5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024

Termasuk bintang musim lalu, Anthony Gordon

Intinya Sih...

  • Newcastle United aktif di bursa transfer musim panas 2024, harus melego pemain untuk mematuhi aturan keuangan EPL
  • Anthony Gordon digoda Liverpool dan PSG, Bruno Guimaraes diperebutkan Arsenal, Liverpool, dan Man City
  • Alexander Isak diincar Chelsea, Callum Wilson diminati klub Arab Saudi dan West Ham, Miguel Almiron berpeluang hengkang ke Liga Arab Saudi

Newcastle United bakal aktif di bursa transfer musim panas 2024. Tak hanya merekrut pemain, sejumlah nama pemain mereka juga dikabarkan dilirik sederet klub lain. Meski The Magpies menjalani musim 2023/2024 yang inkonsisten, kualitas beberapa pemain mereka masih ciamik. 

Selain itu, Newcastle juga harus melego sejumlah pemain untuk tetap berada pada batas aman profitability and sustainability rules atau regulasi tentang keuntungan dan keberlanjutan finansial di English Premier League. Ini dibutuhkan agar mereka tidak terkena hukuman yang biasanya berupa pengurangan poin pada musim berjalan. 

Siapa saja kelima pemain bintang Newcastle yang berpotensi pergi pada musim panas 2024 ini?

1. Anthony Gordon berpotensi berlabuh ke Liverpool

5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024Anthony Gordon (instagram.com/anthonygordon)

Anthony Gordon menunjukkan performa gemilang di Newcsatle selama musim 2023/2024. Ia menjadi pemain terproduktif tim dengan gelontoran 12 gol dan 11 assist dari 48 pertandingan di berbagai ajang. Ini membuatnya digoda sejumlah klub untuk hengkang. 

Sejauh ini, Liverpool menjadi klub yang sedang dalam pembicaraan dengan Gordon. Nilai pasarnya saat ini berada di angka 50 juta pound sterling atau Rp1 triliun. The Reds juga dikabarkan bakal memasukkan Caoimhin Kelleher sebagai bagian dari kesepakatan. Selain Liverpool, terdapat Paris Saint-Germain yang menaruh minat kepada pemain berusia 23 tahun ini.

Baca Juga: Roller Coaster Prestasi Italia di 5 Edisi Euro Terakhir

2. Bruno Guimaraes jadi rebutan tiga klub

5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024Bruno Guimaraes (instagram.com/brunoguimaraes)

Bruno Guimaraes diperebutkan tiga klub Inggris pada musim panas 2024. Arsenal, Liverpool, dan Manchester City menaruh minat kepada gelandang asal Brasil ini. Performa impresifnya di Newcastle membuat tanda tangannya diperebutkan. 

Gelandang 26 tahun ini memainkan 50 laga pada 2023/2024. Guimaraes berkontribusi dengan mengemas 7 gol dan 10 assist. Klausul rilisnya seharga 100 juta pound sterling atau Rp2,06 triliun. Namun, ini hanya berlaku hingga 30 Juni 2024. Selepas itu, klub peminat bisa memberikan penawaran di bawahnya. Nilai pasarnya 70 juta pound sterling atau Rp1,44 triliun.

3. Alexander Isak diincar Chelsea untuk memperkuat lini serang

5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024Alexander Isak (instagram.com/alex_isak)

Bintang Newcastle lain yang berpotensi hengkang adalah Alexander Isak. Striker asal Swedia ini menjadi ujung tombak serangan The Magpies. Ia menghasilkan 21 gol dan 2 assist dari 30 laga pada 2023/2024. Performa inilah yang membuatnya diincar oleh Chelsea. 

Di bawah kendali manajer anyar Enzo Maresca, Chelsea ingin mempertajam lini serang tim. Musim lalu, The Blues kesulitan bersaing di papan atas. Kehadiran Isak diharapkan dapat meningkatkan produktivitas gol tim. Newcastle memasang harga 100 juta pound sterling atau Rp2,06 triliun. Namun, harga tersebut terbilang mahal bagi Chelsea. Mereka siap melakukan negoisasi dengan melibatkan Nicolas Jackson sebagai pemulus kesepakatan transfer.

4. Callum Wilson dilirik sejumlah klub Arab Saudi

5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024Callum Wilson (instagram.com/callumwilson)

Kontrak Callum Wilson tersisa setahun lagi bersama Newcastle. Ini membuat klub terbuka menjualnya agar tidak pergi secara gratis pada musim panas 2025 mendatang. Sejumlah klub dari Arab Saudi tengah berupaya memberi penawaran kepada pemain berusia 32 tahun ini. 

Dari Arab Saudi ada tiga klub yang memantau, di antaranya Al-Nassr, Al-Ahli, dan Al-Fateh. Dari Inggris sendiri, ada West Ham yang juga ikut bersaing. The Hammers membutuhkan pengalamannya untuk membantu tim kompetitif di bawah manajer anyar Julen Lopetegui.

5. Miguel Almiron juga digoda klub Arab Saudi

5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024Miguel Almiron (instagram.com/miguel_almiron)

Miguel Almiron berpeluang besar hengkang ke Liga Arab Saudi pada musim panas 2024. Sebelumnya, pemain asal Paraguay ini sempat melakukan kontrak dengan Al-Shahab pada Januari 2024. Namun, kesepakatan tersebut urung terwujud sebab tenggat yang melebihi. 

Penjualan ini bisa menjadi kesempatan untuk Newcastle berbenah. Tak hanya membantu menyeimbangkan keuangan, hengkangnya Miguel Almiron bisa membuat sejumlah pemain muda potensial masuk ke dalam tim. Ini yang membuat manajemen bersedia untuk melepas gelandang berusia 30 tahun ini mengingat kontraknya yang akan habis pada 2026 mendatang. 

Para pemain di atas paling berpotensi untuk pergi dari St. James' Park. Faktor kualitas membuat mereka berpeluang terjual dengan harga yang baik. Ini tentunya akan membantu Newcastle terhindar dari pengurangan poin akibat ketidakseimbangan keuangan. 

Baca Juga: 4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya