5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024

Ada Lamine Yamal

Barcelona merupakan salah satu klub yang dihuni banyak pemain muda. Pelatih Xavi Hernandez memercayai talenta muda sebagai bagian dari skuad. Hal tersebut juga ditambah dengan banyaknya para pemain berpengalaman yang membuat klub bisa bermain kompetitif.

Pada 2023/2024, sederet talenta muda menjadi andalan di skuad utama. Ada lima pemain muda yang menghuni skuad Barcelona. Siapa saja?

1. Lamine Yamal menjadi sensasi dengan menembus skuad utama saat masih 16 tahun

5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024Lamine Yamal (fcbarcelona.com)

Lamine Yamal merupakan andalan baru Barcelona pada 2023/2024. Usianya saat ini masih 16 tahun, tetapi kualitasnya terlihat menonjol jika dibandingkan dengan sebayanya. Pemain asal Spanyol ini mencuri perhatian dunia berkat kualitas permainannya yang istimewa.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini sudah menembus skuad utama pada 2022/2023 lalu. Debutnya terjadi pada 29 April 2023 lalu pada saat Barcelona melawan Real Betis di ajang LaLiga Spanyol. Saat itu, usianya masih 15 tahun dan membuatnya mencatatkan rekor sebagai debutan termuda dalam sejarah klub.

2. Gavi menjadi andalan di lini tengah meski baru berusia 19 tahun

5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024Gavi (twitter.com/FCBarcelona)

Gavi sudah menyegel satu tempat utama di dalam skuad Barcelona. Kompetisi musim 2023/2024 merupakan tahun ketiganya berseragam Blaugrana. Ia telah melakoni debutnya saat masa kepelatihan Ronald Koeman pada 27 Agustus 2021 lalu. Saat itu, usianya masih 17 tahun.

Kualitasnya sebagai pemain muda sangat menonjol dan berhasil dimanfaatkan dengan baik. Tidak butuh waktu lama bagi Gavi untuk menunjukkan talenta spesialnya tersebut bersama Barcelona. Pemain bertinggi 173 cm ini merupakan gelandang andalan pelatih Xavi Hernandez. Ia sudah terlibat dalam 105 pertandingan di berbagai ajang. Ia turut berkontribusi dengan menyumbang 7 gol dan menghasilkan 12 assist.

Baca Juga: Gavi, Pemain Termuda dengan 100 Penampilan buat Barcelona

3. Alejandro Balde saat ini berusia 19 tahun dan mengisi posisi utama sebagai bek kiri

5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024Alejandro Balde (instagram.com/alejandrobalde)

Alejandro Balde merupakan produk akademi La Masia Barcelona. Ia sudah menimba ilmu sejak berusia 8 tahun. Penampilannya di akademi terlihat menonjol yang membuatnya naik jenjang dengan cepat. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini debut pada 14 September 2021 saat usianya 17 tahun. 

Pada mulanya, Balde diplot sebagai pelapis Jordi Alba. Namun, ia mampu belajar dengan cepat sehingga dapat beradaptasi dan bermain dengan baik ketika dipercaya turun. Kini, di usianya yang masih 19 tahun, ia sudah melakoni 60 pertandingan di lintas kompetisi. Ia mampu menyumbang 1 gol dan menciptakan 6 assist.

4. Fermin Lopez baru dipromosikan saat berusia 20 tahun

5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024Fermin Lopez (fcbarcelona.com)

Fermin Lopez menjadi nama muda baru yang menghuni skuad Barcelona. Pada 2022/2023 lalu, ia menjalani masa peminjaman di klub kasta ketiga liga Spanyol, Linares Deportivo. Ia menjadi andalan di lini tengah tim lewat keterlibatan dalam 40 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia bermain dengan cukup produktif dengan berhasil menyumbang 12 gol dan 4 assist.

Pemain berusia 20 tahun ini merupakan sosok gelandang serbabisa. Posisi utamanya adalah gelandang tengah, tetapi ia berperan sebagai gelandang serang dan juga winger. Berkat performanya selama masa peminjaman, ia diikutsertakan dalam tur pramusim Barcelona. Pelatih Xavi Hernandez kepincut dengan kualitasnya dan mendaftarkannya sebagai bagian dari skuad utama 2023/2024.

5. Pedri memasuki usia 20 tahun dan menjadi sosok vital di lini tengah

5 Pemain Termuda yang Memperkuat Barcelona pada 2023/2024Pedri (instagram.com/pedri)

Sebelum bersinarnya Gavi, Barcelona sudah menemukan gelandang muda berkualitas dalam diri Pedri pada 2019 lalu. Ia direkrut dari Las Palmas dan mulai bergabung bersama klub pada musim panas 2020. Sejak kedatangannya, ia merupakan sosok vital di lini tengah Blaugrana.

Musim perdananya pada 2020/2021, Pedri menunjukkan kualitasnya dengan bermain dalam 52 pertandingan di semua ajang. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari pemain Barcelona lainnya. Performa spesialnya itu membawanya meraih penghargaan Kopa Throphy dan Golden Boy pada tahun 2021.

Para pemain muda di atas merupakan andalan dalam skuad Barcelona. Kemampuan bermain di level top membuat mereka menjadi harapan masa depan tim. Performa berkualitas yang ditunjukkan para pemain ini berpotensi menghadirkan gelar juara dan deretan trofi bergengsi ke Camp Nou di masa yang akan datang.

Baca Juga: Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas Spanyol

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya