6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024

Sebagian besar jadi andalan!

LOSC Lille menunjukkan performa yang cukup konsisten pada 2023/2024. Klub berjuluk Les Dogues ini mampu bersaing di papan atas Ligue 1 Prancis. Tim besutan Paulo Fonseca saat ini berada di peringkat lima klasemen sementara.

Konsistensi yang ditunjukkan Lille ini tentu bukan suatu hal yang baru. Pasalnya, mereka sudah sering bersaing dalam beberapa musim terakhir. Salah satu faktor mereka bisa kompetitif adalah berkat adanya para pemain yang berkualitas.

Biasanya, klub-klub Ligue 1 banyak dihuni oleh para pemain dari Prancis. Namun, Lille cukup berbeda pada 2023/2024. Les Dogues tercatat hanya mempunyai enam pemain lokal yang membela klub. Siapa saja mereka?

1. Leny Yoro merupakan bek muda jebolan akademi yang tampil impresif di tim utama Lille

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Leny Yoro (instagram.com/lenyyoro)

LOSC Lille menelurkan bintang baru bernama Leny Yoro. Ia merupakan produk akademi yang berhasil promosi ke tim utama saat usianya masih 16 tahun pada 2022 lalu. Berposisi sebagai bek, kemampuannya terlihat menonjol sehingga mencuri perhatian dan dipromosikan.

Penampilannya cukup menjanjikan sebagai pemain muda. Sejak debutnya, Yoro sudah mencatatkan 39 pertandingan. Pemain bertinggi 190 cm ini menjadi sosok penting di lini belakang. Di usianya yang saat ini masih 18 tahun, ia berperan sebagai tembok kokoh di sektor pertahanan Lille.

2. Lucas Chevalier menjadi kiper andalan di bawah mistar gawang Lille

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Lucas Chevalier (instagram.com/_lc30_)

Tak cuma Leny Yoro yang merupakan jebolan akademi LOSC Lille, Lucas Chevalier juga demikian. Namun, pemain yang berposisi sebagai kiper ini lebih dahulu menghuni tim utama. Ia sudah berada di dalam skuad sejak dipromosikan pada 2020 lalu.

Chevalier merupakan pilihan kiper ketiga saat Lille menjuarai Ligue 1 pada 2020/2021 lalu. Seiring waktu, ia mampu membuktikan kualitasnya dan kini menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Les Dogues. Secara keseluruhan, ia sudah bermain sebanyak 60 kali di berbagai kompetisi. Ia mampu mencatatkan 25 clean sheets dengan kebobolan 51 gol.

3. Samuel Umtiti bergabung sebagai pemain sarat pengalaman

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Samuel Umtiti (instagram.com/samumtiti)

Samuel Umtiti merupakan pemain anyar LOSC Lille yang didatangkan pada musim panas 2023 lalu. Ia direkrut secara bebas transfer usai kontraknya habis bersama Barcelona. Kedatangannya bertujuan untuk menambah kedalaman skuad di sektor pertahanan.

Pengalaman yang dimiliki Umtiti membuatnya dibutuhkan di dalam skuad. Meski banyak mengalami cedera selama kariernya di Barcelona, kehadirannya tetap penting. Sejauh ini, pemain berusia 30 tahun ini baru bermain sebanyak 12 kali.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Lille pada 2023/2024, Ada Samuel Umtiti!

4. Bafode Diakite menjadi bek serbabisa di lini pertahanan Lille

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Bafode Diakite (instagram.com/bafode_diakite)

Bafode Diakite merupakan sosok bek serbabisa yang dimiliki LOSC Lille. Pemain berusia 23 tahun ini bergabung pada 2022 lalu dari Toulouse. Ia berkembang menjadi salah satu pemain andalan di lini pertahanan Les Dogues.

Secara keseluruhan, Diakite sudah dipercaya turun dalam 49 pertandingan di semua ajang. Ia mampu menyumbang 6 gol dan 1 assist. Beroperasi di sisi kanan pertahanan, ia juga banyak ditempatkan di berbagai posisi. Beberapa di antaranya sebagai bek tengah dan bek kiri.

5. Benjamin Andre berperan menjaga stabilitas permainan sebagai gelandang bertahan

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Benjamin Andre (twitter.com/losclive)

Benjamin Andre adalah salah satu sosok penting di balik konsistensi LOSC Lille dalam beberapa musim terakhir. Berperan sebagai gelandang bertahan, ia mampu menghadirkan konsistensi permainan di dalam tim. Ia merupakan aktor penting keberhasilan Les Dogues menjuarai Ligue 1 2020/2021.

Permainannya yang spartan mampu menjaga stabilitas permainan Lille. Sejak bergabung pada 2019 lalu, Andre sudah terlibat dalam 184 pertandingan di berbagai ajang. Tak cuma sebagai gelandang bertahan, ia beberapa kali ditempatkan sebagai gelandang tengah dan gelandang serang untuk membantu produktivitas gol tim. Ia turut menyumbang 7 gol dan 7 assist.

6. Remy Cabella bertugas sebagai kreator serangan Lille

6 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad LOSC Lille pada 2023/2024Remy Cabella (instagram.com/remycabella)

LOSC Lille mempunyai sosok kreator di dalam skuad bernama Remy Cabella. Sejak bergabung pada 2022 lalu, ia langsung menjadi andalan di pos gelandang serang. Sosoknya yang berpengalaman membuatnya bisa langsung nyetel dengan permainan tim. 

Sejauh ini, Cabella sudah diandalkan dalam 60 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berusia 33 tahun ini juga sudah menghasilkan 10 gol dan 14 assist untuk Lille. Peran pentingnya sebagai kreator serangan tersebut membantu tim tampil produktif.

Para pemain di atas mempunyai kontribusi penting di dalam permainan LOSC Lille. Hampir semuanya mampu menjadi andalan di masing-masing posisi. Sebagai pemain lokal dari Prancis, kualitas mereka tidak kalah dari para pemain lain yang berasal dari berbagai negara. Mereka mampu membuat Les Dogues tampil kompetitif di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Memperkuat LOSC Lille pada 2023/2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya