3 Pemain Belanda Ukir Rekor usai Kalahkan Rumania di Euro 2024

Cody Gakpo jadi bintang kemenangan! #EURO2024

Belanda berhasil menjejakkan kaki ke perempat final Euro 2024. Hasil ini diperoleh usai mengandaskan Rumania pada babak 16 besar. Bertarung di Allianz Arena, Selasa (2/7/2024) malam WIB, De Oranje menang 3-0 via gol Cody Gakpo dan brace dari Donyell Malen.

Pada laga ini, sejumlah pemain Belanda tampil gemilang. Tak hanya bermain impresif dengan membantu tim meraih kemenangan, mereka juga menciptakan rekor. Ada tiga pemain yang berhasil membuat pencapaian tersebut. Siapa saja mereka?

1. Cody Gakpo samai pencapaian dua legenda Belanda

3 Pemain Belanda Ukir Rekor usai Kalahkan Rumania di Euro 2024Cody Gakpo (uefa.com)

Cody Gakpo merupakan pencetak gol pertama Belanda. Gol ini tercipta berkat umpan dari Xavi Simons. Gakpo yang menyerang dari sisi kiri merangsek ke kotak penalti. Ia melepaskan sepakan keras dengan kaki kanannya yang gagal dibendung kiper Rumania, Florin Nita.

Gol ini menjadi gol ketiganya di Euro 2024. Jumlah tersebut membuatnya untuk sementara memimpin daftar top skor, sejajar dengan Jamal Musiala, Georges Mikautadze, dan Ivan Schranz. Torehan tiga gol tersebut juga menyamai pencapaiannya di Piala Dunia 2022 lalu. 

Hal tersebut membuat Gakpo menjadi pemain ketiga Belanda yang berhasil mencetak 3+ gol di dua turnamen mayor berbeda. Ia sejajar dengan dengan Johnny Rep (Piala Dunia 1974 dan 1978) serta Dennis Bergkamp (Euro 1992 serta Piala Dunia 1994 dan 1998). 

Tak hanya itu, Gakpo juga menjadi pemain kedua tersubur Eropa dalam dua turnamen mayor terakhir, yakni Piala Dunia 2022 dan Euro 2024. Total, ia telah mencetak 6 gol dari 9 laga. Jumlah ini hanya kalah dari Kylian Mbape bersama Prancis yang membuat 9 gol dan 10 laga.

2. Xavi Simons pemain termuda yang buat assist dalam dua laga beruntun

3 Pemain Belanda Ukir Rekor usai Kalahkan Rumania di Euro 2024Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons tampil sebagai starter di laga ini. Mentasnya sang pemain di fase gugur ini mencatatkan rekor tersendiri. Ia menjadi pemain termuda ketiga yang melakukannya di Euro untuk Belanda dengan berusia 21 tahun 72 hari. Ia berada di bawah Patrick Kluivert (19 tahun 357 hari di Euro 1996) dan Arjen Robben (20 tahun 155 hari di Euro 2004).

Bukan hanya itu, Simons juga berkontribusi dalam terciptanya gol pembuka Belanda. Umpan yang diberikannya kepada Cody Gakpo berhasil dieksekusi dengan baik untuk menjadi gol. Berkat hal tersebut, ia mencatatkan pencapaian apik sebagai pemain muda.

Opta mencatat, Simons menjadi pemain termuda yang membuat assist dalam dua laga beruntun. Sebelum laga melawan Rumania, assist pertama diciptakannya saat menghadapi Austria di laga ketiga fase grup. Ia mampu melakukannya sejak terakhir kali dibuat oleh Eren Derdiyok dari Swiss pada Euro 2008 ketika berusia 20 tahun 3 hari.

3. Donyell Malen cetak rekor sebagai supersub

3 Pemain Belanda Ukir Rekor usai Kalahkan Rumania di Euro 2024Donyell Malen (uefa.com)

Donyell Malen masuk saat jeda babak untuk menggantikan Steven Bergwijn yang mengalami masalah pada fisiknya. Pergantian ini terbilang jitu bagi Belanda. Pasalnya, sang pemain tampil gemilang dengan mencetak dua gol untuk membawa tim meraih kemenangan.

Gol pertama Malen tercipta usai memanfaatkan umpan tarik di sisi gawang dari Cody Gakpo. Ia tanpa penjagaan dan melesekkan bola dengan mudah. Sementara itu, gol keduanya terjadi melalui skema serangan balik di pengujung laga. Pemain berusia 25 tahun ini berlari dari tengah lapangan dan mengecoh dua bek Rumania di kotak penalti. Sepakan kaki kanannya tersebut sukses memastikan Belanda lolos ke perempat final.

Berkat dua golnya tersebut, Malen menjadi pemain pertama yang melakukannya dalam satu laga di Euro 2024. Tak cuma itu, ia juga mengulani pencapaian yang terjadi pada 24 tahun silam. Ia merupakan pemain pengganti pertama yang mencetak dua gol di Euro sejak Savo Milosevic saat Yugoslavia bermain imbang 3-3 kontra Slovenia di Euro 2000 lalu.

Para pemain di atas berkontribusi besar dalam kelolosan Belanda ke perempat final. Jika terus konsisten, maka potensi tim untuk juara bakal terbuka lebar. Penampilan yang ditunjukkan sepanjang laga menjadi bukti kuat untuk memenuhi ambisi meraih trofi juara Euro 2024.

Baca Juga: Belanda Merasakan Lagi Kemenangan di Fase Gugur Euro

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya