5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester United

Manuel Ugarte jadi yang teranyar!

Manchester United mendapatkan amunisi baru di pengujung bursa transfer musim panas 2024. Manuel Ugarte akhirnya direkrut dari Paris Saint-Germain. Biaya senilai 50 juta euro atau Rp853 miliar menjadi kesepakatan transfer kedua klub. Kontrak berdurasi 5 tahun akan membuatnya berada di Old Trafford hingga 2029 mendatang.

Sepanjang sejarah, Manchester United pernah diperkuat pemain dari Uruguay. Beberapa di antaranya mampu menjadi andalan. Ugarte menjadi pemain teranyar yang bergabung. Termasuk sang pemain, berikut lima pemain Uruguay yang pernah membela Manchester United.

1. Diego Forlan diandalkan di lini serangan Manchester United

5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester UnitedDiego Forlan (x.com/premierleague)

Diego Forlan merupakan pemain Uruguay pertama yang membela Manchester United. Ia menghabiskan waktu di Old Trafford selama 2,5 tahun pada 2002–2004. Saat itu, ia direkrut dari klub Argentina, Independiente, dengan harga cukup mahal senilai 11 juta euro Rp187 miliar.

Saat itu, Forlan datang sebagai pemain muda potensial. Ia diandalkan dalam 98 laga dengan mengemas 17 gol dan 9 assist. Meski kontribusinya terbilang minim, ia berhasil membantu Manchester United menjuarai English Premier League, Piala FA, dan Community Shield.

2. Guillermo Varela kalah bersaing di lini pertahanan Manchester United

5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester UnitedGuillermo Varela (x.com/ManUtd)

Guillermo Varela datang ke Manchester United sebagai pemain muda potensial pada musim panas 2013. Ia direkrut langsung dari klub Uruguay, Penarol. Namun, ia tak langsung bergabung dengan tim utama. Ia terlebih dahulu bermain untuk akademi dengan memperkuat tim U-21. 

Setelah 2 tahun berada di akademi, Varela dipromosikan pada 2015/2016. Sayangnya, ia hanya menjadi pelapis dan kalah bersaing dengan nama-nama berpengalaman. Total, ia bermain sebanyak sebelas kali. Semusim kemudian, ia dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt. Pada musim panas 2017, ia memutuskan untuk kembali ke Uruguay membela Penarol.

Baca Juga: Mohamed Salah Masih Jadi Mimpi Buruk Manchester United

3. Facundo Pellistri lebih sering dipinjamkan ke klub lain

5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester UnitedFacundo Pellistri (instagram.com/facupellistri)

Manchester United kembali merekrut pemain dari Penarol pada musim panas 2020. Kali ini, Facundo Pellistri didatangkan berkat talentanya sebagai pemain muda. Sayangnya, kariernya di Old Trafford tidak berjalan mulus dikarenakan lebih sering dipinjamkan.

Selama 4 tahun diikat kontrak Manchester United, Pellistri dua kali dipinjamkan ke Deportivo Alaves dan Granada. Tercatat, ia hanya diberi bermain sebanyak 25 kali di Manchester United. Pada musim panas 2024, ia memutuskan untuk pindah ke klub Yunani, Panathinaikos.

4. Edinson Cavani menjadi striker andalan meski membela Manchester United singkat

5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester UnitedEdinson Cavani (manutd.com)

Edinson Cavani pernah membela Manchester United pada 2020–2022. Ia datang ke Old Trafford secara bebas transfer usai habis kontrak bersama Paris Saint-Germain. Pengalaman matangnya mampu membuatnya menjadi striker andalan. 

Selama 2 tahun, Cavani mampu mencatatkan 58 pertandingan di berbagai ajang. Dari jumlah penampilan tersebut, ia membuat 19 gol dan 6 assist. Meski tak terlalu produktif, jumlah tersebut terbilang apik sebagai sosok pemain veteran. 

5. Manuel Ugarte menjadi pemain Uruguay teranyar yang bergabung dengan Manchester United

5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester UnitedManuel Ugarte (instagram.com/ugartemanu)

Kedatangan Manuel Ugarte menambah kedalaman skuad Manchester United. Sosoknya sebagai gelandang potensial dapat dimaksimalkan dengan keberadaan Erik ten Hag. Sang pelatih dikenal bisa membuat para pemain muda mengeluarkan kemampuan terbaiknya. 

Pada 2023/2024 lalu, Ugarte membela Paris Saint-Germain. Meski hanya berada di ibu kota Prancis selama semusim, ia sejatinya mampu diandalkan dengan mencatatkan sebanyak 37 laga. Ia ikut membantu tim menjuarai Ligue 1, Coupe de France, dan Trophee des Champions.

Talenta dan kualitas yang dibawa Ugarte membuatnya berpotensi langsung menjadi andalan. Maklum saja, Manchester United memang membutuhkan sosok gelandang bertahan anyar. Kehadirannya akan meningkatkan kualitas permainan tim. Menarik ditunggu kiprahnya.

Baca Juga: Profil Manuel Ugarte, Gelandang Baru MU Asal Uruguay

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya