3 Pemain dengan Rekor Penampilan Terbanyak di Copa America

Tentu saja ada Lionel Messi di daftar ini

Intinya Sih...

  • Zizinho memiliki 54 caps bersama Timnas Brasil, dengan 33 di antaranya dicatatkan di ajang Copa America.
  • Zizinho mencetak 17 gol dari 33 kali tampil di Copa America, menjadikannya top skor sepanjang masa kompetisi.
  • Sergio Livingstone membuat 34 penampilan di Copa America, berhasil mencatatkan 11 clean sheets dan kebobolan sebanyak 48 gol.

Copa America 2024 bakal berlangsung tidak lama lagi. Sebagai salah satu kompetisi tertua di dunia, sederet fakta menarik pun menghiasinya. Salah satunya adalah rekor pemain dengan penampilan terbanyak. Beberapa pemain bintang berhasil mengukir pencapaian ini.

Terdapat tiga pemain yang berhasil mencatatkan penampilan terbanyak sepanjang Copa America bergulir. Konsistensi mereka ini sekaligus menunjukkan peran penting di dalam skuad. Kehadiran para pemain ini juga membantu negaranya menjuarai Copa America. 

Lantas, siapa saja para pemain tersebut? Berikut tiga nama yang mempunyai rekor penampilan terbanyak di Copa America.

1. Zizinho tampil 33 kali di Copa America bersama Brasil dan menjadi top skor sepanjang masa

3 Pemain dengan Rekor Penampilan Terbanyak di Copa AmericaZizinho (copaamerica.com)

Zizinho merupakan pemain penting Timnas Brasil di era 1940-an hingga 1950-an. Bermain sebagai gelandang, ia total mengoleksi 54 caps bersama Tim Samba. Sebanyak 33 di antaranya dicatatkan di ajang Copa America (saat itu bernama Campeonato Sudamericano).

Pemain bernama asli Thomaz Soares da Silva ini mengikuti enam kali Copa America. Ia  berpartisapasi pada 1942, 1945, 1946, 1949, 1953, dan 1957. Total, ia mencetak 17 gol dari 33 kali tampil di Copa America. Jumlah golnya ini menjadikannya sebagai top skor sepanjang masa kompetisi, sejajar dengan Norberto Mendez dari Argentina.

Dari enam kali keikutsertaannya di Copa America, Zizinho pernah mengemban ban kapten dalam dua edisi. Meski terbilang banyak berpartisipasi, ia hanya mampu membantu Timnas Brasil meraih juara sekali pada edisi 1949. Ini merupakan satu-satunya trofi internasional yang berhasil dipersembahkannya selama berkarier bersama Selecao. 

Baca Juga: 5 Pemain Serie A Italia yang Dibawa Argentina ke Copa America 2024

2. Sergio Livingstone menjadi kiper andalan Chile di Copa America dengan 34 penampilan

3 Pemain dengan Rekor Penampilan Terbanyak di Copa AmericaSergio Livingstone (copaamerica.com)

Sergio Livingstone aktif bermain di masa yang sama dengan Zizinho. Ia menjadi kiper andalan Timnas Chile era 1940-an hingga 1950-an. Ia tercatat enam kali mengkikuti Copa America, yakni pada edisi 1941, 1942, 1945, 1947, 1949, dan 1953.

Dari enam kali berpartisipasi, Livingstone total membuat 34 penampilan di Copa America. Ia berhasil mencatatkan 11 clean sheets dan kebobolan sebanyak 48 gol. Meski menjadi andalan selama bertahun-tahun, ia gagal memberi prestasi juara untuk Timnas Chile di ajang ini. 

Prestasi terbaik Livingstone bersama Timnas Chile di Copa America hanyalah menempati peringkat ketiga sebanyak dua kali. Pertama, hal itu terjadi pada edisi 1941 saat mengalahkan Peru. Sementara, momen kedua ia peroleh pada edisi 1945 usai menaklukkan Uruguay. 

3. Lionel Messi bermain 34 kali bersama Argentina dan bakal cetak rekor baru di Copa America

3 Pemain dengan Rekor Penampilan Terbanyak di Copa AmericaLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Satu nama lain yang familer di era saat ini adalah Lionel Messi. Bintang Timnas Argentina ini sudah berpartisipasi dalam enam edisi Copa America. Jumlah 34 laga yang dibuatnya ini sejajar dengan Sergio Livingstone sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Copa America.

Messi telah mengikuti turnamen ini pada 2007, 2011, 2015, 2016, 2019, dan 2021. Dari 34 penampilannya tersebut, ia bermain produktif dengan gelontoran 13 gol dan 17 assist. Prestasi terbaiknya adalah membawa Timnas Argentina menjuarai Copa America edisi 2021. 

Pada edisi Copa America 2024 ini, Messi menjalani keikutsertaannya untuk ketujuh kalinya. Ia akan menjadi pemain dengan jumlah partisipasi terbanyak dalam turnamen ini. Jika ia bermain, rekor lain juga bakal tercipta. Ia akan sah sebagai pemain dengan penampilan terbanyak, melewati catatan Livingstone bersama Chile. 

Para pemain di atas menjadi bukti konsistensi yang ditunjukkan bersama negaranya masing-masing. Sebagai hajatan besar sepak bola Amerika Selatan, Copa America menjadi pencapaian mewah tersendiri bagi mereka. Kontribusi yang diberikan membuat mereka menjadi legenda. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya