3 Pemain Spanyol yang Berpotensi Jadi Buruan setelah Euro 2024

Dani Olmo jadi mesin gol La Furia Roja! #EURO2024

Spanyol sukses menjuarai Euro 2024. Keberhasilan ini diperoleh usai membekuk Inggris 2-1 pada final di Olympiastadion, Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Gol-gol Spanyol dicetak Nico Williams dan Mikel Oyarzabal. Sementara, Inggris hanya mampu membalas lewat Cole Palmer. 

Gelar juara yang diraih Spanyol ini tidak terlepas dari kerja keras para pemain. Sejumlah nama tampil menonjol selama Euro 2024. Mereka menjadi bagian penting keberhasilan La Furia Roja merengkuh trofi keempat sepanjang sejarah. Berkat performanya ini, mereka mereka menjadi komoditas di bursa transfer musim panas 2024. 

Ada tiga pemain Spanyol yang berpotensi menjadi buruan sejumlah klub setelah Euro 2024. Siapa saja mereka?

1. Nico Williams diperebutkan empat klub raksasa

3 Pemain Spanyol yang Berpotensi Jadi Buruan setelah Euro 2024Nico Williams (uefa.com)

Nico Williams tampil menjadi tulang punggung kreativitas Spanyol di Euro 2024. Beroperasi sebagai winger kiri, ia kerap kali menusuk ke pertahanan lawan dengan kecepatan dan kelincahannya dalam mengolah bola. Dari 6 kali bertanding, ia mencetak 2 gol dan 1 assist. 

Pada partai final, Nico mencetak gol untuk Spanyol. Ia juga terpilih sebagai Player of the Match. Berkat penampilan impresifnya ini, ia sudah dipantau sejumlah klub di bursa transfer musim panas 2024. Pemain berusia 22 tahun ini menjadi komoditas panas. Ia merupakan andalan Athletic Bilbao yang sudah mengoleksi 20 gol dan 22 assist dari 122 pertandingan.

Ada empat klub yang dikabarkan mendekatinya, yaitu Barcelona, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Sebagai klub pemilik, Athletic Bilbao tentunya tak mau kehilangan pemain bintangnya tersebut. Terlebih lagi, kontraknya masih panjang hingga 2027 mendatang. Nilai pasarnya kini berada di angka 60 juta euro atau Rp1,05 triliun. Namun, dengan performanya di Euro 2024, harga tersebut berpotensi bakal naik sgnifikan pada musim panas 2024. 

Baca Juga: Peraih Best Player of the Tournament Euro dalam 5 Edisi Terakhir

2. Dani Olmo menjadi incaran klub-klub Inggris

3 Pemain Spanyol yang Berpotensi Jadi Buruan setelah Euro 2024Dani Olmo (uefa.com)

Dani Olmo juga muncul sebagai komoditas panas di bursa tranfer musim panas 2024. Tak cuma membawa Spanyol menjuarai Euro 2024, ia juga meraih gelar top skor berkat catatan tiga golnya. Ini dilengkapi dengan torehan 2 assist dari 6 kali bertanding. Performanya sebagai gelandang serang La Furia Roja membuatnya diincar banyak klub.

Sejumlah klub raksasa Inggris menunjukkan ketertarikan kepadanya. Olmo diperebutkan oleh Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United. Kontraknya bersama RB Leipzig masih tersisa hingga 2027 mendatang. Namun, ia mempunyai klausul rilis yang bisa ditebus seharga 60 juta euro atau Rp1,05 triliun. Nilai tersebut aktif hingga 20 Juli 2024 mendatang.

Andai klub-klub di atas tidak segera menebusnya, RB Leipzig bisa menaikkan harganya setelah tenggat tersebut. Dengan performanya di Euro 2024, bukan tidak mungkin harganya melonjak tinggi. Olmo sendiri sudah menjadi andalan lini serangan RB Leipzig sejak 2020 lalu. Ia sudah memainkan 148 pertandingan dengan kontribusi 29 gol dan 34 assist.

3. Robin Le Normand makin dekat ke Atletico Madrid

3 Pemain Spanyol yang Berpotensi Jadi Buruan setelah Euro 2024Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Robin Le Normand berpotensi meninggalkan Real Sociedad untuk bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2024. Sang pemain dikabarkan setuju untuk pindah ke ibu kota Spanyol. Namun, kesepakatan ini baru sebatas personal. Atletico Madrid masih bernegoisasi dengan Real Sociedad.

Kontrak Le Normand masih berjalan hingga 2026 mendatang. Klausul rilisnya berada di angka 50 juta euro atau Rp879 miliar. Namun, Atletico Madrid tak mau membayar dengan jumlah tersebut. Mereka hanya ingin menebus sang pemain dengan harga antara 30–40 juta euro atau Rp527-703 miliar. 

Selama 5 tahun membela Real Sociedad, Le Normand telah bermain sebanyak 221 laga di berbagai kompetisi dengan menyumbang 6 gol dan 6 assist. Pemain berusia 26 tahun ini merupakan sosok di balik kompetitifnya tim dalam beberapa musim terakhir. Peran kokohnya di lini pertahanan membantu Real Sociedad konsisten bersaing di papan atas LaLiga Spanyol. 

Ketiga pemain di atas merupakan sosok kunci kesuksesan Spanyol menjuarai Euro 2024. Penampilan impresif di sepanjang turnamen membuat mereka diincar klub-klub pada musim panas 2024. Menarik dinantikan ke mana mereka bakal berlabuh pada musim baru.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Mencetak Gol di Euro 2024, Yamal Buat Rekor

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya