4 Pemain yang Pensiun dari Timnas Jerman pada Musim Panas 2024

Neuer akhiri karier setelah 15 tahun

Manuel Neuer memutuskan pensiun dari sepak bola internasional bersama Timnas Jerman. Kiper berusia 38 tahun ini mengumumkan hal tersebut melalui media sosial pribadinya pada 21 Agustus 2024. Keputusan ini mengakhiri kariernya bersama Die Mannschaft selama 15 tahun.

Keputusan tersebut membuatnya menjadi pemain keempat yang pensiun dari Timnas Jerman selepas Euro 2024. Sebelumnya, tiga rekannya telah lebih dahulu pensiun. Siapa saja mereka? Termasuk Neuer, berikut empat pemain yang pensiun dari Timnas Jerman pada musim panas 2024.

1. Toni Kroos pensiun dari Timnas Jerman sekaligus sebagai pesepak bola profesional

4 Pemain yang Pensiun dari Timnas Jerman pada Musim Panas 2024Toni Kroos (instagram.com/toni.kr8s)

Toni Kroos mengakhiri karier apiknya bersama Timnas Jerman selepas Euro 2024. Tak hanya di level internasional, gelandang berusia 34 tahun ini juga gantung sepatu dari sepak bola profesional. Real Madrid menjadi klub terakhir yang dibelanya sebelum pensiun. 

Pemain kelahiran Greifswald ini sejatinya sudah pensiun dari Timnas Jerman pada 2021 lalu. Namun, Kroos dipanggil lagi jelang Euro 2024 demi menambah kualitas skuad. Sayangnya, dia gagal membantu Timnas Jerman meraih juara. 

Selama memperkuat Timnas Jerman, Kroos mencatatkan 114 caps. Dia mampu mengemas 17 gol dan 21 assist. Dia juga merupakan sosok kunci keberhasilan Die Mannschaft menjuarai Piala Dunia 2014. Dalam turnamen yang dihelat di Brasil tersebut, dia memainkan seluruh laga dari fase grup hingga final dengan kontribusi 2 gol dan 4 assist. 

2. Thomas Mueller juga pensiun dari Timnas Jerman setelah 14 tahun mengabdi

4 Pemain yang Pensiun dari Timnas Jerman pada Musim Panas 2024Thomas Mueller (instagram.com/esmuellert)

Tak berselang lama, Thomas Mueller juga memutuskan pensiun membela Timnas Jerman. Dia mengumumkan hal tersebut melalui media sosial pribadinya pada 15 Juli 2024. Pemain Bayern Munich ini mengakhiri kariernya bersama Die Mannschaft setelah 14 tahun. 

Sejak debutnya pada 2010, Mueller menjelma menjadi pemain penting Timnas Jerman. Salah satu perkenalan dirinya ke pentas internasional saat Piala Dunia 2010. Saat itu, dia mampu menyabet Best Young Player of the Tournament. Kualitasnya ini kemudian disempurnakan dengan membawa Die Mannschaft menjuarai Piala Dunia 2014.

Selama membela Timnas Jerman, Mueller berhasil mengoleksi 131 caps. Sebagai pemain serbabisa, dia juga mampu produktif dengan kontribusi 45 gol dan 41 assist. Hal tersebut menunjukkan peran pentingnya dalam membantu kreativitas permainan tim. 

Baca Juga: 5 Kiper yang Bisa Menggantikan Manuel Neuer di Timnas Jerman

3. Ilkay Guendogan pensiun membela Timnas Jerman akibat faktor kelelahan

4 Pemain yang Pensiun dari Timnas Jerman pada Musim Panas 2024Ilkay Guendogan (instagram.com/dfb_team)

Ilkay Guendogan secara mengejutkan memutuskan tidak lagi membela Timnas Jerman pada 19 Agustus 2024. Dalam unggahan di media sosialnya, dia mengaku keputusan untuk pensiun sulit. Namun, jalan tersebut diambil sebab kondisinya yang merasa lelah. 

Pemain berusia 33 tahun ini beralasan bahwa jadwal padat menjadi pemicunya. Guendogan merasa, bermain di klub dan negara membuatnya kelelahan. Meski terbilang belum tua, hal tersebut membuatnya berpikir keras sehingga memilih pensiun dari Timnas Jerman.

Statusnya sebagai kapten Timnas Jerman pun tidak membuatnya bertahan lebih lama. Guendogan mengakhiri kariernya di pentas internasional yang sudah dijalani selama 13 tahun. Sejak melakoni debut pada 2011, dia merupakan sosok yang konsisten dalam permainan tim. Dia mencatatkan total 82 caps dengan koleksi 19 gol dan 9 assist. 

4. Manuel Neuer menjadi pemain teranyar yang pensiun dari Timnas Jerman

4 Pemain yang Pensiun dari Timnas Jerman pada Musim Panas 2024Manuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Manuel Neuer menjadi pemain teanyar yang mengumumkan pensiun membela Timnas Jerman. Dia mengabarkan keputusan tersebut melalui unggahan di media sosial pribadinya pada 21 Agustus 2024. Dia mengakhiri kariernya sebagai kiper utama yang sudah dijalani 15 tahun. 

Secara kondisi fisik, Neuer sejatinya masih ingin berlaga di Piala Dunia 2026 mendatang. Keputusan yang diambilnya ini sulit. Namun, dia mengungkapkan, setelah diskusi panjang dengan orang-orang terdekatnya, pensiun saat ini adalah yang paling tepat. 

Kiper berusia 38 tahun ini pernah menjabat kapten Timnas Jerman selama 7 tahun. Neuer merupakan bagian penting keberhasilan Die Mannschaft menjuarai Piala Dunia 2014. Secara keseluruhan, dia telah mengoleksi 124 caps. Dia mampu mencatatkan 51 clean sheets dengan jumlah kemasukan sebanyak 118 gol. 

Keempat pemain di atas merupakan sosok senior di skuad Timnas Jerman. Keputusan untuk pensiun tentu sangat disayangkan. Terlebih lagi, mereka mengambil keputusan tersebut dalam waktu yang berdekatan. Namun, hal ini juga penting untuk melakukan regenerasi skuad agar kembali berprestasi di pentas internasional.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama Jerman, Neuer Teratas

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya