Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie A

Beberapa di antaranya jadi andalan!

Intinya Sih...

  • Federico Chiesa dibeli Liverpool dengan harga murah, 12,5 juta pound sterling atau Rp253 miliar, untuk kontrak 4 tahun hingga 2028.
  • Liverpool pernah merekrut Mario Balotelli dari AC Milan pada musim panas 2014 namun gagal total dan dilepas pada musim panas 2015.
  • Mohamed Salah menjadi pembelian sukses dengan kontribusi 213 gol dan 90 assist dari 351 laga, membangun reputasi sebagai legenda Liverpool.

Liverpool mendatangkan Federico Chiesa dari Juventus. Pemain berpaspor Italia ini dibeli dengan harga murah senilai 12,5 juta poundsterling atau Rp253 miliar. Kontrak berdurasi 4 tahun akan membuatnya berada di Anfield hingga 2028 mendatang. 

Dalam sedekade terakhir, Liverpool terbilang jarang merekrut pemain dari klub-klub Serie A Italia. Hanya ada beberapa pemain yang bergabung. Federico Chiesa menjadi pemain terbaru yang didatangkan pada musim panas 2024. 

Sebelum Federico Chiesa, terdapat sejumlah pemain yang direkrut Liverpool dari Serie A. Lalu, seperti apa performa mereka di Inggris? Simak ulasannya berikut!

1. Philippe Coutinho menjadi sumber kreativitas permainan Liverpool

Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie APhilippe Coutinho (x.com/LFC)

Pada Januari 2013, Liverpool mendatangkan Philippe Coutinho ke Anfield. Saat itu, ia ditebus dari Inter Milan sebagai pemain muda potensial. Gelandang berkebangsaan Brasil ini mampu berkembang menjadi sosok kreatif dalam permainan tim. 

Coutinho menghabiskan waktu selama 5 tahun pada 2013–2018. Ia menjadi andalan dengan catatan 201 laga. Ia berkontribusi mencetak 54 gol dan 43 assist. Ia sejatinya punya potensi menjadi legenda bagi Liverpool. Namun, ia memilih hengkang ke Barcelona pada Januari 2018.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Kemenangan Terbanyak dalam 200 Laga EPL

2. Mario Balotelli gagal bersinar ketika membela Liverpool

Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie AMario Balotelli (liverpoolfc.com)

Liverpool pernah merekrut Mario Balotelli pada musim panas 2014. Saat itu, ia direkrut dari AC Milan untuk menggantikan posisi Luis Suarez yang hengkang ke Barcelona. Meski direkrut dari klub Italia, ia mempunyai pengalaman bermain bersama Manchester City. 

Sayangnya, Balotelli tidak bisa memenuhi ekspektasi Liverpool. Musim debutnya pada 2014/2015 bisa dibilang gagal total. Dari 28 kali berlaga, ia hanya mampu mencetak 4 gol. Performanya yang buruk ini kemudian membuatnya dilepas pada musim panas 2015. 

3. Mohamed Salah menjadi mesin gol bagi Liverpool

Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie AMohamed Salah (instagram.com/mosalah)

Mohamed Salah menjadi salah satu pembelian tersukses yang pernah dilakukan Liverpool. Pada musim panas 2017, ia direkrut dari AS Roma hanya senilai 36,7 juta pound sterling atau Rp745 miliar. Harga yang tidak terlalu mahal tersebut melebihi ekspektasi yang diberikannya. 

Kapten Timnas Mesir ini merupakan mesin gol Liverpool. Sejak kedatangannya, Salah menjadi tumpuan tim merobek jala gawang lawan. Total, ia sudah menghasilkan 213 gol dan 90 assist dari 351 laga. Ia telah menjadi legenda Liverpool berkat kontribusinya. Berkat ketajamannya ini, Liverpool mampu berprestasi saat ditangani Juergen Klopp. 

4. Alisson Becker tampil kokoh di bawah mistar gawang Liverpool

Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie AAlisson Becker (instagram.com/alissonbecker)

Liverpool memecahkan rekor pembelian kiper termahal saat mendatangkan Alisson Becker pada musim panas 2018. Pemain internasional Brasil ini direkrut dengan biaya senilai 67 juta pound sterling atau Rp1,36 triliun. Harga yang dibayarkan ini sepadan dengan penampilannya. 

Alisson menjadi andalan di bawah mistar gawang Liverpool. Hingga saat ini, ia masih dipercaya mengisi posisi kiper utama. Ia sudah bermain sebanyak 265 laga dengan catatan 116 clean sheets. Jumlah kebobolannya juga terbilang sedikit, yakni 236 gol. Kehadirannya berperan penting dalam keberhasilan tim meraih prestasi pada era kepelatihan Juergen Klopp. 

5. Arthur Melo kurang beruntung dengan cedera yang menimpanya

Performa 5 Pemain Terakhir Liverpool yang Direkrut dari Klub Serie AArthur Melo (instagram.com/arthurhmelo)

Liverpool mendatangkan Arthur Melo dari Juventus pada musim panas 2022. Bisa dibilang, perekrutan ini termasuk panik sebab dilakukan pada pengujung bursa transfer. Biaya senilai 4,5 juta euro atau Rp76 miliar dibayarkan untuk meminjamnya selama musim 2022/2023.

Sayangnya, kiprah Arthur tak sesuai dengan harapan. Direkrut untuk meningkatkan kualitas di lini tengah, ia justru harus berkutat dengan cedera. Cedera tersebut membuatnya harus menjalani operasi sehingga absen dalam waktu lama. Tercatat, ia hanya bermain sekali bersama Liverpool. Bisa dibilang, peminjamannya ini gagal total sehingga tak dipermanenkan.

Jika melihat para pemain di atas, sebagian besar nama-nama yang direkrut dari Serie A mampu berkontribusi maksimal. Beberapa di antaranya masih diandalkan hingga saat ini. Kualitas yang dibawa Federico Chiesa juga bukan medioker. Ia merupakan pemain top sekaligus andalan Timnas Italia. Kehadirannya bakal menambah kualitas serangan tim. Patut ditunggu kiprahnya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Serie A, Terbaru Federico Chiesa

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya