5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian Maatsen

Ian Maatsen dikontrak hingga 2030

Aston Villa mulai aktif bergerak untuk membenahi skuad pada bursa transfer musim panas 2024. Kali ini, mereka mendatangkan Ian Maatsen dari Chelsea dengan biaya senilai 37,5 juta pound sterling atau Rp775 miliar. Pemain asal Belanda ini menandatangani kontrak dengan durasi 6 tahun. Ini membuatnya akan berada di Villa Park hingga 2030 mendatang. 

Sepanjang sejarah, Aston Villa pernah diperkuat sejumlah nama asal Negeri Kincir Angin. Siapa saja mereka? Berikut lima pemain asal Belanda yang pernah membela Aston Villa sebelum Ian Maatsen.

1. Anwar El Ghazi andalan Aston Villa di sisi sayap penyerangan

5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian MaatsenAnwar El Ghazi (avfc.co.uk)

Aston Villa merupakan klub Inggris pertama yang diperkuat Anwar El Ghazi. Mulanya, ia menjalani masa peminjaman dari LOSC Lille pada 2018/2019. Performanya cukup menjanjikan sebagai winger sehingga membuatnya dipermanenkan pada musim panas 2019.

Secara perlahan, El Ghazi menjadi andalan lini serang Aston Villa. Ia merupakan bagian penting promosinya tim ke English Premier League pada 2019/2020. Ia tercatat berada di Villa Park selama 4,5 musim pada 2018–2022. Total, ia memainkan 119 laga di berbagai kompetisi. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia membuat 29 gol dan menghasilkan 16 assist.

2. Roon Vlaar menjadi bek tangguh sekaligus kapten Aston Villa

5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian MaatsenRon Vlaar (avfc.co.uk)

Ron Vlaar bergabung dengan Aston Villa pada musim panas 2012. Ia direkrut dari Feyenoord Rotterdam untuk menambah kekuatan di lini pertahanan. Benar saja, pemain bertinggi 189 cm ini menjadi bek tengah tangguh yang diandalkan selama 3 musim.

Selama masa baktinya pada 2012–2015, Vlaar tampil kokoh di jantung pertahanan Aston Villa. Ia mencatatkan 88 penampilan dengan sumbangsih 2 gol dan 3 assist. Meski terbilang singkat, peran vitalnya ini membuatnya dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim. Pada 2021, ia memutuskan pensiun dengan klub terakhir yang dibelanya adalah AZ Alkmaar.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Terbanyak Aston Villa pada 2023/2024

3. Wilfred Bouma kurang beruntung dengan cedera panjang

5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian MaatsenWilfred Bouma (avfc.co.uk)

Aston Villa menjadi satu-satunya klub Inggris yang pernah dibela Wilfred Bouma. Kepindahannya ke Villa Park ini terjadi pada musim panas 2005 ketika tim merekrutnya dari PSV Eindhoven. Tercatat, ia membela Aston Villa selama 5 musim pada 2005–2010. Ia telah bermain dalam 90 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 2 assist.

Periode awalnya di klub asal Birmingham ini sejatinya berjalan mulus. Dalam 3 tahun awalnya, Bouma menjadi bek kiri andalan. Sayangnya, cedera ankle serius menimpanya pada Juli 2008. Ini membuatnya absen selama 420 hari dan baru pulih pada Agustus 2009. Selepas itu, ia kesulitan kembali ke performa terbaiknya dan pergi ketika kontraknya habis.

4. Stefan Postma hanya menjadi kiper pelapis

5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian MaatsenStefan Postma (avfc.co.uk)

Stefan Postma pernah membela Aston Villa pada medio 2002–2006. Namun, kiprahnya sebagai kiper hanya menjadi pilihan kedua. Selama 3,5 tahun tersebut, ia menjadi pelapis dari Thomas Sörensen yang dipilih untuk menjaga gawang The Villans.

Statusnya tersebut membuat penampilan kiper yang dibeli dari De Graafschap ini terbatas. Tercatat, Postma hanya memainkan 14 pertandingan di berbagai ajang bersama Aston Villa. Ia hanya mencatatkan 3 kali clean sheets dan kebobolan sebanyak 23 gol.

5. George Boateng berperan sebagai penjaga stabilitas permainan Aston Villa

5 Pemain Belanda yang Memperkuat Aston Villa sebelum Ian MaatsenGeorge Boateng (x.com/george1boateng)

George Boateng merupakan pemain pertama Aston Villa yang berasal dari Belanda. Ia membela The Villans hanya selama 3 tahun pada 1999–2002. Meski singkat, ia mengeluarkan kemampuan terbaiknya dengan bermain gemilang di lini tengah tim.

Beroperasi sebagai gelandang bertahan, Boateng mampu menjadi penyeimbang permainan tim. Total, ia telah bermain dalam 134 pertandingan di seluruh kompetisi. Dari jumlah penampilan tersebut, ia mampu menyumbang 5 gol dan 1 assist.

Sebagian besar para pemain di atas berkontribusi penting di Aston Villa. Ian Maatsen sebagai nama baru yang berasal dari Belanda mempunyai kesempatan membuktikan kulitasnya. Performa yang ditunjukkan pada 2023/2024 diharapkan bisa direplikasi ke dalam permainan tim untuk kompetitif pada musim-musim mendatang. Menarik menantikan kiprahnya.

Baca Juga: 4 Pemain Aston Villa yang akan Berkompetisi di Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya