5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

Semuanya sudah punya klub baru

Intinya Sih...

undefined

Tottenham Hotspur melepas sejumlah pemainnya pada musim panas 2024. Beberapa di antaranya dijual, tetapi ada juga yang dilepas setelah kontraknya habis. Ini merupakan salah satu langkah perombakan skuad untuk mempersiapkan musim baru 2024/2025. 

Sebanyak lima pemain kontraknya habis dan dilepas oleh Tottenham. Siapa saja mereka? Berikut informasinya.

1. Eric Dier meneruskan kariernya bersama Bayern Munich

5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Eric Dier (fcbayern.com)

Eric Dier resmi dilepas ke Bayern Munich secara bebas transfer pada musim panas 2024. Namun, Tottenham Hotspur masih mendapatkan untung dengan kepergiannya. Sebab, ia sebelumnya menjalani masa peminjaman pada paruh kedua musim 2023/2024. 

Pada Januari 2024 lalu, Bayern Munich membayar biaya peminjaman senilai 3,5 juta euro atau Rp61 miliar. Dier pun dipermanenkan berkat performa apiknya dengan kontrak setahun hingga 2025. Kepindahannya tersebut sekaligus mengakhiri masa abdinya selama 9,5 tahun bersama Tottenham. Total, ia memainkan 365 laga dengan kontribusi 13 gol dan 12 assist. 

Baca Juga: Mengenal Archie Gray, Bintang Muda Baru Tottenham Hotspur

2. Ivan Perisic pulang ke Kroasia dan membela klub masa kecilnya, Hajduk Split

5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Ivan Perisic (hajduk.hr)

Serupa dengan Eric Dier, Ivan Perisic juga lebih dulu dipinjamkan sebelum dilepas gratis pada musim panas 2024. Awalnya, cedera ligamen membuatnya absen membela Tottenham selama 5 bulan. Ia kemudian dipinjamkan ke Hajduk Split pada paruh kedua musim 2023/2024. 

Setelah itu, Perisic yang habis kontrak di Tottenham melanjutkan di Hajduk dengan kontrak hingga 2025. Sang pemain menghabiskan waktu di London Utara hanya 1,5 musim. Meski singkat, ia diandalkan dalam 50 laga dengan sumbangsih 1 gol dan 14 assist. 

3. Ryan Sessegnon kembali bergabung dengan Fulham

5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Ryan Sessegnon (fulhamfc.com)

Tottenham melepas Ryan Sessegnon setelah 4 tahun berada di London Utara. Bergabung pada 2019, ia cukup kesulitan pada musim debutnya. Ia sempat dipinjamkan ke TSG Hoffenheim setahun setelahnya. Total, ia memainkan 57 laga dengan kontribusi 3 gol dan 4 assist. 

Setelah kontraknya tak diperpanjang, Sessegnon direkrut kembali oleh Fulham pada musim panas 2024. Ia merupakan jebolan akademi Fulham dan bermain untuk tim utama sebelum pindah ke Tottenham. Pada periode keduanya ini, ia dikontrak 2 tahun hingga 2026 mendatang. 

4. Japhet Tangaga berpindah ke Milwall City

5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Japhet Tangaga (millwallfc.co.uk)

Japhet Tangaga meninggalkan Tottenham setelah kesulitan bersaing. Meski didikan asli akademi klub, perannya di dalam skuad hanya sebagai pelapis. Sejak promosi pada 2020, ia hanya bermain 50 kali. Musim 2023/2024 lalu, ia dipinjamkan ke Watford dan Millwall City.  

Kiprahnya di Millwall pada paruh kedua musim membuatnya dipermanenkan. Tangaga menjadi bek tengah andalan dengan memainkan 18 pertandingan. Meski dilepas Tottenham pada musim panas 2024, ia langsung dikontrak lagi oleh Millwall berkat performa apiknya tersebut.

5. Tanguy Ndombele kembali ke Prancis memperkuat OGC Nice

5 Pemain Tottenham Hotspur yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Tanguy Ndombele (ogcnice.com)

Tanguy Ndombele kembali pulang ke Prancis usai kontraknya habis pada musim panas 2024. Ia bergabung dengan Tottenham pada 2019 lalu. Namun, performanya hanya konsisten pada 2 musim awalnya. Tercatat, ia memainkan 91 pertandingan di berbagai kompetisi. 

Dalam 3 musim terakhir, Ndombele selalu dipinjamkan. Awalnya, ia dilepas ke Lyon. Kemudian, ia berlabuh ke Napoli dan mampu membawa tim juara Serie A Italia 2022/2023. Hal tersebut juga diulangi saat membantu Galatasaray menjuarai Super Lig Turki 2023/2024.

Meski tampil apik selama dipinjamkan, Tottenham memilih untuk tak memperpanjang kontraknya pada musim panas 2024. Ndombele lalu kembali ke Prancis setelah menerima tawaran bermain bersama OGC Nice. Ia dikontrak selama 2 tahun hingga 2026 mendatang. 

Kelima pemain di atas telah mendapatkan klub baru meski dilepas Tottenham pada musim panas 2024. Klub sejatinnya tidak banyak untung dari segi biaya dengan melepas mereka usai habis kontrak. Namun, perginya para pemain tersebut berdampak positif dari segi skuad sebab membuka ruang bagi para pemain baru tim untuk menunjukkan kualitasnya. 

Baca Juga: Profil Yang Min Hyeok, Calon Penerus Son Heung Min di Tottenham

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya