5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas Inggris

Berperan penting membawa Inggris kompetitif

Intinya Sih...

  • Gareth Southgate mengundurkan diri sebagai manajer Timnas Inggris setelah kegagalan meraih gelar juara Euro 2024.
  • Harry Kane, Kyle Walker, Jordan Pickford, John Stones, dan Harry Maguire adalah pemain yang paling diandalkan oleh Southgate selama menukangi The Three Lions.
  • Pemain-pemain tersebut memiliki kontribusi besar dalam membuat Inggris kembali kompetitif di berbagai turnamen, termasuk melaju ke dua final Euro dan semifinal Piala Dunia.

Gareth Southgate resmi mengundurkan diri dari jabatan manajer Timnas Inggris. Keputusan ini diambil setelah kegagalan The Three Lions merengkuh gelar juara Euro 2024. Juru taktik berusia 53 tahun ini meninggalkan tim setelah melatih hampir 8 tahun lamanya.

Dalam periode waktu melatihnya tersebut, Southgate telah banyak memanggil pemain untuk berlaga di tiap kompetisi. Dari banyaknya pemain tersebut, ada lima nama yang paling diandalkannya selama menukangi The Three Lions. Siapa saja mereka?

1. Harry Kane diandalkan di lini serangan dalam 81 pertandingan

5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas InggrisHarry Kane (uefa.com)

Harry Kane merupakan pemain andalan Gareth Southgate selama menukangi Inggris. Ia membuat 81 penampilan di berbagai turnamen. Bersama sang manajer, ia mampu mengukir sejarah sebagai top skor sepanjang masa The Three Lions dengan mengoleksi 66 gol. Ketajamannya ini juga dilengkapi dengan torehan 19 assist. 

Tak cuma jadi andalan, ban kapten yang dikenakannya saat ini juga berkat kepercayaan dari Southgate. Kane dipercaya mengemban tugas tersebut sejak 2017 lalu. Keduanya bekerja sama membantu Inggris kembali kompetitif di berbagai turnamen, termasuk melaju ke dua final Euro dan semifinal Piala Dunia.

2. Kyle Walker mengisi lini pertahanan sebanyak 70 pertandingan

5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas InggrisKyle Walker (uefa.com)

Gareth Southgate memercayai Kyle Walker untuk tampil dalam 70 pertandingan. Tugasnya sebagai bek kanan merupakan salah satu yang terbaik pada era sang manajer. Tak hanya itu, ia juga seringkali diplot untuk mengisi bek tengah. Peran serbisanya ini menjadi kelebihannya. 

Di bawah asuhan Southgate juga, Walker menciptakan gol pertamanya untuk Inggris. Ini terjadi saat melawan Ukraina pada babak kualifikasi Euro 2024. Secara keseluruhan, ia juga mampu menghasilkan tujuh assist. Sosoknya yang spartan membuat sang manajer mengandalkannya.

Baca Juga: Southgate Tinggalkan Inggris dengan Catatan Mentereng

3. Jordan Pickford tampil gemilang di bawah mistar gawang Inggris dalam 68 pertandingan

5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas InggrisJordan Pickford (uefa.com)

Gareth Southgate berjasa besar membuat Jordan Pickford menjadi kiper tangguh Inggris. Pemain Everton ini melakoni debut di bawah sang manajer pada 2017 lalu. Setelah itu, ia terus menunjukkan peningkatan permainan dan mampu jadi andalan dalam 68 pertandingan. 

Pickford mampu berkembang dengan baik menjadi kiper yang konsisten. Dari jumlah penampilannya tersebut, ia berhasil mencatatkan 31 clean sheets. Jumlah kebobolannya juga minim, yakni hanya 51 gol. Statistik tersebut membuktikan betapa pentingnya sang pemain menjadi palang pintu pertahanan terakhir Inggris di bawah asuhan Southgate. 

4. John Stones menjadi bek tengah andalan dengan catatan 68 pertandingan

5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas InggrisJohn Stones (instagram.com/johnstones5)

John Stones mengisi peran penting sebagai bek tengah Inggris. Ia dipecaya turun dalam 68 pertandigan di berbagai turnamen. Kemampuan olah bolanya yang apik serta sosoknya yang spartan membuat Gareth Southgate mengandalkannya untuk mengawal lini pertahanan.

Selama ditangani Southgate, Stones menjadi sosok yang sulit untuk digantikan. Ia merupakan pemain bertahan dengan jumlah penampilan terbanyak. Ini menunjukkan peran pentingnya dalam skema permainan sang manajer selama menukangi Inggris.

5. Harry Maguire bermain konsisten di lini pertahanan dalam 63 pertandingan

5 Pemain Andalan Gareth Southgate Selama Menangani Timnas InggrisHarry Maguire (instagram.com/harrymaguire93)

Selain John Stones, Harry Maguire juga diandalkan di posisi bek tengah. Duet keduanya itu menghasilkan tembok kokoh pertahanan Inggris. Ini dibarengi dengan penampilan gemilang Jordan Pickford sebagai kiper sehingga dipilih untuk mengawal lini pertahanan Inggris.

Maguire juga melakoni debut berkat Southgate. Sejak penampilan perdananya pada 2017, ia telah mencatatkan 63 pertandingan bersama sang manajer. Meski kerap dikritik akibat inkonsistensi di klub, ia menunjukkan penampilan berbeda di Inggris. Ia selalu konsisten sebagai bek tengah, bahkan mampu bermain produktif dengan sumbangan 7 gol dan 2 assist.

Para pemain di atas merupakan sosok penting kompetitifnya Inggris bersama Gareth Southgate. Meski belum mampu meraih trofi, mereka tetap tampil apik di berbagai turnamen. Pencapaian terbaik adalah mentas pada dua final Euro dan mencapai semifinal Piala Dunia. 

Baca Juga: 6 Kemenangan Besar Timnas Inggris Bersama Gareth Southgate

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya