3 Pelatih yang Menangani Ciro Immobile di Lazio

Selalu jadi striker andalan!

Ciro Immobile resmi meninggalkan Lazio pada musim panas 2024. Ia bergabung ke Besiktas dengan kontrak berdurasi 2 tahun. Biaya antara 2–3 juta euro atau Rp35–52 miliar menjadi kesepakatan transfer kedua klub. 

Kepindahan Immobile ini sekaligus mengakhiri 8 tahun kariernya di ibu kota Italia. Sejak bergabung pada 2016 lalu, pemain berusia 34 tahun ini menunjukkan kualitasnya sebagai striker haus gol. Ia merupakan ujung tombak serangan Lazio di tiap pertandingan. 

Selama berseragam Lazio, Immobile pernah ditangani tiga pelatih. Ia selalu diandalkan mereka dengan menjadi ujung tombak serangan I Biancocelesti. Siapa saja mereka?

1. Simone Inzaghi mampu memaksimalkan ketajaman Immobile

3 Pelatih yang Menangani Ciro Immobile di LazioSimone Inzaghi (legaseriea.it)

Simone Inzaghi merupakan sosok yang mendatangkan Immobile ke Lazio. Saat itu, sang juru taktik baru ditunjuk sebagai pelatih setelah menjadi interim pada paruh kedua musim 2015/2016. Musim panas 2016 menjadi periodenya membangun skuad di ibu kota Italia. 

Immobile menjadi sosok yang direkrut untuk menjadi juru gedor serangan. Ia ditebus dari Sevilla dengan biaya 9,45 juta euro atau Rp166 miliar. Ia datang ke Olimpico saat berusia 26 tahun. Tak butuh waktu lama baginya untuk langsung tampil moncer bersama Lazio. Pada musim debutnya pada 2016/2017, ia mampu mengemas 26 gol dan 6 assist dari 41 kali berlaga di semua ajang. 

Secara total, Inzaghi dan Immobile bekerja sama selama 5 musim pada 2016–2021. Bisa dibilang, sang striker mengalami puncak keemasan karier bersama sang pelatih. Ini ditunjukkan melalui ketajamannya dengan gelontoran 150 gol dan 42 assist. Pada periode tersebut, Immobile berhasil meraih 2 gelar top skor Serie A Italia dan 1 top skor Liga Europa. Torehan juara juga diberikan untuk Lazio, yakni 2 Coppa Italia dan 1 Supercoppa Italiana.

Baca Juga: 4 Rekrutan Baru Besiktas untuk Super Lig 2024/2025

2. Maurizio Sarri mengandalkan Immobile selama hampir 3 musim

3 Pelatih yang Menangani Ciro Immobile di LazioMaurizio Sarri (twitter.com/SerieA)

Setelah kepergian Simone Inzaghi, Lazio menunjuk Maurizio Sarri sebagai suksesor pada musim panas 2021. Juru taktik kenamaan Italia ini tetap mengandalkan Ciro Immobile sebagai mesin gol tim. Keduanya bekerja sama selama hampir 3 tahun pada 2021–2024. 

Penampilan Immobile di bawah asuhan Sarri terbilang konsisten. Meski tak setajam bersama Inzaghi, ia tetap diandalkan sebagai ujung tombak serangan Lazio. Selama periode terebut, striker kelahiran Torre Annunziata ini bermain dalam 112 laga di berbagai ajang. Dari jumlah penampilannya itu, ia mampu membukukan 56 gol dan mengemas 17 assist.

Sayangnya, Sarri dan Immobile tak mampu menghadirkan trofi bagi Lazio. Prestasi terbaik keduanya adalah membawa tim finis kedua di Serie A 2022/2023. Namun, Immobile mendapatkan penghargaan pribadi berupa top skor Serie A 2021/2022 dengan 27 gol.

3. Igor Tudor hanya melatih Ciro Immobile dalam waktu singkat

3 Pelatih yang Menangani Ciro Immobile di LazioIgor Tudor (x.com/OfficialSSLazio)

Ciro Immobile hanya sebentar dilatih Igor Tudor. Sang juru taktik baru mengisi kursi pelatih setelah mundurnya Maurizio Sarri pada Maret 2024. Tercatat, keduanya hanya bekerja sama dalam waktu 3 bulan pada akhir musim 2023/2024.

Pada periode yang singkat tersebut, Immobile tampil sebanyak delapan kali. Itu terjadi di Serie A dan Coppa Italia. Dari jumlah penampilan itu, ia hanya mampu mencetak satu gol untuk Lazio.

Ciro Immobile meninggalkan prestasi gemilang. Pemain berusia 34 tahun ini merupakan top skor sepanjang masa I Biancocelesti. Selama 8 tahun kariernya, ia mencetak 207 gol dan 54 assist dari 340 pertandingan. Ia pergi sebagai sosok legenda Lazio.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Didatangkan Lazio untuk Memperkuat Lini Tengah

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya