5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024

Ada Endrick dari Timnas Brasil

Copa America 2024 bakal segera berlangsung pada 20 Juni–14 Juli 2024. Edisi kali ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya. Meski dikenal sebagai hajatan besar sepak bola CONMEBOL, Amerika Serikat sebagai perwakilan zona CONCACAF akan bertindak sebagai tuan rumah. Ada 16 negara peserta dari 2 konfederasi yang berpartisipasi di turnamen ini. 

Umum diketahui bahwa Copa America merupakan ajang unjuk gigi para pemain bintang. Namun, turnamen ini juga banyak disorot sebab adanya bibit-bibit potensial. Para pemain muda banyak yang tampil menonjol di turnamen ini. Pada edisi 2024, terdapat sejumlah pemain muda yang berpotensi bersinar. Siapa saja mereka?

1. Alejandro Garnacho senjata tersembunyi Timnas Argentina

5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024Alejandro Garnacho (instagram.com/garnacho7)

Alejandro Garnacho bakal menjalani kompetisi mayor pertamanya bersama Timnas Argentina. Winger berusia 19 tahun ini menunjukkan peningkatan performa yang signifikan bersama Manchester United pada 2023/2024. Ia mampu menjadi andalan klub asal Inggris tersebut dengan catatan 50 laga. Ia bermain produktif dengan gelontoran 10 gol dan 5 assist. 

Pemain bertinggi 180 cm ini menempati pos sisi kiri penyerangan Timnas Argentina. Meski harus bersaing dengan nama-nama senior macam Angel Di Maria dan Nico Gonzalez, ia bisa menjadi senjata tersembunyi Tim Tango. Kehadirannya menambah kedalaman skuad dan menjadi opsi juru gedor lini serangan La Albiceleste di Copa America 2024. 

2. Talenta dan kualitas Endrick dinantikan di Timnas Brasil

5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024Endrick (twitter.com/CBF_Futebol)

Endrick menjadi sensasi tersendiri bersama Timnas Brasil. Namanya mulai mencuat ketika Real Madrid merekrutnya pada 2023 lalu. Ia merupakan jebolan akademi Palmeiras yang sudah naik level di usianya yang baru 17 tahun. Ia sudah memainkan 82 laga dengan koleksi 21 gol dan 4 assist. Performanya ini yang membuat Real Madrid kepincut dengannya.

Kendati baru akan bergabung dengan Real Madrid mulai musim 2024/2025, Endrick punya kans untuk bersinar lebih dahulu bersama Timnas Brasil. Copa America 2024 bisa menjadi panggungnya untuk menunjukkan betapa spesialnya dirinya dari pemain muda lainnya. Ia sudah mengoleksi 4 caps dengan catatan 2 gol. Ia bakal menjadi tumpuan di lini serangan.

Baca Juga: 4 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Timnas Brasil, Ada Endrick!

3. Santiago Gimenez menjadi ujung tombak serangan Timnas Meksiko

5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024Santiago Gimenez (copaamerica.com)

Timnas Meksiko sebagai perwakilan CONCACAF akan menjadi salah satu kuda hitam di Copa America 2024. Los Tricolores merupakan negara di luar CONMEBOL paling sukses di turnamen ini. Meski belum pernah juara, mereka sudah pernah menembus final pada 1993 dan 2001.

Santiago Gimenez bakal menjadi tumpuan lini serangan Timnas Meksiko. Sejak bergabung dengan Feyenoord Rotterdam pada 2022, ia telah berkontribusi dalam 49 gol dan 11 assist dari 86 laga. Ketajamannya sebagai striker akan diandalkan di Copa America 2024.

4. Folarin Balogun berperan sebagai mesin gol Timnas Amerika Serikat

5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024Folarin Balogun (ussoccer.com)

Folarin Balogun akan menjadi pemain kunci Timnas Amerika Serikat di Copa America 2024. Sebagai tuan rumah, kesempatan tentunya tak boleh disia-siakan untuk bersaing di turnamen ini. Skuad asuhan Gregg Berhalter merupakan salah satu kuda hitam.

Dalam 2 musim terakhir, Balogun telah membuktikan kualitasnya sebagai striker yang tajam. Total, ia telah memainkan 71 laga dengan 30 gol dan 10 assist bersama Stade Reims dan AS Monaco. Ketajamannya ini menjadikanyya sebagai mesin gol Timnas Amerika Serikat.

5. Luciano Rodriguez bisa menjadi pembeda bagi Timnas Uruguay

5 Pemain Muda yang Berpotensi Bersinar di Copa America 2024Luciano Rodriguez (instagram.com/lucho_rodriguezz24)

Timnas Uruguay berpotensi melahirkan bintang baru di ajang Copa America 2024. Luciano Rodriguez menjadi salah satu pemain yang patut dinantikan kiprahnya bersama La Celeste. Pemain berusia 20 tahun ini beroperasi sebagai winger kanan.

Rodriguez bisa menjadi senjata baru Marcelo Bielsa. Musim panas 2023 lalu, ia membantu tim muda menjuarai Piala Dunia U-20. Ia juga menjadi top skor CONMEBOL Pre-Olympic 2024 dengan torehan lima gol. Kehadirannya akan menambah kedalaman skuad di lini serangan.

Sederet pemain di atas merupakan nama-nama yang paling potensial bersinar bersama negaranya masing-masing. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada nama muda lain yang mencuat nantinya. Menarik ditunggu kiprahnya di Copa America 2024.

Baca Juga: Uruguay Panggil Luis Suarez untuk Copa America 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya