7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025

Salah satunya Che Adams

Intinya Sih...

  • Southampton promosi ke Premier League 2024/2025 setelah menang di play-off.
  • Adam Armstrong mencetak 24 gol dan 14 assist, Che Adams mencetak 16 gol dan 4 assist di Championship.
  • Kyle Walker-Peters, Flynn Downes, Jan Bednarek, Taylor Harwood-Bellis, dan Gavin Bazunu juga berperan penting dalam kesuksesan tim.

Southampton berhasil menjadi tim terakhir yang promosi ke Premier League 2024/2025. Mereka menyusul Leicester City dan Ipswich Town yang sudah lebih dulu naik kasta secara otomatis. Perjalanan klub berjuluk The Saints ini harus dilalui dari babak play-off.

Finis di posisi keempat klasemen akhir EFL Championship 2023/2024, Southampton harus berebut jatah tersisa dengan tiga tim lainnya. Di semifinal play-off, mereka mengalahkan West Bromwich Albion dengan keunggulan agregat 3-1. Sementara itu, tim besutan Russel Martin memastikan promosi setelah mengalahkan Leeds United dengan skor 1-0 di final play-off. 

Keberhasilan Southampton ini tidak terlepas dari peran para pemain di atas lapangan. Setelah terdegradasi dari Premier League musim sebelumnya, The Saints hanya butuh waktu semusim untuk kembali ke kasta teratas. Sepanjang musim, terdapat sederet pemain kunci yang membantu Southampton tampil kompetitif hingga bisa promosi. Siapa saja mereka?

1. Adam Armstrong pemain terproduktif dalam tim

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Adam Armstrong (southamptonfc.com)

Adam Armstrong menjadi tumpuan lini serangan Southampton. Striker berusia 27 tahun ini merupakan pemain paling produktif di dalam tim. Ia berkontribusi dengan menciptakan 24 gol dan 14 assist dari 49 kali berlaga di Championship 2023/2024. Ia juga berperan penting di babak play-off, termasuk mencetak satu-satunya gol di partai final melawan Leeds United. 

Baca Juga: 3 Gelandang Akademi Southampton Mewarnai Premier League 2023/2024

2. Che Adams juga tampil moncer di lini serangan

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Che Adams (instagram.com/cheadams_)

Che Adams menjadi tandem Adam Armstrong di lini depan Southampton. Pemain asal Skotlandia ini memainkan 40 laga di Championship. Dari jumlah penampilan tersebut, ia mengemas 16 gol dan 4 assist. Kerja sama keduanya menjadi sosok krusial produktivitas tim. 

3. Kyle Walker-Peters bermain gemilang di sisi kanan permainan

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Kyle Walker-Peters (x.com/SouthamptonFC)

Kyle Walker-Peters beroperasi di sektor kanan permainan tim. Berposisi sebagai bek kanan, ia bisa menjalani peran defensif dan ofensif yang sama baiknya. Ia diandalkan dalam 46 pertandingan. Ia cukup produktif dengan berhasil mengemas 3 gol dan 3 assist. 

4. Flynn Downes berperan sebagai jenderal lapangan tengah tim

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Flynn Downes (instagram.com/flynn_downes)

Flynn Downes menjadi sosok kunci permainan Southampton. Perannya sebagai gelandang bertahan membuatnya diandalkan dalam 33 pertandingan. Di sepanjang musim, ia hanya absen akibat cedera. Selebihnya, ia selalu tampil dan berkontribusi dengan 2 gol dan 2 assist. Berkat peran vitalnya, statusnya sebagai pemain pinjaman berpotensi berubah jadi permanen musim depan.

5. Jan Bednarek tampil kokoh sebagai pemain senior di lini pertahanan

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Jan Bednarek (instagram.com/janbednarek_)

Jan Bednarek menjadi sosok setia yang ada di dalam skuad Southampton. Berada di St. Marys' Park sejak 2017, ia masih menjadi andalan di lini pertahanan. Pemain berusia 28 tahun ini tampil kokoh sebagai bek tengah. Total, ia bermain dalam 42 laga dengan kontribusi 2 gol.

6. Taylor Harwood-Bellis bermain impresif sebagai pemain pinjaman

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Taylor Harwood-Bellis (instagram.com/tayhbellis_)

Taylor Harwood-Bellis menjalani musim di Southampton sebagai pemain pinjaman. Bek berusia 22 tahun ini tampil menjajikan sebagai bek tengah. Berduet dengan sosok berpengalaman Jan Bednarek, ia berhasil menjadi tembok kokoh. Ia diandalkan dalam 42 pertandingan dengan sumbangsih 2 gol dan 3 assist. Berkat kualitasnya ini, statusnya berpeluang dipermanenkan.

7. Gavin Bazunu diandalkan di bawah mistar gawang

7 Pemain Kunci yang Bawa Southampton ke Premier League 2024/2025Gavin Bazunu (instagram.com/gavin_bazunu)

Gavin Bazunu berperan penting di bawah mistar gawang Southampton di Championship 2023/2024. Ia memainkan 41 pertandingan dengan catatan 11 clean sheets. Sayangnya, ia menderita cedera di akhir musim dan tidak berlaga hingga play-off. Meski demikian, perannya tetap krusial untuk membawa tim kompetitif di sepanjang musim.

Para pemain di atas merupakan sosok penting permainan di dalam tim. Berkat peran mereka, Southampton bisa promosi ke Premier League 2024/2025 dengan tidak menihilkan peran pemain lain karena semuanya punya tugasnya masing-masing. Kerja sama semua elemen menjadi faktor keberhasilan tim kembali ke kasta teratas Liga Inggris.

Baca Juga: 3 Eks Akademi Southampton yang Pernah Juara Liga Champions

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya