergulir. Ia tampil menggebrak bersama Jerman yang merupakan tuan rumah. Gol pertamanya tercipta pada laga pembuka fase grup saat membantu tim mengalahkan Skotlandia dengan skor 5-1.

Pada laga kedua fase grup, Musiala kembali mencetak gol. Kali ini, gol tersebut tercipta ke gawang Hungaria. Pada babak 16 besar, ia mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 atas Denmark. Sayangnya, kiprahnya terhenti usai Jerman disingkirkan Spanyol pada perempat final.

5. Ivan Schranz mampu membawa Slovakia sampai babak 16 besar

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Ivan Schranz (uefa.com)

Ivan Schranz berperan penting dalam kompetitifnya Slovakia di Euro 2024. Sosok tajamnya di lini serangan membantu tim berjuluk Slovenskí sokoli ini mentas hingga ke babak 16 besar.  Pemain Slavia Praha ini mampu menciptakan tiga gol.

Pada laga perdana fase grup, gol tunggalnya ke gawang Belgia membantu Slovakia menang 1-0. Schranz kemudian mencetak gol lagi ketika melawan Ukraina pada laga kedua. Satu gol lain tercipta pada babak 16 besar. Sayangnya, mereka harus tersingkir dari Inggris usai kalah 1-2.

6. Georges Mikautadze tampil mengejutkan bersama Georgia di Euro 2024

6 Pemain yang Raih Gelar Top Skor Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze menjadi sosok kejutan di Euro 2024. Ia menjadi ujung tombak serangan Georgia yang berstatus sebagai tim debutan. Di luar dugaan, pemain berusia 23 tahun ini mampu membawa The Crusader melaju hingga babak 16 besar. 

Striker FC Metz ini mencetak tiga gol yang diciptakan pada fase grup. Mikautadze masing-masing membuat satu gol saat melawan Turki, Republik Ceko, dan Portugal. Namun, ia tak mampu meneruskan ketajamannya saat Georgia kalah 1-4 dari Spanyol pada babak 16 besar. 

Banyaknya peraih gelar top skor tersebut disebabkan pihak Euro 2024 hanya berpatok pada jumlah gol. Biasanya, statistik lain dilibatkan untuk menentukan pemenang, seperti jumlah assist, jumlah menit bermain, hingga kedisiplinan. Namun, hal ini ditiadakan sehingga enam pemain di atas berhak menyabet gelar sebagai pencetak gol terbanyak dengan jumlah tiga gol. 

Baca Juga: 5 Remaja dengan Menit Bermain Terbanyak di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya