6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1

Enzo Le Fee direkrut dari Stade Rennais

AS Roma berbenah untuk mengarungi musim 2024/2025. Ini ditunjukkan dengan aktifnya klub pada bursa transfer musim panas 2024. Salah satu pemain yang direkrut adalah Enzo Le Fee. Dia dibeli dari Stade Rennais seharga 23 juta euro atau Rp396 miliar dan dikontrak selama 5 tahun.

Bisa dibilang, AS Roma sering mendatangkan pemain dari klub-klub Ligue 1 Prancis. Dalam beberapa musim terakhir, ada sejumlah nama yang direkrut manajemen. Le Fee menjadi pemain teranyar yang merapat ke ibu kota Italia pada musim panas 2024.

Termasuk Enzo Le Fee, inilah enam pemain terakhir yang direkrut AS Roma dari Ligue 1 Prancis. 

1. Georginio Wijnaldum tidak menunjukkan performa maksimal akibat cedera

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Georginio Wijnaldum (instagram.com/gwijnaldum)

Pada musim panas 2022, AS Roma meminjam Georginio Wijnaldum dari Paris Saint-Germain. Gelandang asal Belanda ini dipinjam semusim penuh pada 2022/2023. Namun, penampilannya tidak maksimal akibat cedera yang menimpanya pada awal musim. 

Wijnaldum mengalami patah tulang kering saat menjalani sesi latihan bersama AS Roma. Ini membuatnya absen selama 6 bulan pada Agustus 2022–Februari 2023. Pada musim tersebut, dia hanya memainkan 23 laga dengan sumbangsih 2 gol dan 1 assist. Faktor cedera tersebut yang membuat AS Roma tidak memermanenkannya pada akhir masa peminjaman.

2. Zeki Celik mampu menjadi andalan di sisi kanan pertahanan

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Zeki Celik (instagram.com/zekicelik17)

Zeki Celik didatangkan AS Roma dari LOSC Lille pada musim panas 2022. Dia ditebus dengan biaya transfer senilai 7,4 juta euro atau Rp127 miliar. Pemain berusia 27 tahun ini masih terikat kontrak di ibu kota Italia hingga 2026 mendatang. 

Pemain internasional Turki ini mampu menjadi andalan di lini pertahanan AS Roma. Sejak kedatangannya, Celik bertugas untuk mengisi pos utama di sektor bek kanan. Dia telah mencatatkan 64 pertandingan di berbagai ajang. 

3. Houssem Aouar hanya semusim memperkuat AS Roma

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Houssem Aouar (twitter.com/HoussemAouar)

Pada musim panas 2023, AS Roma mendatangkan Houssem Aouar. Sang pemain bergabung secara bebas transfer usai kontraknya yang habis bersama Olympique Lyon. Dia direkrut untuk meningkatkan kualitas lini tengah permainan tim. 

Sayangnya, Aouar kesulitan bersaing dan hanya mampu memainkan 25 laga. Dia kerap masuk dari bangku cadangan pada musim 2023/2024 lalu. Ini yang membuatnya memutuskan hijrah ke Arab Saudi pada musim panas 2024. Dia dibeli Al-Ittihad senilai 12 juta euro atau Rp126 miliar. Pemain asal Prancis ini meneken kontrak berdurasi 4 tahun.

Baca Juga: 6 Pengguna Nomor 11 AS Roma sebelum Artem Dovbyk

4. Renato Sanches tampil kurang mengesankan sebagai pemain pinjaman

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Renato Sanches (x.com/OfficialASRoma)

AS Roma meminjam Renato Sanches dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Pemain asal Portugal ini direkrut sebagai pemain pinjaman selama musim 2023/2024. Namun, penampilannya sebagai gelandang jauh dari harapan. 

Sanches gagal menunjukkan performa terbaiknya dan kalah bersaing dengan nama-nama lain. Musim lalu, dia hanya mampu tampil sebanyak 12 kali. Kiprahnya yang tidak sesuai ini membuat AS Roma memutuskan untuk tidak mempermanenkannya pada musim panas 2024.

5. Leandro Paredes menjadi jenderal lapangan tengah AS Roma

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Leandro Paredes (instagram.com/leoparedes20)

Pada musim panas 2023, AS Roma kembali merekrut Leandro Paredes. Sebelumnya, dia memang memperkuat klub ibu kota Italia itu pada 2014–2017. Dia sendiri kemudian dibeli dari Paris Saint-Germain hanya dengan harga 2,5 juta euro atau Rp43 miliar. Kontraknya kini masih berjalan hingga 2025. 

Kedatangannya ke AS Roma ini memberi kestabilan di lini tengah tim. Pada 2023/2024 lalu, Paredes diandalkan di sektor gelandang bertahan. Dia memainkan 49 pertandingan di berbagai kompetisi. Dia juga tampil produktif dengan sumbangsih 5 gol dan 7 assist.

6. Enzo Le Fee direkrut AS Roma dari Stade Rennais pada musim panas 2024

6 Pemain Terakhir yang Didatangkan AS Roma dari Klub Ligue 1Enzo Le Fee (asroma.com)

Enzo Le Fee menjadi pemain teranyar yang direkrut AS Roma dari klub Ligue 1 Prancis. Dia bergabung usai ditebus dari Stade Rennais dengan biaya 23 juta euro atau Rp396 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun bakal membuatnya berada di Olimpico hingga 2029 mendatang.

Kedatangan Le Fee ke AS Roma ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lini tengah. Pada 2023/2024 lalu, dia merupakan andalan Rennais dengan catatan 35 pertandingan di berbagai ajang. Dengan usianya yang masih 24 tahun, dia diharapkan dapat membantu tim ibu kota kompetitif di berbagai ajang. Menarik dinantikan kontribusinya pada musim baru.

Baca Juga: 6 Pemain yang Didatangkan AS Roma pada Musim Panas 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya