4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final Euro

Mikel Oyarzabal bawa Spanyol juara #EURO2024

Spanyol sukses keluar sebagai juara Euro 2024. Pada final yang dihelat di Olympiastadion, Senin (15/7/2024) dini hari WIB, mereka mengalahkan Inggris dengan sko 2-1. Gelontoran gol Spanyol dicetak Nico WIlliams dan Mikel Oyarzabal, sedangkan Inggris dari Cole Palmer.

Mikel Oyarzabal, pemain Real Sociedad, menjadi pahlawan kemenangan. Masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit 68, ia muncul sebagai supersub berkat golnya pada menit 86. Gol tersebut membuatnya menjadi pemain pengganti keempat yang mencetak gol kemenangan di final Euro. Sebelumnya, ada tiga pemain yang pernah melakukannya. Siapa saja mereka?

1. Brace Oliver Bierhoff membawa Jerman meraih titel juara Euro 1996

4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final EuroOliver Bierhoff (uefa.com)

Jerman dan Republik Ceko bertemu pada partai final Euro 1996. Duel yang dihelat di Wembley Stadium ini dimenangkan pasukan Die Mannschaft dengan skor 2-1. Bintang pada laga ini adalah Oliver Bierhoff yang mencetak brace untuk membawa Jerman juara. 

Bierhoff menjadi supersub pada laga ini. Ia masuk menggantikan Mehmet Scholl pada menit 69. Sebelumnya, Ceko sudah unggul 1-0 berkat gol Patrik Berger pada menit 59. Masuknya Bierhoff ini membawa angin segar. Pada menit 73, ia mencetak gol penyama kedudukan. Hasil imbang 1-1 ini bertahan hingga waktu normal.

Pada saat itu, aturan golden goal diberlakukan. Aturan ini menjelaskan bahwa pemain yang mencetak gol saat extra time maka timnya otomatis menang. Bierhoff mampu melakukan ini ketika laga baru dimulai. Pada menit 95, ia mencetak gol keduanya sekaligus membawa Jerman memenangi Euro 1996. 

2. David Trezeguet jadi pahlawan kemenangan Prancis untuk menjuarai Euro 2000

4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final EuroDavid Trezeguet (uefa.com)

Hal serupa juga dialami oleh Prancis di Euro 2000. Bertemu Italia pada final di Stadion Feijenoord 'De Kuip, mereka berhasil meraih kemenangan 2-1. David Trezeguet tampil sebagai pahlawan kemenangan Les Bleus dari bangku cadangan. 

Italia sejatinya unggul terlebih dahulu melalui gol Marco Delvecchio pada menit 55. Namun, gol dari Sylvain Claude Wiltord pada menit 90+4 memaksa laga berakhir imbang 1-1 pada waktu normal. Aturan golden goal masih berlaku untuk menetukan pemenang di Euro 2000. 

Saat itu, Trezeguet sudah masuk sejak menit 76. Ia menjadi pahlawan kemenangan Prancis usai gol pada menit 103 saat extra time. Bermula dari umpan tarik Robert Pires dari sisi kiri penyeranga, Trezeguet sukses mengonversinya menjadi gol. Lesakan kaki kirinya itu membawa Prancis menang 2-1 dan menjuarai Euro 2000.

Baca Juga: 5 Kiper yang Menahan Tendangan Penalti di Euro 2024, Heroik!

3. Gol Eder antarkan Portugal meraih trofi Euro pertama pada 2016

4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final EuroEder (x.com/EURO2024)

Momen kemenangan dramatis tersaji pada final Euro 2016. Portugal dan Prancis bertemu di Stade de France. Prancis yang bertindak sebagai tuan rumah harus gigit jari. Portugal berhasil memenangi laga dengan skor 1-0 via gol tunggal yang dicetak Eder. 

Pada laga ini, bintang sekaligus kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, ditarik keluar pada menit 25 akibat cedera. Ini membuat permainan kedua tim berjalan pragmatis. Tidak ada gol tercipta pada waktu normal sehingga harus dilanjutkan ke extra time. 

Eder tampil sebagai supersub pada final ini. Ia sudah masuk menggantikan Renato Sanches sejak menit 79. Momen kemenangan Portugal terjadi pada menit 109. Sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti berhasil merobek jala gawang Prancis. Golnya ini membawa Portugal meraih gelar juara Euro pertama sepanjang sejarah.

4. Mikel Oyarzabal jadi penentu kemenangan Spanyol untuk merengkuh gelar juara Euro 2024

4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final EuroMikel Oyarzabal (uefa.com)

Spanyol dan Inggris bertemu pada partai final Euro 2024. Bertarung di Olympiastadion, La Furia Roja tumbangkan The Three Lions dengan skor 2-1. Salah satu penentu kemenangan adalah Mikel Oyarzabal. Ia tampil sebagai supersub berkat golnya pada menit 86. 

Oyarzabal masuk menggantikan Alvaro Morata pada menit 68. Gol kemenangan ini tercipta berkat kerja samanya dengan Marc Cucurella. Umpan yang dikirim pemain Chelsea tersebut berhasil dituntaskan dengan sepakan kaki kanannya. 

Para pemain di atas membuktikan kualitasnya sebagai supersub. Meski bukan pilihan utama sebagai starter di final, masuknya mereka dari bangku cadangan menjadi pembeda. Mereka sukses mencetak gol kemenangan untuk membawa negaranya menjuarai Euro.

Baca Juga: 4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya