5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny Yoro

Sebagian besar jadi andalan!

Manchester United mendapatkan amunisi baru di lini pertahanan jelang bergulirnya musim 2024/2025. Leny Yoro diboyong dari LOSC Lille dengan biaya 62 juta euro atau Rp1,09 triliun pada musim panas 2024. Ia dikontrak selama 5 tahun, yang berlaku hingga 2029 mendatang.

Yoro merupakan pemain yang berasal dari Prancis. Manchester United mempunyai sejarah dengan banyak mendatangkan pemain dari Negeri Mode tersebut. Ada yang berperan penting dalam kesuksesan klub, tetapi tak sedikit yang kurang berhasil. 

Berikut lima pemain Prancis terakhir yang direkrut Manchester United sebelum Leny Yoro.

1. Anthony Martial menghabiskan waktu selama 8,5 tahun di Old Trafford

5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny YoroAnthony Martial (instagram.com/martial_9)

Anthony Martial merupakan pemain yang lama membela Manchester United. Ia berada di Old Trafford pada 2015–2024. Kiprahnya bersama Setan Merah impresif sebagai striker. Total, ia memainkan 317 laga dengan kontribusi 90 gol dan 47 assist. Ia membantu tim meraih 2 Piala Liga Inggris serta masing-masing 1 gelar juara Liga Europa, Piala FA, dan Community Shield.

Periode konsistensi Martial terjadi pada 2015–2021. Ia menjadi andalan Manchester United meski kerap berganti pelatih. Setelah itu, perannya mulai terpinggirkan. Sempat dipinjamkan ke Sevilla untuk mengembalikan performanya, hal tersebut tidak membantu. Ia kemudian pergi dari Manchester United usai habis kontrak pada musim panas 2024. 

2. Morgan Schneiderlin hanya 1,5 musim berseragam Manchester United

5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny YoroMorgan Schneiderlin (x.com/premierleague)

Kiprah Morgan Schneiderlin bersama Manchester United hanya singkat selama 1,5 musim. Didatangkan ke Old Trafford pada musim panas 2015, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini hengkang pada Januari 2017. Ia menerima tawaran bermain Everton. 

Kendati tak lama, Schneiderlin diandalkan untuk mengawal lini tengah Manchester United. Ia memainkan 49 laga dengan sumbangsih 1 gol dan 1 assist. Ia ikut mempersembahkan masing-masing satu gelar juara Liga Europa, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Baca Juga: Curhat Pogba, Kehidupannya Kosong Akibat Kasus Doping

3. Paul Pogba menjadi andalan lini tengah Manchester United

5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny YoroPaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba merupakan sosok gelandang kreatif yang pernah dimiliki Manchester United. Ia menghabiskan waktu berkarier pada 2016–2022. Selama 6 tahun tersebut, ia menjadi andalan lini tengah dalam 233 laga. Ia berkontribusi menciptakan 39 gol dan 48 assist. 

Gelandang kelahiran Lagny-sur-Marne, Prancis, ini sosok krusial kesukesan Manchester United. Meski tim kerap mengalami pasang surut performa, ia bisa membawa tim kompetitif. Ia membantu tim meraih Liga Europa, Piala FA, dan Community Shield pada 2016/2017. 

4. Raphael Varane diandalkan di lini pertahanan berkat pengalamannya

5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny YoroRaphael Varane (instagram.com/raphaelvarane)

Raphael Varane menjajal tantangan baru berkarier bersama Manchester United setelah sukses di Real Madrid. Ia memperkuat tim selama 3 tahun pada 2021–2024. Kiprahnya di dalam tim ini penting membantu lini pertahanan lebih kuat berkat pengalamannya. 

Benar saja, Varane diandalkan dalam 95 pertandingan. Ia mampu berkontribusi 2 gol dan 1 assist. Kehadirannya ini membantu Manchester United buka puasa gelar setelah lama tak juara. Ia beperan penting dalam keberhasilan tim menjuarai Piala FA dan Piala Liga Inggris. 

5. Willy Kambwala kesulitan bersaing di tim utama Manchester United

5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny YoroWilly Kambwala (instagram.com/willy_kams)

Willy Kambwala merupakan pemain muda potensial yang bergabung ke akademi Manchester United pada 2020. Tampil menjanjikan di level U-18 dan U-23, ia dipromosikan ke tim utama pada Januari 2024. Ia mampu turun sebanyak sepuluh kali pada 2023/2024. 

Sayangnya, Kambwala seperti tidak mau bersabar. Ia lebih memilih hengkang dari Manchester United pada musim panas 2024. Pemain berusia 19 tahun ini bergabung dengan Villarreal. Jaminan menit bermain menjadi alsannya pergi dari Old Trafford. 

Sebagian besar nama-nama di atas mempunya rekam jejak yang apik. Ini menunjukkan kualitas para pemain dari Prancis teruji. Leny Yoro mempunyai kesempatan untuk mengikut jejak mereka. Dengan usia yang masih 18 tahun, potensinya untuk berkembang dan menjadi andalan bakal terbuka lebar bersama Manchester United. 

Baca Juga: Willy Kambwala, Bek Berbakat MU yang Sukses Meraih Mimpi ke EPL

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya