3 Pemain Inggris Catat Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024

Ollie Watkins jadi pahlawan kemenangan! #EURO2024

Inggris sukses melangkahkan kaki ke final Euro 2024. Keberhasilan ini diperoleh usai menang 2-1 atas Belanda di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Fakta ini sekaligus membuat The Three Lions mentas pada final dalam dua edisi beruntun setelah 2020 lalu.

Pada laga ini, kedua tim bermain ketat. Belanda sempat unggul dahulu melalui Xavi Simons pada menit 7. Namun, Inggris mampu menyamakan skor berkat penalti Harry Kane pada menit 18. The Three Lions memastikan kemenangan melalui gol dari Ollie Watkins pada menit 90.

Kemenangan ini tak hanya membawa Inggris lolos ke partai final. Sejumlah pemain Inggris berhasil mencetak rekor pada laga ini. Siapa saja dan rekor apa yang diciptakan? Simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Harry Kane membuktikan ketajamannya sebagai striker

3 Pemain Inggris Catat Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Harry Kane (uefa.com)

Harry Kane merupakan pencetak gol penyama kedudukan bagi Inggris. Bertugas sebagai eksekutor penalti, pemain berusia 30 tahun ini sukses membuat gol. Sepakan kaki kanannya mengarah ke sisi kiri gawang Belanda yang tak dapat dijangkau Bart Verbruggen. 

Satu golnya ini mengukir rekor tersendiri sebagai bukti ketajamannya. Opta mencatat, ini merupakan gol keenam Kane untuk Inggris pada fase gugur Euro. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pemain manapun dalam sejarah turnamen. 

Selain itu, tambahan satu golnya ini menjadi yang kesembelian pada fase gugur turnamen mayor (Piala Dunia/Euro). Jumlah ini menjadi yang terbanyak daripada para pemain Eropa lainnya. Ini membuatnya telah menghasilkan 66 gol dari 97 caps bersama The Three Lions.

Kane juga kini ikut dalam persaingan top skor Euro 2024. Ia sudah mencetak tiga gol, sejajar dengan Dani Olmo (Spanyol), Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda), Georges Mikautadze (Georgia), dan Ivan Schranz (Slovakia). Hanya Dani Olmo yang punya potensi untuk bersaing lagi sebab Inggris dan Spanyol bakal bersua pada final nantinya.

2. Ollie Watkins catat rekor sebagai supersub Inggris

3 Pemain Inggris Catat Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Ollie Watkins (uefa.com)

Ollie Watkins menjadi pahlawan kemenangan Inggris. Masuk pada menit 81 menggantikan Harry Kane, ia tampil sebagai supersub. Golnya pada menit 90 membuat The Three Lions mentas ke final untuk keduanya kalinya secara beruntun. Bermula dari umpan Cole Palmer, ia sukses melepaskan tembakan dengan kaki kanannya yang gagal dibendung kiper Belanda.

Menurut Opta, Watkins tercatat sebagai pemain kedua yang mencetak gol kemenangan pada menit 90 di fase gugur Euro. Sebelumnya, Phillip Lahm berhasil menjadi penentu kemenangan Jerman versus Turki dengan skor 3-2. Ini terjadi pada semifinal Euro 2008 lalu.

Selain itu, Watkins menjadi pemain Aston Villa kedua yang berhasil membuat gol untuk Inggris di turnamen mayor (Piala Dunia/Euro). Pemain pertama yang melakukannya adalah David Platt. Ia mampu menghasilkan tiga gol bagi The Three Lions di Piala Dunia 1990. 

3. Kobbie Mainoo menjadi pemain termuda Inggris yang mentas di semifinal turnamen mayor

3 Pemain Inggris Catat Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Kobbie Mainoo (uefa.com)

Kobbie Mainoo bermain sebagai starter pada laga Inggris melawan Belanda. Ini membuatnya menjadi pemain termuda Inggris yang mentas di semifinal turnamen mayor (Piala Dunia/Euro). Pada laga ini, usianya adalah 19 tahun 82 hari. 

Gelandang Manchester United menjadi sosok krusial dalam permainan Inggris. Perannya di lini tengah tim mampu menjaga stabilias. Meski pada awal turnamen belum diberi kesempatan, ia membuktikan kualitasnya ketika dimainkan. Sejak babak 16 besar, Mainoo terus dipercaya turun oleh Gareth Southgate. Ia berpotensi kembali tampil menjadi andalan pada final nantinya.

Kemenangan Inggris ini tidak terlepas dari peran ketiga pemain di atas. Mereka menjadi sosok krusial keberhasilan tim menembus final Euro 2024. Kini, Jude Bellingham cs harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Spanyol pada partai final. Mampukah The Three Lions menebus kegagalan di Euro 2020 dengan menjadi juara pada edisi kali ini?

Baca Juga: Kobbie Mainoo dan Utangnya ke Ten Hag

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya