Sederet Pemain Real Madrid Ukir Rekor usai Juara Liga Champions

Berperan krusial bawa Los Blancos raih trofi ke-15

Intinya Sih...

  • Real Madrid meraih trofi ke-15 Liga Champions Eropa setelah mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 di final.
  • Toni Kroos, Luka Modric, Nacho Fernandez, dan Dani Carvajal menyamai rekor Paco Gento dengan enam medali kemenangan Liga Champions.
  • Luka Modric dan Dani Carvajal sejajar dengan Paco Gento sebagai legenda Real Madrid dalam hal penampilan di final.

Real Madrid sukses mengukuhkan diri sebagai rajanya Liga Champions Eropa usai juara pada 2023/2024. Los Blancos merengkuh trofi ke-15 usai mengalahkan Borussia Dortmund di partai final yang dihelat di Wembley, London, Inggris, Minggu (2/6/2024). Tim besutan Carlo Ancelotti menang dengan skor 2-0 via kontribusi gol dari Dani Carvajal dan Vinicius Jr.

Keberhasilan Real Madrid menjuarai Liga Champions tak hanya membuat mereka digdaya di Eropa. Sederet pencapaian apik juga mampu dibuat oleh beberapa pemain pascalaga. Mereka berperan penting dalam kesuksesan tim merengkuh trofi Si Kuping Besar.

1. Sebanyak 4 pemain masuk rekor dengan menjuarai Liga Champions keenam kalinya

Sederet Pemain Real Madrid Ukir Rekor usai Juara Liga ChampionsToni Kroos, Luca Modric, Nacho Fernandez, dan Daniel Carvajal, merayakan gelar juara Liga Champions 2023/2024. (realmadrid.com)

Ada empat pemain yang masuk daftar elite sebagai pemain dengan gelar juara terbanyak. Toni Kroos, Luka Modric, Nacho Fernandez, dan Dani Carvajal telah mengoleksi enam medali kemenangan Liga Champions. Pencapaian ini sangat prestise sekaligus menunjukkan kualitas mereka di atas lapangan sebagai pemain dengan mental juara tinggi. 

Modric, Nacho, Carvajal, memenangi semua enam medali tersebut bersama Real Madrid. Ketiganya membantu tim juara pada 2014, 2016, 2017, 2018, 2022, dan 2024. Sementara, Kroos mendapatkan juara pertamanya bersama Bayern Munich pada 2013. Sisanya, ia memenangi bersama Real Madrid sebanyak lima kali. 

Jumlah tersebut membuat mereka menyamai pencapaian dari legenda Real Madrid, Paco Gento. Mereka sejajar karena sama-sama telah memenangkan Liga Champions sebanyak enam kali. Pemain yang semasa aktif berperan sebagai winger ini mendapatkan hal prestise tersebut saat masa awal kompetisi bernama European Cup. Ia membantu Real Madrid juara lima kali secara beruntun pada 1956–1960. Sementara itu, satu juara lainnya ia catatkan pada 1966. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda Real Madrid yang Cetak Gol pada 2023/2024, Gemilang!

2. Luka Modric dan Dani Carvajal samai rekor Paco Gento

Sederet Pemain Real Madrid Ukir Rekor usai Juara Liga ChampionsDani Carvajal (x.com/realmadrid)

Selain rekor sebagai pemenang gelar juara Liga Champions terbanyak, ada rekor lain yang dibuat Luka Modric dan Dani Carvajal. Keduanya kembali sejajar dengan Paco Gento sebagai legenda Real Madrid. Rekor ini berhubungan dalam hal penampilan di partai final.

Dari enam kali bermain di partai final, Modric dan Carvajal selalu bermain. Gento merupakan pemain pertama yang melakukannya di final bersama Real Madrid pada 1956–1960 dan 1966. Hebatnya, ia turut mencetak gol saat final Liga Champions tersebut. Ia dua kali melakukannnya saat melawan Fiorentina pada 1957 dan menghadapi AC Milan pada 1958. 

Khusus Carvajal, pencapainnya tak berhenti sampai di situ. Ia mencetak gol pertama Real Madrid melalui sundulan usai menerima umpan tendangan penjuru yang dikirim Toni Kroos pada final edisi 2023/2024. Ini merupakan gol keduanya sepanjang karier di Liga Champions. Peran krusialnya tersebut juga membuatnya menjadi Man of the Match di partai ini.

3. Vinicius Jr pemain Brasil pertama yang mencetak gol di dua final berbeda Liga Champions

Sederet Pemain Real Madrid Ukir Rekor usai Juara Liga ChampionsSelebrasi Vinicius Jr usai mencetak gol di final Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Vinicius Jr. menjadi penentu kemenangan Real Madrid di partai final kontra Borussia Dortmund. Ia mencetak gol kedua untuk memastikan tim merengkuh titel juara Liga Champions 2023/2024. Ini bukanlah kali pertama ia menciptakan gol di final. Berkat hal tersebut, Vinicius menjadi pemain Brasil pertama yang mampu mencetak gol di dua final berbeda. 

Sebelumnya, Vinicius Jr. membuat gol pertamanya di final Liga Champions pada 2021/2022. Gol tersebut ia ciptakan saat melawan Liverpool pada laga yang digelar di Stade de France, Paris, Prancis. Gol yang dibuatnya itu sekaligus menjadi satu-satunya yang tercipta di final kala itu. Tak ayal ia juga berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions pada musim tersebut.

Sederet pencapaian dari para pemain di atas menunjukkan level permainan mereka. Sejumlah rekor pun tercipta sebab kualitas yang membawa Real Madrid digdaya. Berkat peran sejumlah pemain ini, Real Madrid bisa terus menunjukkan dominasinya di Liga Champions. Termasuk musim 2023/2024, Los Blancos telah memenangi enam trofi hanya dalam sedekade terakhir. 

Baca Juga: 6 Pemain Penting yang Bawa Real Madrid Juara Liga Champions 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya