5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De Gea

Sebagian besar jadi andalan

Intinya Sih...

  • David De Gea direkrut Fiorentina dengan kontrak jangka pendek hingga 2025.
  • Cristian Tello, Tofol Montiel, Pol Lirola, Jose Callejon, dan Alvaro Odriozola merupakan pemain Spanyol sebelumnya yang direkrut Fiorentina.
  • Meski kebanyakan statusnya sebagai pemain pinjaman, kualitas mereka tetap apik dan diharapkan membantu Fiorentina kompetitif pada 2024/2025.

David De Gea akhirnya mendapatkan klub pada musim panas 2024. Setelah setahun mengganggur usai kontraknya habis di Manchester United, ia kembali bermain. Fiorentina merekrutnya dengan kontrak jangka pendek hingga 2025 mendatang.  Kiper berusia 33 tahun ini akan menambah kualitas Fiorentina berkat pengalamannya.

De Gea sendiri merupakan pemain asal Spanyol. Dalam beberapa musim terakhir, klub asal Florence ini kerap mendatangkan pemain dari Negeri Matador. Sebelum David De Gea, ada lima pemain Spanyol yang direkrut Fiorentina.

Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya? Simak ulasan pemain Spanyol yang direkrut Fiorentina berikut ini!

1. Cristian Tello menjadi andalan meski berstatus pemain pinjaman

5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De GeaCristian Tello (x.com/acffiorentina)

Cristian Tello membela Fiorentina dalam waktu singkat. Ia berada di sana selama 1,5 musim dengan status pemain pinjaman dari Barcelona. Mulanya, ia dipinjam pada paruh kedua musim 2015/2016. Berkat penampilan apiknya, ia diperpanjang hingga musim panas 2017.

Selama berseragam Fiorentina, Tello merupakan andalan di sisi kiri penyerangan. Ia memainkan 56 pertandingan di berbagai kompetisi. Tello mampu berkontribusi dengan mengemas 6 gol dan 11 assist. Meski tampil menjanjikan, ia tidak melanjutkan kariernya di Fiorentina setelah masa peminjaman. Ia memilih kembali ke Barcelona dan kemudian berlabuh ke Real Betis.

2. Tofol Montiel lebih sering dipinjamkan Fiorentina

5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De GeaTofol Montiel (x.com/acffiorentina)

Tofol Montiel bergabung dengan Fiorentina saat masih muda. Ia pindah setelah ditebus dari akademi RCD Mallorca pada musim panas 2018. Saat itu, usianya masih 18 tahun. Namun, ia lebih sering dipinjamkan. Bersama tim utama Fiorentina, ia sendiri hanya bermain sebanyak lima kali.

Selama 2018–2022, Montiel dipinjamkan kepada beberapa klub Eropa. Ia pernah dipinjamkan kepada Vitorial Setubal, Siena, dan CD Atlético Baleares. Kontraknya kemudian habis pada musim panas 2022. Setelah itu, ia bergabung lagi ke RCD Mallorca.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan Vincenzo Italiano di ACF Fiorentina

3. Pol Lirola hanya membela Fiorentina selama 1,5 musim

5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De GeaPol Lirola (instagram.com/pollirola)

Pada musim panas 2019, Fiorentina meminjam Pol Lirola dari Sassuolo. Selama masa peminjaman pada 2019/2020, ia cukup mengesankan. Hal itu yang membuatnya dipermanenkan dengan biaya 11 juta euro atau Rp191 miliar.

Setelah dipermanenkan, Lirola hanya membela Fiorentina pada paruh pertama musim 2020/2021. Pada Januari 2021, ia dipinjamkan kepada Olympique Marseille dan dipermanenkan pada musim panas tahun yang sama. Bisa dibilang, kiprahnya bersama Fiorentina tak begitu lama. Namun, ia mampu diandalkan dalam 57 laga di berbagai ajang.

4. Jose Callejon tampil kurang tajam meski menjadi pemain andalan

5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De GeaJose Callejon (x.com/acffiorentina)

Fiorentina mendapatkan tanda tangan Jose Callejon pada musim panas 2020. Ia bergabung secara bebas transfer setelah kontraknya habis bersama Napoli. Pemain yang berposisi sebagai winger ini sendiri bermain di Florence selama 2 musim. 

Kendati singkat, Callejon merupakan andalan dengan catatan 55 pertandingan. Sayangnya, kontribusinya minim sebagai pemain ofensif dengan hanya membuat 2 gol dan 4 assist. Ini yang membuatnya dilepas setelah habis kontrak pada musim panas 2022.

5. Alvaro Odriozola hanya semusim di Fiorentina sebagai pemain pinjaman

5 Pemain Spanyol yang Direkrut Fiorentina sebelum David De GeaAlvaro Odriozola (instagram.com/alvaroodriozola)

Alvaro Odriozola membela Fiorentina pada 2021/2022. Saat itu, ia berstatus pemain pinjaman dari Real Madrid. Penampilannya bersama La Viola mengesankan sebagai bek kanan. Ia mampu diandalkan dalam 27 laga dengan sumbangsih 1 gol dan 1 assist. 

Meski menjadi andalan, Odriozola memilih kembali ke Real Madrid usai masa peminjaman di Fiorentina. Sayangnya, kariernya tidak berjalan sesuai keinginan. Ia kalah bersaing di Real Madrid dan meninggalkan mereka pada musim panas 2023. Ia memutuskan berlabuh ke Real Sociedad.

Sebagian besar para pemain di atas mampu menjadi andalan. Meski kebanyakan berstatus sebagai pemain pinjaman, kualitas mereka tetap apik. David De Gea dengan segudang pengalamannya kemungkinan besar bakal langsung menjadi kiper utama. Sosoknya diharapkan mampu membantu Fiorentina tampil kompetitif pada 2024/2025.

Baca Juga: 3 Pemain yang Direkrut Fiorentina dari Juventus sebelum Moise Kean

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya