5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 Prancis

Leny Yoro teranyar!

Manchester United bergerak aktif di bursa transfer musim panas 2024. Ini ditunjukkan dengan sudah merekrut beberapa pemain. Salah satu yang sudah didatangkan adalah Leny Yoro. Ia ditebus dari LOSC Lille setelah bermain impresif di klub Prancis tersebut. 

Sebelumnya, Manchester United pernah merekrut sejumlah pemain dari klub-klub Ligue 1 Prancis. Yoro merupakan nama kesekian yang pernah didatangkan ke Old Trafford. Termasuk sang pemain, berikut lima nama yang direkrut Manchester United dari Ligue 1.

1. Radamel Falcao hanya semusim bersama Manchester United sebagai pemain pinjaman

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 PrancisRadamel Falcao (x.com/premierleague)

Manchester United pernah meminjam Radamel Falcao dari AS Monaco pada musim panas 2014. Manajemen membayar 7,6 juta euro atau Rp135 miliar untuk semusim penuh pada 2014/2015. Ia didatangkan dengan tujuan memperkuat lini serangan.

Sayangnya, Falcao gagal tampil moncer. Pemain berpaspor Kolombia ini hanya bisa mencetak 4 gol dan 4 assist dari 29 kali berlaga. Performa yang kurang impresif tersebut membuat Manchester United tidak mempermanenkannya setelah masa peminjaman berakhir.

2. Anthony Martial mengalami naik turun performa di Manchester United

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 PrancisAnthony Martial (instagram.com/martial_9)

Anthony Martial datang ke Old Trafford sebagai wonderkid potensial berusia 19 tahun. Pada musim panas 2015, Manchester United menebusnya dari AS Monaco dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,03 triliun. Ia menghabiskan waktu selama 8,5 tahun pada 2015–2024. Sayangnya, performanya naik turun selama masa abdinya tersebut. 

Penampilan Martial sejatinya impresif pada awal kedatangannya. Pergantian pelatih membuat potensinya tidak maksimal. Ia kesulitan sebab taktik yang berganti-ganti. Ia juga sempat dipinjamkan ke Sevilla untuk mengembalikan performanya, tetapi itu tidak membantunya. Meski demikian, ia tampil produktif dengan mengemas 90 gol dan 47 assist dari 317 laga.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level Klub

3. Zlatan Ibrahimovic diandalkan berkat ssoknya sebagai striker berpengalaman

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 PrancisZlatan Ibrahimovic (manutd.com)

Manchester United mendapatkan Zlatan Ibrahimovic secara gratis pada musim panas 2016. Ia merapat ke Old Trafford setelah tidak memperpanjang kontraknya bersama Paris Saint-Germain. Kiprahnya hanya singkat saat berseragam Setan Merah, yakni selama 1,5 musim. 

Kendati tak lama, Ibrahimovic berhasil memberikan dampak nyata berkat pengalamannya. Striker berpaspor Swedia ini tampil moncer dengan gelontoran 29 gol dan 10 assist dari 53 kali bertanding. Ia menjadi bagian penting keberhasilan Manchester United merengkuh gelar juara Liga Europa, Piala FA, dan Community Shield pada 2016/2017.

4. Edinson Cavani memperkuat Manchester United selama 2 musim

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 PrancisEdinson Cavani (manutd.com)

Edinson Cavani menjalani masa mengesankan ketika berseragam Manchester United. Ia bergabung secara bebas transfer setelah habis kontrak di Paris Saint-Germain. Pemain asal Uruguay ini datang di saat tim mengalami krisis gol di lini serangan. 

Kehadirannya saat itu menambah produktivitas gol tim. Selama masa singkatnya pada 2020–2022, Cavani menjadi andalan dengan catatan 59 laga. Ia mengemas 19 gol dan 6 assist. Meski hanya 2 musim, ia merupakan pemain yang dikenang para penggemar berkat kontribusinya. 

5. Leny Yoro menjadi rekrutan teranyar Manchester United pada musim panas 2024

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Ligue 1 PrancisLeny Yoro (instagram.com/manchesterunited)

Leny Yoro datang sebagai pemain muda potensial ke Manchester United. Ia ditebus mahal dari LOSC Lille dengan biaya 60 juta euro atau Rp1,09 triliun. Bek berusia 18 tahun ini bakal menambah kekuatan di lini pertahanan yang rapuh pada musim 2023/2024 lalu.

Pemain kelahiran Saint-Maurice, Prancis, ini sudah diandalkan Lille sejak 2022. Ia debut ketika masih berusia 16 tahun dan mampu menyegel posisi bek utama di dalam tim. Selama 2 musim tersebut, ia diandalkan 60 laga di berbagai kompetisi. 

Sebagian besar para pemain di atas mampu menunjukkan kualitasnya. Ini menunjukkan bahwa pemain dari Prancis mempunyai kemampuan yang apik. Yoro bisa mengikut jejak mereka untuk menjadi pemain andalan Manchester United. Terlebih lagi, usianya yang masih muda membuat talentanya dapat terasah dengan maksimal. Menarik dinantikan kiprahnya.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Rekrutan Manchester United sebelum Leny Yoro

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya