5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024

Jamal Musiala raih gelar top skor! #EURO2024

Intinya Sih...

  • Jamal Musiala menjadi top skor Euro 2024 dengan kontribusi 3 gol untuk Jerman, namun hanya membawa timnya sampai perempat final.
  • Kyle Walker berperan penting di lini pertahanan Inggris, membantu tim menembus final dengan penampilan konsisten di semua laga.
  • William Saliba dan Manuel Akanji terpilih sebagai bek tengah terbaik, dengan kontribusi impresif dalam membantu negaranya mencapai tahap turnamen yang tinggi.

Euro 2024 telah mengumumkan Team of the Tournament yang berisi sebelas pemain terbaik. Spanyol sebagai juara tentunya paling banyak menyumbang pemain. Ada enam nama yang masuk skuad terbaik, di antaranya Marc Cucurella, Rodri, Fabian Ruiz, Dani Olmo, Nico Williams, dan Lamine Yamal. 

Sementara itu, ada lima pemain yang bukan dari Spanyol yang masuk tim terbaik. Mereka dipilih berkat kontribusi yang ditunjukkan bersama negaranya di Euro 2024. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

1. Jamal Musiala tampil impresif bersama Jerman dengan mencetak tiga gol

5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024Jamal Musiala (uefa.com)

Jamal Musiala menjadi salah satu pemain muda yang menonjol di Euro 2024. Pemain berusia 21 tahun ini merupakan tumpuan lini serang Jerman. Ia bermain dalam 5 pertandingan dengan kontirbusi 3 gol untuk Die Mannschaft. 

Jumlah gol tersebut membuatnya meraih gelar top skor bersama Euro 2024. Sayangnya, penampilan impresifnya ini hanya mampu membawa Jerman sampai ke perempat final. Tim besutan Julian Nagelsmann ini dikalahkan Spanyol dengan skor 1-2.  

2. Kyle Walker berperan krusial membantu Inggris ke final

5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024Kyle Walker (uefa.com)

Kyle Walker berperan krusial dalam keberhasilan Inggris menembus final Euro 2024. Ia menjadi pemain tak tergantikan di lini pertahanan tim. Tugasnya sebagai bek kanan mampu dijalankan dengan baik di sepanjang turnamen. 

Pemain Manchester City ini bermain di semua laga Euro 2024. Pengalaman yang dimiliki Walker membantu Inggris kompetitif. Meski gagal meraih gelar juara, ini tidak menihilkan kontribusinya di atas lapangan sebagai sosok penting di bawah asuhan Garets Southgate. 

Baca Juga: 3 Pemain Membobol Gawang Lawan dan Gawang Sendiri di Euro 2024

3. Ketangguhan William Saliba membawa Prancis hingga ke semifinal

5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024William Saliba (x.com/EURO2024)

Peran William Saliba begitu impresif di Euro 2024. Ia menjadi bek tengah andalan Prancis selama turnamen. Pemain Arsenal ini tak tergantikan dengan membantu Les Bleus mencapai semifinal. Ia selalu bermain sebagai starter dalam enam laga yang dijalaninya. 

Dari jumlah penampilannya tersebut, Saliba membantu Prancis mencatatkan empat clean sheets. Dari segi defensif, UEFA mencatat dirinya mampu melakukan 31 balls recovered, 7 tackles, dan 25 clearances attempted. Peran kokohnya ini membuatnya terpilih sebagai bek tengah terbaik Euro 2024.

4. Manuel Akanji berperan kokoh di lini pertahanan Swiss

5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024Manuel Akanji (uefa.com)

Bek tengah lainnya yang mendampingi William Saliba adalah Manuel Akanji. Ia mampu membantu Swiss melaju hingga ke perempat final Euro 2024. Ia juga menjadi sosok tak tergantikan di lini pertahanan tim berjuluk Nati ini. 

Akanji terlibat dalam seluruh laga Swiss dengan total 480 menit bermain. Aspek defensif yang ciamik membuatnya masuk ke Team of the Tournament. Peman Manchester City ini membuat 37 balls recovered, tackles, dan 21 clearances attempted. 

5. Mike Maignan tampil apik di bawah mistar gawang Prancis

5 Pemain Non-Spanyol yang Masuk Team of the Tournament Euro 2024Mike Maignan (uefa.com)

Kiper terbaik Euro 2024 ditempati oleh Mike Maignan dari Prancis. Ia mencatatkan 4 clean sheets dari 6 kali berlaga. Catatan kebobolannya juga sedikit, yakni hanya 3 gol. Kiper AC Milan ini juga melakukan 16 kali penyelamatan dari jumlah penampilan tersebut. 

Berkat penampilan impresifnya di bawah mistar gawang tersebut, Maignan mampu membawa Prancis ke semifinal. Meski belum bisa melaju ke final, kontribusinya ini gemilang. Ini membuatnya terpilih masuk ke Team of the Tournament Euro 2024.

Para pemain di atas mempunyai peran penting masing-masing bersama negaranya. Meski tak bisa meraih juara, kontribusi mereka sepanjang turnamen dinilai menjadi yang terbaik di posisinya masing-masing. Ini sebabnya mereka terpilih masuk ke Team of the Tournament Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Pengganti yang Mencetak Gol Kemenangan di Final Euro

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya