5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1

Jean-Clair Todibo teranyar!

Intinya Sih...

  • West Ham United menunjukkan geliat di bursa transfer musim panas 2024
  • Jean-Clair Todibo direkrut dari OGC Nice dengan status pinjaman untuk musim 2024/2025
  • Todibo dipinjam untuk menambal kepergian Thilo Kehrer dan memiliki potensi menjadi bek utama

West Ham United menunjukkan geliat di bursa transfer musim panas 2024. Adanya pelatih baru membuat manajemen berbenah jelang bergulirnya musim 2024/2025. Sejumlah pemain telah didatangkan untuk menambah kedalaman skuad demi bisa kompetitif. 

Salah satu pemain yang direkrut adalah Jean-Clair Todibo. Ia diboyong West Ham dari OGC Nice dengan status pinjaman untuk musim 2024/2025. Ini bukan kali pertama klub asal London ini mendatangkan pemain dari klub-klub Ligue 1 Prancis. 

Dalam beberapa musim terakhir, West Ham kerap mendatangkan pemain dari klub-klub Ligue 1. Todibo menjadi pemain terbaru yang didatangkan pada musim panas 2024. Termasuk sang pemain, berikut lima nama terakhir yang direkrut dari Ligue 1.

1. Alphonso Areola merupakan andalan di bawah mistar gawang West Ham

5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1Alphonso Areola (instagram.com/alphonsoareola)

West Ham merekrut Alphonso Areola pada musim panas 2021. Pada mulanya, ia dipinjam dari Paris Saint-Germain pada 2021/2022. Ia menunjukkan penampilan yang menjanjikan dengan membuat 18 penampilan. Ia juga mencatatkan 8 clean sheets dengan kemasukan 15 gol.

Performa tersebut membuat West Ham memermanenkannya. Areola ditebus senilai 7,75 juta pound sterling atau Rp157 miliar. Hingga saat ini, ia masih menjadi andalan di bawah mistar gawang. Kiper asal Prancis ini telah memainkan 74 pertandingan di berbagai ajang.

2. Thilo Kehrer bermain kokoh di lini pertahanan meski hanya singkat

5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1Thilo Kehrer (whufc.com)

Pada musim panas 2022, West Ham mendatangkan Thilo Kehrer dari PSG. Bek asal Jerman ini pindah dengan biaya 12 juta euro atau Rp207 miliar. Namun, kiprahnya hanya sebentar bersama klub London ini, yakni selama 1,5 musim. 

Kehrer sejatinya merupakan andalan di lini pertahanan West Ham. Ia mampu mencatatkan 50 laga dan ikut membantu tim memenangkan UEFA Europa Conference League pada 2022/2023. Namun, pada Januari 2024, AS Monaco meminjamnya hingga akhir musim 2023/2024. Setelah itu, ia dipermanenkan pada musim panas 2024. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir West Ham United dari Manchester United

3. Nayef Aguerd tampil konsisten sebagai bek tengah

5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1Nayef Aguerd (twitter.com/AguerdNayef)

Nayef Aguerd bergabung dengan West Ham United pada musim panas 2022. Ia dibeli dari Stade Rennais dengan biaya cukup mahal, yakni 35 juta euro atau Rp606 miliar. Pemain asal Maroko ini masih menjadi andalan dan kontraknya berjalan hingga 2027 mendatang. 

Sejak kedatangannya, Aguerd mampu bermain konsisten sebagai bek tengah. Ia telah dipercaya turun sebanyak 58 laga di berbagai ajang. Ia juga menyumbang 4 gol dan 1 assist. Peran kokohnya ini pun membuahkan trofi juara UEFA Europa Conference League pada 2022/2023.

4. Lucas Paqueta menjelma sebagai gelandang kreatif West Ham

5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1Lucas Paqueta (instagram.com/lucaspaqueta)

Pada musim panas 2022, West Ham juga merekrut pemain lain dari Ligue 1, yakni Lucas Paqueta. Ia ditebus mahal dari Olympique Lyon dengan biaya 51 juta pound sterling atau Rp1,03 triliun. Harga tersebut membutnya berada di urutan keempat pembelian termahal klub.

Harga tersebut bisa dibilang sepadan dengan kontribusinya di atas lapangan. Paqueta merupakan sosok gelandang kreatif. Dari 84 pertandingan, ia mampu menciptakan 13 gol dan 14 assist. Berkat kualitasnya, ia menjadi tumpuan dalam permainan West Ham.

5. Jean-Clair Todibo direkrut untuk menambah kedalaman skuad di sektor pertahanan

5 Pemain Terakhir yang Direkrut West Ham United dari Klub Ligue 1Jean-Clair Todibo (whufc.com)

Jean-Clair Todibo merupakan permain terbaru yang didatangkan West Ham United dari klub Ligue 1. Pemain berusia 24 tahun ini dipinjam dari OGC Nice selama semusim penuh untuk 2024/2025. Kedatangannya ini dibutuhkan untuk menambal kepergian Thilo Kehrer.

Kendati masih muda, Todibo mempunyai pengalaman matang. Sejak membela Nice pada 2021, ia mampu diandalkan berkat talentanya sebagai pemain bertahan. Ia telah memainkan 136 pertandingan di berbagai ajang dengan sumbangsih 2 gol dan 3 assist

Para pemain yang didatangkan sebelum Todibo mempunyai rekam jejak yang apik. Beberapa di antaranya hingga kini masih menjadi andalan. Kini, pemain asal Prancis itu mempunyai potensi untuk langsung bek utama. Andai bisa tampil mengesankan, peluangnya untuk dipermanenkan pada akhir masa peminjaman bakal terbuka lebar.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Termahal yang Dibeli Klub Ligue 1 Prancis

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya