3 Pemain Austria Ukir Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024

Marcel Sabitzer jadi bintang kemenangan! #EURO2024

Austria secara mengejutkan tampil menggebrak di Euro 2024. Melakoni laga terakhir Grup D kontra Belanda, Selasa (25/6/2024) malam WIB, pasukan Ralf Rangnick sukses menang. Bertarung di Olympiastadion, Das Team menumbangkan De Oranje dengan skor ketat 3-2.

Gelontoran gol Austria berasal dari gol bunuh diri Donyell Malen, Romano Schmid, dan Marcel Sabitzer. Sementara itu, Belanda hanya mampu membalas dua gol melalui Cody Gakpo dan Memphis Depay. Kemenangan ini membuat Austria lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D. Di luar dugaan, mereka mengungguli nama besar macam Prancis dan Belanda.

Hasil kemenangan ini juga menghadirkan rekor yang dicapai sejumlah pemain Austria. Ada tiga nama yang berhasil mencatatkan pencapaian apik di laga ini. Siapa saja?

1. Marcel Sabitzer menjadi pemain Austria pertama yang mencapai sepuluh penampilan di Euro

3 Pemain Austria Ukir Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Marcel Sabitzer (uefa.com)

Marcel Sabitzer menjadi penentu kemenangan Austria saat melawan Belanda. Dia menciptakan gol pada menit 80 usai memanfaatkan umpan terobosan dari Christop Baumgartner. Sabitzer yang merangsek ke dalam kotak penalti sukses melesakkan bola ke gawang Belanda. Sepakan keras kaki kirinya gagal dibendung kiper Belanda, Bart Verbruggen.

Gol yang dibuatnya ke gawang Belanda ini merupakan torehan pertamanya bersama Austria di Euro. Dia berhasil mencetak gol perdana bersama Das Team setelah sepuluh kali bermain di turnamen ini. Jumlah penampilannya ini juga membawa rekor tersendiri baginya.

Sabitzer menjadi pemain Austria pertama yang berhasil membuat sepuluh penampilan di Euro. Selain di Euro 2024, dia sebelumnya juga telah berpartisipasi pada edisi Euro 2016 dan 2020. Berkat performa impresifnya ini, pemain berusia 30 tahun ini terpilih sebagai Man of the Match. 

2. Romano Schmid mencetak gol Euro yang ke-900

3 Pemain Austria Ukir Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Romano Schmid (uefa.com)

Romano Schmid merupakan pencetak gol kedua bagi Austria. Usai sempat unggul lewat gol bunuh diri Donyell Mallen, Belanda menyamakan skor melalui Cody Gakpo pada menit 47. Gol yang dibuat Schmid terjadi pada menit 55 untuk membawa Austria unggul lagi atas Belanda.

Menariknya, gol yang dibuat Schmid mencatatkan rekor tersendiri di Euro. Ini merupakan gol ke-900 yang sudah tercipta sejak pertama kali turnamen ini diadakan pada 1960 silam. Satu golnya ini tak hanya membawa Austria menang, tetapi juga masuk buku sejarah.

Uniknya lagi, salah satu pemain Austria juga ada yang pernah mencetak rekor hampir sama dengan Schmid. Dia adalah Michael Gregoritsch yang masuk sebagai pemain pengganti di laga melawan Belanda. Jika Schmid membuat gol ke-900 di Euro, berbeda dengan Gregoritsch. Dia merupakan pencetak gol Euro yang ke-700. Gol tersebut dibuatnya saat melawan Makedonia Utara di laga perdana fase grup Euro 2020 lalu. 

3. Leopold Querfeld menjadi pemain termuda Austria yang tampil di Euro

3 Pemain Austria Ukir Rekor usai Kalahkan Belanda di Euro 2024Leopold Querfeld (instagram.com/leoquerfeld)

Satu rekor lain yang dipecahkan dibuat oleh Leopold Querfeld. Dia menjadi pemain termuda Austria yang pernah mentas di Euro. Pada laga kontra Belanda, dia masuk menggantikan Philipp Lienhart pada menit 62. Usianya di laga ini adalah 20 tahun, 6 bulan, dan 5 hari.

Sebelumnya, rekor pemain termuda Austria dipegang oleh Sebastian Prödl. Dia bermain pada usia 20 tahun, 11 bulan, dan 18 hari. Rekor ini dibuatnya saat membela Austria melawan Kroasia di laga fase grup Euro 2008 silam.

Para pemain di atas berperan krusial dalam kemenangan Austria melawan Belanda. Tak cuma membawa lolos tim ke babak 16 besar, mereka juga mencatatkan rekor ciamik di Euro. Dengan kontribusi yang diperlihatkan, mampukah mereka kembali membantu Das Team melaju lebih jauh di Euro 2024? Patut ditunggu!

Baca Juga: Intensitas Kuda Hitam Austria Guncang Euro 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya