4 Pemain Senior yang Dilepas PSG pada Musim Panas 2024

Kylian Mbappe ke Real Madrid!

Paris Saint-Germain (PSG) cukup aktif di bursa transfer musim panas 2024. Les Parisiens tidak terlalu banyak merekrut pemain. Namun, manajemen justru lebih banyak melepas pemainnya. Beberapa pemain tersebut merupakan sosok senior yang sudah lama berada di dalam skuad. 

Ada empat pemain senior yang dilepas PSG pada musim panas 2024. Siapa saja mereka?

1. Kylian Mbappe meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Real Madrid

4 Pemain Senior yang Dilepas PSG pada Musim Panas 2024Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Kylian Mbappe akhirnya bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2024. Ia berlabuh ke raksasa Spanyol tersebut dengan kontrak selama 5 tahun. Ini akan membuatnya berada di Santiago Bernabeu hingga 2029 mendatang. 

Kepindahan Mbappe ke Real Madrid ini sekaligus mengakhiri saga transfer yang berlangsung selama bertahun-tahun. Los Blancos mendapatkan jasa sang pemain secara gratis. Penyerang berusia 25 tahun itu memilih tidak memperpanjang kontraknya bersama PSG. Ia mengakhiri masa abdinya selama 7 tahun pada 2017–2024.

Selama berkarier di PSG, Mbappe telah membuktikan kualitasnya sebagai pemain top. Pemain internasional Prancis ini menjadi andalan dengan memainkan 308 laga di berbagai ajang. Ia sukses membukukan 256 gol dan 108 assist. Deretan prestasi pun mengikutinya, di antaranya 6 kali juara Ligue 1, 4 Coupe de France, 3 Trophee des Champions, dan 2 Coupe de la Ligue.

2. Keylor Navas tidak memperpanjang kontraknya bersama PSG

4 Pemain Senior yang Dilepas PSG pada Musim Panas 2024Keylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Keylor Navas meninggalkan PSG setelah kontraknya habis pada musim panas 2024. Ia mengakhiri kariernya di ibu kota Prancis usai 5 tahun mengabdi. Kiper berusia 37 tahun ini memutuskan pergi setelah perannya terpinggirkan. 

Pemain asal Kosta Rika ini sejatinya merupakan andalan ketika datang pada 2019. Namun, posisinya mulai tergeser saat Gianluigi Donnarumma direkrut pada 2021. Navas mulai kehilangan kepercayaan sebagai kiper utama. Faktor usia juga menjadi salah satu hal lain.

Sempat dipinjamkan ke Nottingham Forest pada paruh kedua musim 2022/2023, Navas kembali ke PSG. Selama memperkuat Les Parisiens, ia telah memainkan 114 laga di seluruh kompetisi. Ia mampu mencatatkan 52 clean sheets dan kebobolan sebanyak 94 gol.

Baca Juga: Willian Pacho, Bek Baru PSG dan Calon Legenda Kolombia

3. Layvin Kurzawa hengkang setelah 8 tahun mengabdi kepada PSG

4 Pemain Senior yang Dilepas PSG pada Musim Panas 2024Layvin Kurzawa (en.psg.fr)

Setelah 8 tahun menghabdi, Layvin Kurzawa pergi dari PSG pada musim panas 2024. Kontraknya yang habis membuatnya mengakhiri masa kerjanya di Les Parisiens. Sejak bergabung pada 2015, ia menjadi salah satu pemain yang membawa tim kompetitif. 

Kurzawa sejatinya tak selalu menjadi andalan. Namun, ia merupakan pemain yang siap dimainkan ketika dibutuhkan. Periode apiknya di PSG terjadi pada 2015–2021 dengan memainkan 152 pertandingan. Ia mampu menyumbang 14 gol dan 23 assist. 

Mulai musim 2021/2022, perannya terpinggirkan dengan hanya main sekali. Kurzawa kemudian dipinjamkan ke Fulham pada 2022/2023. Setelah kembali, ia kembali tak mendapatkan kesempatan dengan hanya bermain sekali pada 2023/2024. Faktor tersebut membuatnya memilih untuk pergi dari PSG pada musim panas 2024.

4. Kontrak Sergio Rico tidak diperpanjang PSG

4 Pemain Senior yang Dilepas PSG pada Musim Panas 2024Sergio Rico (instagram.com/sergioricogonzalez1)

Kontrak Sergio Rico tidak diperpanjang PSG pada musim panas 2024. Faktor cedera kepala yang menimpanya menjadi dasar keputusan tersebut. Insiden tersebut menimpa sang kiper ketika bermain kuda yang membuatnya koma selama 26 hari. Setelah menjalani pemulihan selama hampir setahun, pemain asal Spanyol ini gagal bertanding lagi bersama PSG. 

Belum pulihnya secara total membuat PSG mengambil keputusan tersebut. Kendati tidak diperpanjang, PSG memberikan dukungan terhadap pemulihan Rico. Selama memperkuat tim sejak 2019, ia merupakan kiper pelapis dengan catatan 24 laga. Ia mampu membuat 14 clean sheets dan kebobolan 16 gol. 

Kendati berstatus pemain senior, para pemain di atas dilepas untuk membenahi skuad PSG. Faktor tak lagi diandalkan menjadi alasan sebagian besar para pemain tersebut. Posisi yang ditinggalkan pun sudah digantikan dengan pemain yang ada dan nama baru.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao Neves

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya