4 Pemain Real Madrid yang Juara Liga Champions dan Euro

Salah satunya Dani Carvajal! #EURO2024

Pemain yang mampu menjuarai Liga Champions Eropa dan Euro pada tahun yang sama  mempunyai prestise tersendiri. Ini menunjukkan kontribusi mereka di level klub maupun internasional dengan sama baiknya. Pada 2024, ada dua pemain yang berhasil mengawinkan trofi juara tersebut. Mereka adalah para pemain Real Madrid.

Namun, ini bukan kali pertama pemain Real Madrid melakukannya. Sebelumnya, sudah ada dua nama yang mampu mencatatkan pencapaian ini. Berikut empat pemain Real Madrid yang menangi Liga Champions dan Euro pada tahun yang sama.

1. Cristiano Ronaldo membawa Portugal menjuarai Liga Champions dan Euro pada 2016

4 Pemain Real Madrid yang Juara Liga Champions dan EuroCristiano Ronaldo (uefa.com)

Pada 2015/2016, Cristiano Ronaldo tampil sensasional bersama Real Madrid. Ia membantu Los Blancos merengkuh Liga Champions untuk yang kesebelas kalinya. Ia memainkan 12 pertandingan dengan kontribusi 16 gol dan 4 assist. Penampilan impresifnya ini mampu dilanjutkan di Euro 2016 bersama Portugal.

Ronaldo menjadi tumpuan lini serangan Portugal selama Euro 2016. Ia bermain di semua laga dengan mengemas 3 gol dan 3 assist. Meski pada final harus ditarik keluar akibat cedera, ini tidak menihilkan perannya di sepanjang turnamen. Pada akhirnya, Portugal mampu menang 1-0 atas Prancis untuk menjuarai Euro pertama sepanjang sejarah.

2. Pepe berperan krusial di lini pertahanan Real Madrid dan Portugal

4 Pemain Real Madrid yang Juara Liga Champions dan EuroPepe (x.com/EURO2024)

Tak cuma Ronaldo yang mengawinkan trofi Liga Champions dan Euro pada 2016. Pepe juga berperan krusial dalam keberhasilan Real Madrid dan Portugal. Sosoknya yang spartan sebagai bek tengah menjadi sosok penting di lini pertahanan tim.

Di Liga Champions, Pepe bermain sebanyak 9 kali dengan membantu tim mencatatkan 6 kali clean sheets. Sementara itu, ketika Euro 2016, ia memainkan enam laga bersama Portugal. Ia hanya absen sekali pada semifinal akibat masalah pada pahanya. Selain itu, ia turun sebagai starter dan bermain penuh, termasuk final yang berlangsung selama 120 menit.

Baca Juga: 4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final Euro

3. Dani Carvajal tampil konsisten sebagai bek kanan di Real Madrid dan Spanyol

4 Pemain Real Madrid yang Juara Liga Champions dan EuroDani Carvajal (uefa.com)

Dani Carvajal mengukuhkan diri sebagai salah satu pemain mentereng di Liga Champions. Bersama Real Madrid, ia telah menjuarai kompetisi ini sebanyak enam kali. Pada 2023/2024, ia bermain dalam sepuluh pertandingan. Ia bahkan mencetak gol pada partai final yang membuat tim menang 2-0 atas Borussia Dortmund. Ini menunjukkan peran pentingnya di dalam tim.

Performa apik di Real Madrid tersebut sukses diteruskan bersama Spanyol di Euro 2024. Carvajal bermain 5 kali dengan kontribusi 1 gol. Menariknya, edisi ini merupakan turnamen Euro pertamanya. Ia mampu membayar kepercayaan tersebut dengan menghadirkan trofi juara untuk La Furia Roja.

4. Nacho Fernandez menjadi bek tangguh bagi Real Madrid dan Spanyol

4 Pemain Real Madrid yang Juara Liga Champions dan EuroNacho Fernandez (uefa.com)

Nacho Fernandez menunjukkan konsistensinya sebagai bek tengah sarat pengalaman. Bersama Real Madrid, ia mampu mengantarkan tim menjuarai Liga Champions. Ia memainkan sepuluh laga dari fase grup hingga partai final. Tak cuma itu, ia juga berperan sebagai kapten tim yang mampu memberi komando dengan baik hingga berujung juara. 

Sementara di Spanyol, Euro kali ini juga partisipasi pertamanya. Nacho diturunkan sebanyak empat kali. Meski tidak selalu diandalkan, ia mampu bermain dengan baik ketika dipercaya. Ia berhasil membantu La Furia Roja menjuarai Euro 2024.

Selain empat pemain di atas, sejatinya ada Joselu yang juga juara Liga Champions bersama Real Madrid. Namun, ia sudah lepas dari sana ketika menjuarai Euro 2024 bersama Spanyol. Terlepas dari hal itu, ini menunjukkan konsistensi mereka di klub dan negaranya. Menjuarai dua turnamen prestise tersebut pada tahun yang sama menjadi pencapaian istimewa.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya