5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!

Salah satunya Lionel Scaloni

Copa America 2024 bergulir di Amerika Serikat pada 21 Juni–15 Juli 2024. Ada 16 negara peserta yang bertarung demi memperebutkan trofi pada turnamen edisi ke-48 ini. Para pelatih akan saling menunjukkan kualitasnya dalam meracik strategi demi bisa kompetitif.

Salah satu hal menarik di turnamen ini tak cuma para pemain yang berlaga, tetapi juga pelatih. Sederet nama muda menukangi negara peserta Copa America 2024. Tak mau kalah dari para pelatih berpengalaman, mereka siap unjuk gigi. Siapa saja mereka?

1. Jaime Lozano (45 tahun) berusaha membuktikan kualitasnya bersama Meksiko

5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!Jaime Lozano (x.com/jaime_lozano_)

Jaime Lozano menjadi pelatih termuda di Copa America 2024. Usianya saat ini baru 45 tahun dengan memimpin Meksiko untuk berkompetisi. Sebelumnya, ia menangani Meksiko U-23 pada 2019–2021. Ia juga sempat menjadi asisten pelatih selama 3 bulan pada Juni–Agustus 2021. 

Pada Juni 2023, Lozano menjadi pelatih interim setelah pemecatan Diego Cocca. Ia berhasil membawa tim memenangi CONCACAF Gold Cup. Ini membuatnya dikontrak sebagai pelatih hingga 2026. Copa America 2024 menjadi ajang pembuktiannya sebagai pelatih muda. Dengan rekam jejaknya, ia diharapkan dapat membawa Meksiko kompetitif.

2. Lionel Scaloni (46 tahun) bertekad mempertahankan gelar juara bersama Argentina

5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!Lionel Scaloni (x.com/Argentina)

Lionel Scaloni sekali lagi bakal membuktikan kualitasnya sebagai pelatih muda. Ia merupakan pelatih dengan masa bakti terlama di Copa America 2024. Ia sudah menangani skuad La Albiceleste sejak 2018 lalu. Secara perlahan, ia membuat tim kembali kompetitif dengan menjuarai Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022. 

Tekad untuk mempertahankan gelar juara Copa America diusung Scaloni. Pelatih berusia 46 tahun ini mempunyai peluang besar untuk mewujudkannya. Argentina dijagokan untuk menjadi juara edisi 2024 sebab konsistensi yang ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir. Ini yang membuat mereka difavoritkan untuk bisa kembali meraih trofi di Amerika Serikat. 

Baca Juga: 6 Pemain Bundesliga Jerman yang Berpartisipasi di Copa America 2024

3. Felix Sanchez (48 tahun) berpotensi menggebrak bersama Ekuador

5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!Felix Sanchez (x.com/LaTri)

Felix Sanchez bersama Ekuador bakal mencoba bersaing di Copa America 2024. Berbekal skuad muda, pelatih berusia 48 tahun ini patut diperhitungkan kiprahnya bersama La Tri. Ini merupakan kompetisi mayor pertama yang dilakoninya sejak ditunjuk pada Maret 2023 lalu. 

Pengalamannya di level internasional sudah teruji bersama Qatar. Sanchez menangani Qatar U-19 hingga U-23 pada 2013–2017. Setelah itu, ia dipercaya melatih tim senior Qatar dan sukses menjuarai Piala Asia pertama pada 2019 lalu. Ia juga turut membantu Qatar bermain apik di Piala Dunia 2022. Pengalamannya ini diharapkan bisa diteruskan bersama Ekuador.

4. Gregg Berhalter (50 tahun) membersamai Amerika Serikat

5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!Gregg Berhalter (mlssoccer.com)

Amerika Serikat mendapatkan keuntungan dengan bertindak sebagai tuan rumah Copa America 2024. Gregg Berhalter selaku pelatih berkesempatan untuk membawa The Yanks kompetitif. Dengan skuad muda yang berkualitas, potensi melaju jauh di turnamen ini terbuka lebar. 

Berhalter sendiri punya pengalaman bersama Amerika Serikat di Copa America saat aktif bermain pada edisi 1995. Saat itu, ia membantu tim melaju hingga ke semifinal. Dengan pengalamannya ini, ia diharapkan bisa membawa tim kompetitif. Sejak menjadi pelatih lagi pada Agustus 2023, The Yanks tampil menjanjikan sehingga peluang menggebrak itu ada.

5. Thomas Christiansen (51 tahun) siap beri kejutan bersama Panama

5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!Thomas Christiansen (x.com/fepafut)

Thomas Christiansen berpotensi memberi kejutan bersama Panama di Copa America 2024. Sejak menangani tim pada 2020 lalu, ia tampil menjanjikan bersama skuad yang ada. Ia telah memimpin 60 laga dengan catatan 31 kemenangan, 16 imbang, dan 13 kekalahan. 

Pelatih berusia 51 tahun ini pernah membawa Panama ke final CONCACAF Gold Cup pada 2023 lalu. Meski gagal juara, pengalaman ini penting untuk menjadi modal kompetitif di Copa America 2024. Christiansen akan membuktikan kualitasnya di turnamen ini. 

Sederet nama di atas siap bertarung di Copa America 2024. Beberapa di antaranya menjadi unggulan juara sebab punya skuad yang mumpuni. Namun, bukan tidak mungkin yang lainnya juga sanggup memberi kejutan. Akankah salah satu dari mereka bakal juara? Menarik ditunggu.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Gemilang pada Matchday 2 Copa America 2024

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya