3 Pemain Senior yang Dilepas Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024

Salah satunya Marco Reus

Borussia Dortmund cukup aktif di bursa transfer musim panas 2024. Sejumlah nama telah didatangkan untuk menambah kualitas skuad. Namun, beberaepa pemain juga dilepas. Ini merupakan salah satu langkah untuk berbenah demi bisa kompetitif pada 2024/2025.

Menariknya, ada sejumlah pemain senior yang juga dilepas oleh Borussia Dortmund. Meski sudah menjadi sosok berpengalaman, kepergian mereka tidak dapat dihindarkan. Para pemain ini hengkang setelah kontraknya habis. Walau sempat ditawari perpanjangan kontrak oleh manajemen, para pemain ini memutuskan tetap pergi.

Siapa saja mereka? Berikut tiga pemain senior yang dilepas Borussia Dortmund pada musim panas 2024.

1. Marco Reus meninggalkan klub setelah 12 tahun mengabdi

3 Pemain Senior yang Dilepas Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Marco Reus (instagram.com/marcinho11)

Marco Reus memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund pada musim panas 2024. Meski pihak klub telah menawarkan kontrak baru, pemain berusia 35 tahun ini tidak menerimanya. Ini sekaligus mengakhiri masa abdinya selama 12 tahun. 

Sejak didatangkan pada 2012, Reus berkembang menjadi sosok penting permainan Borussia Dortmund. Perannya sebagai gelandang kreatif membuatnya diandalkan dalam 429 laga di berbagai ajang. Dari jumlah penampilannya tersebut, dia mengemas 170 gol dan 131 assist. Dia berhasil membantu tim meraih 3 gelar juara DFL-Supercup dan 2 titel juara DFB-Pokal. 

Setelah meninggalkan Borussia Dortmund, Reus memilih melanjutkan kariernya di Amerika Serikat. Dia bergabung dengan LA Galaxy dengan kontrak berdurasi selama 2,5 tahun. Dia akan memperkuat klub asal Los Angeles tersebut hingga akhir 2026 mendatang.

2. Mats Hummels memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Borussia Dortmund

3 Pemain Senior yang Dilepas Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Mats Hummels (bvb.de)

Serupa dengan Marco Reus, Mats Hummels juga meninggalkan Borussia Dortmund usai kontraknya habis pada musim panas 2024. Sempat ditawari perpanjangan kontrak, bek asal Jerman ini memilih hengkang. Dia memutuskan untuk pergi menjajal tantangan baru. 

Hummels menjalani dua periode berbeda bersama Borussia Dortmund. Periode pertamanya terjadi pada 2008–2016. Setelah itu, dia sempat membela Bayern Munich selama 3 tahun. Dia kemudian kembali ke Borussia Dortmund pada 2019 hingga kontraknya habis pada 2024. 

Selama memperkuat Borussia Dortmund, Hummels merupakan pemain krusial di lini pertahanan. Dia turut berperan penting membawa tim mentas di final Liga Champions Eropa 2023/2024. Meski gagal juara, hal tersebut merupakan pencapaian gemilang. Secara keseluruhan, dia mencatatkan 508 penampilan dengan menyumbang 28 gol dan 23 assist. 

Sejauh ini, Hummels belum berlabuh ke klub mana pun. Namun, sejumlah klub telah menunjukkan ketertarikan untuk merekrutnya. Beberapa klub, seperti Como 1907, RCD Mallord, hingga Brighton & Hove Albion, ingin mendatangkannya pada musim panas 2024.

3. Marius Wolf bergabung ke FC Augsburg secara bebas transfer

3 Pemain Senior yang Dilepas Borussia Dortmund pada Musim Panas 2024Marius Wolf (instagram.com/mariuswolf27)

Marius Wolf meninggalkan Borussia Dortmund usai kontraknya yang habis pada musim panas 2024. Dia kemudian bergabung ke sesama klub Bundesliga Jerman, Fc Augsburg. Dia menandantangani kontrak berdurasi 4 tahun, yang berlaku hingga 2027 medatang.

Pemain berusia 29 tahun ini mulai bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2018 lalu. Meski sempat dipinjamkan beberapa kali, Wold perlahan mampu menjadi andalan, Dia menunjukkan konsistensinya sebagai bek kanan 

Selama memperkuat Borussia Dortmund, Wolf dipercaya turun dalam 121 laga. Dari jumlah penampilannya tersebut, dia mampu berkontribusi mencetak 5 gol dan menghasilkan 6 assist. Dia turut membantu tim merengkuh 2 gelar juara DFB-Pokal dan 1 trofi DFL-Supercup. 

Kepergian para pemain di atas tentu sangat disayangkan mengingat pengalaman yang dimiliki. Namun, keputusan tiga pemain tersebut untuk hengkang setelah kontraknya habis sudah bulat. Pihak klub sendiri sudah merekrut sejumlah nama untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan para pemain senior tersebut. Dengan kepergian mereka, mampukah Borussia Dortmund kompetitif pada 2024/2025? Patut dinantikan.

Baca Juga: Yan Couto Siap Ukir Sejarah Bersama Borussia Dortmund pada 2024/2025

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya