5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao Neves

Sebagian besar jadi andalan!

Intinya Sih...

  • Paris Saint-Germain (PSG) merekrut pemain muda Joao Neves dari Benfica dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,06 triliun untuk kontrak 5 tahun.
  • Danilo Pereira, Nuno Mendes, Vitinha, Renato Sanches, dan Goncalo Ramos adalah pemain Portugal andalan PSG dengan kontribusi yang signifikan.
  • Pereira berkontribusi 10 gol dan 3 assist dalam 157 laga, sementara Mendes mencatatkan 3 gol dan 11 assist dalam 83 laga. Vitinha juga berperan krusial dengan 11 gol dan 9 assist dalam 94 laga.

Paris Saint-Germain (PSG) berhasil mendapatkan pemain muda bertalenta pada musim panas 2024. Pemain tersebut adalah Joao Neves yang didatangkan dari Benfica. Gelandang berusia 19 tahun ini direkrut dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,06 triliun. Kontrak berdurasi 5 tahun akan membuatnya berada di Parc des Princes hingga 2029 mendatang. 

Dalam beberapa musim terakhir, PSG kerap mendatangkan pemain dari Portugal. Secara rekam jejak, para pemain dari negara Eropa selatan ini mempunyai kualitas yang mumpuni. Joao Neves sebagai pemain baru memiliki talenta yang membuat PSG kepincut untuk merekrutnya.

Sebelum Joao Neves, ada lima pemain Portugal yang direkrut PSG. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya? Simak berikut ini.

1. Danilo Pereira menjadi gelandang bertahan andalan

5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao NevesDanilo Pereira (instagram.com/iamdanilopereira)

Danilo Pereira bergabung dengan PSG pada musim panas 2020 lalu. Mulanya, ia menjalani masa peminjaman pada 2020/2021. Ia dipinjam dari Porto dengan biaya senilai 4 juta euro atau Rp70 miliar. Tampil impresif selama masa peminjaman, ia kemudian dipermanenkan. PSG membayar seharga 16 juta euro atau Rp280 miliar untuk mempermanenkannya.

Sejak kedatangannya, Pereira mampu menjadi andalan di sektor gelandang bertahan. Hingga kini, ia masih berada di PSG dan telah memainkan 157 laga. Ia tampil cukup produktif dengan kontribusi 10 gol dan 3 assist. Pemain berusia 32 tahun ini turut membantu PSG menjuarai 3 Ligue 1 Prancis, 3 Trophee des Champions, dan 2 Coupe de France. 

2. Nuno Mendes diandalkan di sisi kiri pertahanan

5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao NevesNuno Mendes (instagram.com/psg)

Serupa dengan Danilo Pereira, Nuno Mendes awalnya merupakan pemain pinjaman di PSG. Ia disekolahkan Sporting CP pada 2021/2022. Saat itu, ia dipinjam dengan biaya cukup besar, yakni 7 juta euro atau Rp122 miliar. Namun, harga ini sepadan dengan penampilannya di sisi kiri pertahanan.

Mendes bermain mengesankan sehingga ditebus permanen pada musim panas 2022. PSG membayar biaya 38 juta euro atau Rp666 miliar untuk memermanenkannya. Ia kini menjadi sosok tak tergantikan. Perannya sebagai bek kiri telah membuatnya mencatatkan 83 laga dengan mengemas 3 gol dan 11 assist.

Baca Juga: Nico Williams Ingin Bertahan, Barcelona dan PSG Gigit Jari

3. Vitinha tampil konsisten sebagai gelandang sentral

5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao NevesVitinha (instagram.com/vitinha)

Vitinha bergabung dengan PSG pada musim panas 2022 lalu. Ia direkrut dari Porto dengan biaya 41,5 juta euro atau Rp728 miliar. Kedatangannya pada saat itu bertujuan untuk menambah kualitas permainan di lini tengah tim. 

Benar saja, Vitinha memainkan peran krusial di dalam permainan tim. Selama 2 musim terakhir, ia menjadi gelandang andalan dengan telah memainkan 94 laga di berbagai ajang. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia mampu menyumbang 11 gol dan 9 assist.

4. Renato Sanches lebih sering dipinjamkan

5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao NevesRenato Sanches (instagram.com/renatosanches18)

Pada musim panas 2022 lalu, PSG merekrut Renato Sanches dari LOSC Lille. Ia dibeli seharga 15 juta euro atau Rp263 miliar. Saat itu, ia didatangkan berkat pengalamannya sebagai pemain muda. Ia pernah memperkua Benfica dan Bayern Munich ketika berusia muda.

Pada musim debutnya pada 2022/2023, Sanches bermain mengesenkan sebagai gelandang sentral. Ia memainkan 27 laga dengan kontribusi 2 gol. Setelah itu, ia dipinjamkan ke AS Roma pada 2023/2024. Terbaru, ia menjalani masa peminjaman di Benfica untuk 2024/2025.

5. Goncalo Ramos tampil menjanjikan pada musim debutnya

5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao NevesGoncalo Ramos (instagram.com/goncaloramos88)

Goncalo Ramos datang ke PSG pada musim panas 2023 lalu. Awalnya, ia dipinjam selama separuh musim pada 2023/2024. Setelah itu, ia dipermanenkan pada Januari 2024 dengan biaya mahal mencapai 65 juta euro atau Rp1,14 triliun. 

Harga tersebut terbilang belum sepadan pada musim debutnya. Ramos memang diandalkan dalam 40 pertandingan di berbagai ajang. Namun, sebagai striker, ia baru  kontribusi mengemas 14 gol dan 2 assist. Meski demikian, kiprahnya ini menjanjikan mengingat usianya masih 23 tahun. Ia berpotensi menjadi andalan pada musim baru mendatang.

Sebagian besar para pemain di atas merupakan andalan PSG. Joao Neves dengan talentanya sebagai pemain muda berpotensi mengikuti jejak tersebut. Kualitasnya sebagai gelandang bertahan diharapkan dapat membantu tim kompetitif di berbagai ajang. 

Baca Juga: Willian Pacho, Bek Baru PSG dan Calon Legenda Kolombia

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya