5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025

Ada Kaoru Mitoma!

Intinya Sih...

  • Kaoru Mitoma andalan Brighton & Hove Albion, memperpanjang kontrak hingga 2027, berperan penting dalam kreativitas tim dengan 14 gol dan 14 assist.
  • Wataru Endo menjadi sosok berpengalaman di Liverpool, membuktikan kualitasnya sebagai gelandang bertahan dengan sumbangsih 2 gol dan 1 assist.
  • Takehiro Tomiyasu penting bagi Arsenal, bisa dimainkan sebagai bek kanan maupun kiri, mencatatkan 83 pertandingan dengan sumbangsih 2 gol dan 6 assist.

Jepang dikenal sebagai negara penghasil talenta terbaik sepak bola dari kawasan Asia. Tak heran, banyak dari mereka yang menjajal karier di luar negeri, termasuk Eropa. Inggris menjadi salah satu negara tujuan sebab kualitas kompetisi yang apik.

English Premier League sebagai kasta teratas mempunyai pamor yang mentereng. Sebagai liga yang dikenal ketat dan kompetitif, pemain dari negeri lain juga banyak yang mengadu nasib di sini. Para pemain dari Jepang pun tak ingin kalah dengan ikut berkarier di Inggris.

Pada 2024/2025, ada lima pemain dari Jepang yang berkompetisi di Premier League. Siapa saja mereka?

1. Kaoru Mitoma menjadi andalan Brighton & Hove Albion

5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025Kaoru Mitoma (premierleague.com)

Kaoru Mitoma menjadi pemain Jepang paling menonjol di Premier League. Dia memperkuat Brighton & Hove Albion dan sudah menjadi andalan sejak 2022 lalu. Secara keseluruhan, dia telah memainkan 69 laga dengan menyumbang 14 gol dan 14 assist. 

Sosoknya yang menjanjikan membuat Brighton tidak mau kehilangan Mitoma. Pada Oktober 2023 lalu, manajemen memperpanjang kontraknya hingga 2027 mendatang. Pada musim 2024/2025, Mitoma bakal menjadi andalan meski manajer Brighton berganti. Dia bakal menjadi tumpuan kreativitas permainan tim untuk membawa The Seagulls kompetitif. 

2. Wataru Endo memasuki musim kedua bersama Liverpool

5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025Wataru Endo (instagram.com/endowataru)

Wataru Endo memasuki musim keduanya bersama Liverpool pada 2024/2025. Meski santer bakal dilego pada musim panas 2024, sejauh ini belum ada tanda-tanda nyata. Kehadirannya justru diperlukan sebagai sosok yang berpengalaman. 

Pada musim 2023/2024 lalu, Endo menjadi pembelian yang dipertanyakan. Maklum saja, dia bukanlah target utama transfer Liverpool. Namun, dia membuktikan kualitasnya sebagai gelandang bertahan yang spartan. Dia merupakan sosok penting dalam keberhasilan Liverpool menjuarai Piala Liga Inggris. Dia memainkan 44 laga dengan sumbangsih 2 gol dan 1 assist. 

Baca Juga: Kaoru Mitoma Masih Absen Saat Jepang Bersua Timnas Indonesia?

3. Takehiro Tomiyasu merupakan sosok serbabisa di Arsenal

5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025Takehiro Tomiyasu (instagram.com/tomiyasu.t)

Takehiro Tomiyasu menjadi salah satu pemain penting Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta. Meski tidak selalu bermain sebagai starter, kehadirannya diperlukan sebab sosoknya sebagai pemain serbabisa. Dia bisa dimainkan di posisi bek kanan maupun kiri. 

Sejak bergabung pada 2021, Tomiyasu telah mencatatkan 83 pertandingan di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilan tersebut, dia mampu menyumbang 2 gol da 6 assist. Pada 2024/2025, dia bakal menjalani musim keempatnya di Emirates Stadium. 

4. Yukinari Sugawara baru bergabung dengan Southampton pada musim panas 2024

5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025Yukinari Sugawara (instagram.com/yukinirisugawara)

Yukinari Sugawara menjajal tantangan baru dengan berkarier di Premier League bersama Southampton. Dia dibeli dari AZ Alkmaar seharga 7 juta euro atau Rp120 miliar. Dia dikontrak selama 4 tahun, yang berlaku hingga 2028 mendatang. 

Perekrutan Sugawara ini berkat performa konsistennya bersama AZ Alkmaar. Dia membela klub Belanda tersebut selama 5 tahun pada 2019–2024. Beroperasi sebagai bek kanan, dia tampil produktif dengan kontribusi 14 gol dan 29 assist dari 198 laga di lintas ajang. Southampton berharap banyak kepadanya untuk bisa membantu tim bersaing di Premier League 2024/2025. 

5. Daichi Kamada reuni dengan Oliver Glasner di Crystal Palace

5 Pemain Jepang yang Bermain di Premier League 2024/2025Daichi Kamada (instagram.com/cpfc)

Daichi Kamada juga menjadi pemain Jepang terbaru yang merumput di Premier League. Dia diirekrut secara bebas transfer usai kontraknya dengan Lazio habis pada musim panas 2024. Dia bergabung ke Crystal Palace untuk reuni dengan mantan pelatihnya, Oliver Glasner.

Sebelumnya, Kamada dan Glasner pernah bekerja sama di Eintracht Frankfurt selama 2 musim pada 2021–2023. Dia diandalkan sebagai gelandang serang dalam 93 laga dengan kontribusi 25 gol dan 11 assist. Keduanya juga berhasil membawa tim menjuarai Liga Europa pada 2022/2023. Reuni keduanya ini diharapkan dapat membawa Crystal Palace kompetitif. 

Banyaknya pemain Jepang yang berkompetisi di Eropa menjadi salah satu alasan majunya perkembangan sepak bola. Sejumlah nama sudah pernah merasakan atmosfer bermain di Premier League. Mereka juga mampu menjadi andalan di klubnya masing-masing. Menarik menantikan kiprah para pemain di atas pada musim 2024/2025. 

Baca Juga: Pembuktian Wataru Endo sebagai Mesin Tempur Liverpool

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya