3 Pemain Marseille yang Pernah Direkrut dari Manchester United

Mason Greenwood jadi yang teranyar!

Olympique Marseille berbenah jelang musim baru 2024/2025. Kedatangan Roberto De Zerbi sebagai pelatih baru diharapkan mampu membuat Les Phoceens kompetitif di berbagai ajang. Demi mendukung hal itu, manajemen mulai bergerak aktif di bursa transfer musim panas 2024.

Salah satu pemain terbaru yang didatangkan adalah Mason Greenwood. Pemain berusia 22 tahun itu diboyong dari Manchester United. Ini bukan kali pertama Marseille merekrut pemain dari klub raksasa Inggris tersebut. Sang pemain merupakan nama ketiga yang permah direkrut langsung. Siapa saja mereka? Simak informasinya berikut ini.

1. Fabien Barthez direkrut kembali Marseille dari Manchester United pada akhir kariernya

3 Pemain Marseille yang Pernah Direkrut dari Manchester UnitedFabien Barthez (x.com/EURO2024)

Fabien Barthez merupakan salah satu kiper ikonik yang pernah dimiliki Manchester United. Ia membela Setan Merah selama 3,5 tahun pada 2000–2004. Meski terbilang singkat, ia mampu menjadi andalan dengan catatan 139 laga. Ia berhasil membuat 50 clean sheets dengan jumlah kebobolan 136 gol. Ia turut membantu tim dua kali menjuarai English Premier League.

Kepindahannya ini disebabkan penurunan performa. Pada bursa transfer Januari 2004, Barthez kembali ke Marseille dengan status pinjaman. Sebelumnya, ia pernah membela klub pada 1992–1995. Setelah masa peminjaman tersebut, ia dipermanenkan pada musim panas tahun yang sama. Periode keduanya ini berlangsung selama 2,5 tahun pada 2004–2006. 

Selama waktu tersebut, Barthez bermain dalam 98 laga. Ia mampu mencatatkan 34 clean sheets dengan kebobolan sebanyak 96 gol. Kiper kelahiran Lavelanet, Prancis, ini sempat mengambil career break pada musim panas 2006. Ia kemudian bermain bersama Nantes pada Desember tahun yang sama sebelum memutuskan pensiun pada April 2007.

2. Eric Bailly pernah dipinjam Marseille dari Manchester United selama semusim

3 Pemain Marseille yang Pernah Direkrut dari Manchester UnitedEric Bailly (instagram.com/ericbailly24)

Eric Bailly merupakan pemain kedua yang direkrut Marseille dari Manchester United. Manajemen memboyongnya dengan status pinjaman pada musim panas 2022. Mereka membayar 2 juta euro atau 35 miliar untuk menggunakan jasanya selama musim 2022/2023. 

Sayangnya, selama masa peminjaman tersebut, Bailly tampil tidak sesuai harapan. Ia lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti. Ditambah lagi, ia juga sempat menderita cedera. Ia juga mendapatkan kartu merah dan hukuman skorsing sebanyak tujuh pertandingan. Ini disebabkan tendangan horornya ke dada pemain Hyeres, Moussa N'Diaye.

Bisa dibilang, kiprahnya bersama Marseille mengecewakan. Meski pada awal musim bermain menjanjikan, perilaku Bailly yang berujung skorsing tersebut menjadi pertimbangan klub untuk tidak mempermanenkannya. Selama musim tersebut, ia hanya memainkan 17 pertandingan di berbagai ajang. 

3. Mason Greenwood datang ke Marseille sebagai pemain muda potensial

3 Pemain Marseille yang Pernah Direkrut dari Manchester UnitedMason Greenwood (x.com/OM_Officiel)

Mason Greenwood menjadi rekrutan terbaru Marseille pada musim panas 2024. Ia diboyong dari Manchester United dengan biaya 26 juta euro atau Rp458 miliar. Pemain asal Inggris ini dikontrak dengan durasi 5 tahun hingga 2029 mendatang. 

Kedatangannya ini menjadi tambahan lini serangan Marseille. Sebelumnya, Greenwood merupakan pemain muda potensial yang tampil menjanjikan bersama Manchester United pada medio 2019–2022. Ia memainkan 129 pertandingan dengan kontribusi 35 gol dan 12 assist.

Musim 2023/2024 lalu, Greenwood menjalani masa peminjaman di klub Spanyol, Getafe. Ia juga menjadi andalan dengan kontribusi 10 gol dan 6 assist dari 36 pertandingan. Modal apik ini diharapkan dapat diteruskan dan ditingkatkan saat berseragam Marseille. 

Secara rekam jejak, rekrutan dari Manchester United tidak semuanya buruk. Marseille bisa berharap banyak kepada Greenwood mengingat usianya yang masih muda. Ia dapat berkembang lebih baik lagi untuk menajdi andalan di bawah asuhan pelatih Roberto De Zerbi. 

Baca Juga: Deretan Gol Mason Greenwood bagi Getafe pada 2023/2024, Kembali Tajam!

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya