4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024

Salah satunya Georges Mikautadze #EURO2024

Kiprah Georgia di Euro 2024 harus terhenti pada babak 16 besar. Tim besutan Willy Sagnol disingkirkan Spanyol usai kalah dengan skor 1-4. Meski gagal melaju jauh, performa yang ditunjukkan mereka menjadi kejutan tersendiri. Berstatus sebagai debutan, kelolosan negara asal Eropa Timur ke fase gugur ini saja sudah menjadi sebuah pencapaian apik. 

Kendati tersingkir pada babak 16 besar, performa sejumlah pemain Georgia mampu mencuri atensi. Kualitas yang ditunjukkan selama Euro 2024 berpotensi membuat mereka dilirik. Mengingat turnamen ini digelar pada musim panas, tentunya ada banyak klub yang memantau.

Ada lima pemain Georgia yang selama Euro 2024 tampil impresif. Mereka berpotensi menjadi rebutan klub-klub besar Eropa pada bursa transfer musim panas 2024.

1. Khvicha Kvaratskhelia ingin hengkang dari Napoli

4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024Khvicha Kvaratskhelia (uefa.com)

Khvicha Kvaratskhelia merupakan tumpuan Georgia di Euro 2024. Ia tampil dalam 4 pertandingan dengan kontribusi 1 gol. Nama besar yang dimilikinya membuat potensi dilirik klub-klub pada bursa transfer musim panas 2024 terbuka lebar.

Terlebih lagi, situasinya bersama Napoli masih abu-abu. Manajemen mengungkapkan, Kvaratskhelia bakal menjadi salah satu pemain kunci di bawah pelatih anyar Antonio Conte. Namun, sang agen mengatakan, kliennya itu ingin bermain di Liga Champions Eropa. Menahannya tentu sulit mengingat Napoli bakal absen di ajang tersebut pada musim mendatang. 

Kvaratskhelia akan memutuskan masa depannya setelah Euro 2024. Alasan di atas membuat kemungkinannya hengkang dari Napoli bisa terjadi pada musim panas 2024. Sejauh ini, banyak klub yang tengah memantau pemain berusia 23 tahun ini. Beberapa di antaranya adalah Liverpool, Chelsea, Arsenal, Manchester City, dan Paris Saint-Germain.

2. Ketajaman Georges Mikautadze membuatnya diperebutkan banyak klub

4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024Georges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze menunjukkan performa gemilang di Euro 2024. Keberhasilan Georgia menembus 16 besar terjadi berkat kontribusinya dalam membuat 3 gol dan 1 assist selama fase grup. Penampilannya ini membuat klub lain memantaunya pada musim panas 2024.

Pemain berusia 23 tahun ini berpeluang untuk hengkang dari FC Metz. Pasalnya, klubnya tersebut terdegradasi dari Ligue 1 Prancis dan akan mentas di Ligue 2 pada 2024/2025. Dengan kualitas dan ketajamannya, Mikautadze bakal diperebutkan di pasar transfer.

Ada banyak klub yang tertarik merekrutnya. Beberapa di antaranya adalah West Ham United, Napoli, Borussia Dortmund, AS Monaco, dan Newcastle United. Metz dilaporkan memasang harga di angka 25 juta euro atau Rp440 miliar bagi klub peminat Mikautadze.

Baca Juga: Georges Mikautadze, Tumpuan Lini Serang Georgia di Euro 2024

3. Giorgi Mamardashvili dipantau dua klub Inggris

4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024Giorgi Mamardashvili (uefa.com)

Giorgi Mamardashvili menunjukkan kualitasnya sebagai kiper tangguh di Euro 2024. Bersama Georgia, ia mencatatkan rasio penyelamatan tertinggi dengan jumlah 20 selama fase grup. Ini membuatnya berpeluang diincar pada bursa transfer musim panas 2024. 

Sejauh ini, Liverpool dan Newcastle United menjadi klub terdepan yang menyatakan ketertarikan. Valencia sebagai klub pemilik dikabarkan memasang banderol senilai 35 juta euro atau Rp616 miliar. Kontraknya di Mestalla Stadium sendiri masih berjalan hingga 2027 mendatang.

Mamardashvili sejatinya tak cuma tampil apik di Euro 2024. Selama 2023/2024, ia juga gemilang di bawah mistar gawang Valencia. Ia memainkan 37 pertandingan dengan catatan 13 clean sheet. Jumlah kebobolannya tidak terlalu banyak, yakni 41 gol. Dengan usianya yang masih 23 tahun, ia bisa menjadi prospek jangka panjang.

4. Penampilan solid Giorgi Kochorashvili membuatnya berpeluang direkrut klub besar

4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024Giorgi Kochorashvili (instagram.com/g.kochora14)

Giorgi Kochorashvili menjadi salah satu pemain underrated di Georgia. Kiprahnya selama Euro 2024 tidak banyak menjadi sorotan. Namun, ia merupakan pemain kunci dalam skema permainan Pelatih Willy Sagnol. Ia memainkan peran sebagai gelandang sentral. 

Pemain berusia 25 tahun ini membela klub kasta kedua Liga Spanyol, Levante. Kochorashvili menjadi andalan selama 2023/2024. Ia memainkan 25 laga dengan kontribusi 2 gol. Saat ini, nilai pasarnya hanya 1 juta euro atau Rp17,5 miliar. Dengan harga murah dan kualitasnya yang menjanjikan, potensinya direkrut klub yang lebih besar terbuka lebar. 

Para pemain di atas menjadi bagian Georgia mencetak sejarah di Euro 2024. Dengan penampilannya yang ciamik, ini membuat mereka dilirik klub-klub besar pada bursa transfer musim panas 2024. Menarik ditunggu masa depan keempat pemain di atas. 

Baca Juga: 3 Pemain Borussia Dortmund yang Bawa Jerman ke 8 Besar Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya